Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah


Prosedur Pemanfaatan Data Penduduk D. I. Yogyakarta

Biro Tata Pemerintahan Setda DIY memiliki program strategis pemanfaatan data kependudukan by name by address by NIK berskala provinsi kepada SKPD dan instansi berbadan hukum penyedia pelayanan publik. Tujuan program tersebut antara lain:
- mengintegrasikan data kependudukan dengan data lintas sektor;
- Mempercepat proses pelayanan publik;
- Memudahkan verifikasi data penduduk secara cepat dan akurat.

Jenis Pemanfaatan Data Penduduk
Pemanfataan yang diberikan terbagi menjadi dua, yakni:
- Berbasis Website
- Api Data (JSON)

Berbasis Website.
Aplikasi yang telah dibangun oleh Biro Tata Pemerintahan Setda DIY yang khusus disediakan bagi instansi yang memerlukan akses terhadap biodata penduduk skala provinsi. Adapun elemen data yang tersedia adalah:
- NIK
- No. KK
- Nama Lengkap
- Tempat lahir
- Tanggal lahir
- Jenis Kelamin
- Status perkawinan
- Status perekaman biometrik KTP-el
- nomor akta kelahiran
- nomor akta perkawinan/buku nikah
- Status hubungan dalam keluarga
- Status pendidikan
- Pekerjaan
- Golongan darah
- NIK ayah
- Nama ayah
- NIK ibu
- Nama ibu
- Domisili kabupaten/kota penduduk
- Domisili kecamatan penduduk
- Domisili desa/kelurahan penduduk
- Domisili dusun penduduk
- Domisili RW penduduk
- Domisili RT penduduk

* Elemen data sebagaimana dimaksud di atas diberikan sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kesepakatan antara Biro Tapem Setda DIY dengan lembaga pengguna.
* Key/kunci pencarian data penduduk ditetapkan berdasarkan kebutuhan lembaga pengguna dan diatur oleh Biro Tata Pemerintahan Setda DIY.
Api Data (JSON)
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY memberikan akses ke database kependudukan. Sedangkan aplikasi/interface aplikasi dibangun oleh lembaga pengguna. Dengan pemanfaatan data kependudukan dalam bentuk JSON, dimungkinkan adanya pengintegrasian data antarsektor dalam rangka pembangunan data terpadu.

* Pemanfaatan dengan model JSON diberikan sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kesepakatan antara Biro Tapem Setda DIY dengan lembaga pengguna.
* Key/kunci pemanggilan data ditetapkan berdasarkan kebutuhan lembaga pengguna dan diatur oleh Biro Tata Pemerintahan Setda DIY.
* Untuk pemanfaatan data kependudukan model JSON, lembaga pengguna harus memiliki programmer yang bertanggung jawab atas teknis pemeliharaan/pengembangan aplikasi.

Cara Memperoleh Hak Akses Data Kependudukan.
Hak akses data kependudukan di DIY dapat diberikan kepada instansi dan /atau lembaga berbadan hukum penyedia pelayanan publik.
Hak akses atas data kependudukan oleh lembaga pengguna harus didahului dengan perjanjian Kerja Sama (PKS). PKS harus diperbarui setiap 6 bulan atau satu tahun dalam rangka evaluasi kerja sama.
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY dapat menolak permohonan pemanfaatan data kependudukan berdasarkan hasil evaluasi awal. Selain itu hak akses yang telah diberikan dapat dihentikan Biro Tata Pemerintahan Setda DIY bila lembaga pengguna tidak memenuhi/melanggar kesepakaan sebagaiman tertuang dalam PKS.


Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

data ditemukan sekitar 147 komentar.

Catatan:
- Untuk nomor yang lebih dari 5 digit akan diubah menjadi (number) untuk menjaga kerahasiaan.
- Hanya admin yang dapat melihat isi dari (number).