Data Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta
Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah


Data Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta ( PemdaDIY) telah berhasil mengintegrasikan data kependudukan antar Kabupaten/Kota se DIY sejak setahun yang lalu. Hal ini memunculkan pengembangan baik dari segi aplikasi maupun data sesuai tujuan yang telah diproyeksikan oleh tim data dari Bagian Kependudukan Biro Tata Pemerintahan Setda DIY.

 

Salah satu aplikasi yang dikembangkan adalah pengecekan biodata kependudukan sesuai elemen yang ada di database kependudukan, Dengan memasukan biodata pribadi dari penduduk, kita dapat mengetahui lebih deteil biodata penduduk tersebut. 



Aplikasi ini juga dihubungkan dengan data keluarga, sehingga memudahkan untuk melakukan perunutan lebih dalam terhadap data penduduk yang dimaksud. Hal ini bertujuan agar pengecekan data kependudukan dapat lebih maksimal, sehingga pelayanan dari instansi terkait dapat lebih dioptimalkan.

 

Bagi instansi yang berminat, dapat menghubungi kepada bagian Kependudukan Biro Tata Pemerintahan Setda DIY dengan membawa surat resmi untuk meminta password, username serta halaman untuk mengakses data kependudukan tersebut.

 

Dengan pengembangan ini, diharapkan data yang tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh instansi yang membutuhkan data kependudukan skala Provinsi DIY. Serta memiliki satu kesatuan data berdasarkan NIK, sehingga memudahkan untuk melakukan pengecekan atas kebenaran data.

 

Bagian kependudukan juga telah mengembangkan aplikasi JSON, dimana dapat diintegrasikan dengan aplikasi mandiri dari masing-masing instansi untuk menyamakan data mandiri dengan data kependudukan.

 

Diharapkan dengan pengoptimalan pemakaian data kependudukan tersebut, data semakin akurat dan semakin mutakhir sehingga mempercepat proses pelayanan yang ada pada instansi yang menggunakan. (IYK)





Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

Tidak ada komentar