Pemkot Beri Akta Gratis Anak Hanya Dari Ibu
Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah


Pemkot Beri Akta Gratis Anak Hanya Dari Ibu

SURYA Online, SURABAYA - Pemkot Surabaya memberikan layanan gratis pembuatan akta anak hanya dari ibu, hal itu sesuai Perda nomor 14 tahun 2014 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkot Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan, dengan adanya Perda itu sejak bulan Oktober 2014 pihaknya sudah membebaskan biaya pengurusan akta anak dari ibu tanpa ada ayah.

 

Dimana anak tersebut dilahirkan dari pernikahan yang belum tercatat secara administrasi di KUA, atau di Dispendukcapil bagi pasangan non muslim.

 

"Ini merupakan bentuk pengakuan pada anak-anak tanpa terkecuali, dari Pemerintah Kota Surabaya," kata Suharto Wardoyo, Selasa (23/12/2014).

 

Memang, diakui Suharto, hingga sekarang ini banyak pernikahan yang belum resmi tercatat dalam administrasi pemerintah.

 

Umumnya, itu terjadi dan menimpa pasangan laki-laki dan perempuan kurang mampu sehingga tidak ada biaya untuk melakukan pernikahan secara resmi yang diakui pemerintah.

 

Proses kepengurusan tidak berbelit, cukup menyerahkan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit, surat keterangan dari kelurahan, dan foto copy KTP dua orang saksi.

 

"Persyaratan itu disetor ke kantor layanan Dispendukcapil, apabila semua lengkap maka dalam tujuh hari akta selesai diproses," tutur Suharto Wardoyo.

 

sumber: http://www.dukcapil.kemendagri.go.id





Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

Tidak ada komentar