Cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) Daerah Istimewa Yogyakarta
Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah

Cek NIK Penduduk D.I. Yogyakarta


Enam dikurang Enam = (angka desimal)


Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

data ditemukan sekitar 2509 komentar.

Catatan:
- Untuk nomor yang lebih dari 5 digit akan diubah menjadi (number) untuk menjaga kerahasiaan.
- Hanya admin yang dapat melihat isi dari (number).

@ Nur Rokhman: Yang tampil adalah nama Anda tetapi penulisannya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Untuk itu Anda perlu segera mengajukan permohonan perubahan nama agar tidak menimbulkan masalah administrasi dikemudian hari. Caranya minta surat pengantar dari RT, RW, dukuh, dan desa dengan membawa fotokopi akta kelahiran (sebagai dasar untuk penyesuaian penulisan nama Anda yang benar) dan Kartu keluarga. Surat pengantar beserta berkas lainnya dibawa ke kecamatan untuk diproses. Nanti petugas kecamatan akan memproses pencetakan kartu keluarga dan KTP Anda yang baru.


@ Dhiya P. M: Kami menyarankan Anda menghubungi layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah disediakan di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut sehingga dapat segera ditangani. Biodata termasuk NIK dan No-KK Anda didatabase kependudukan Dinas Dukcapil sudah benar. Tetapi mungkin ada kendala jaringan/sistem sehingga data kependudukan Anda di server Kemendagri belum ter-update.


@Fasysya Rahajeng Kumalaningtyas: Coba Anda kontrak layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah disedikan di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut sehingga dapat segera ditangani. Karena untuk pendaftaran lewat website panselnas, database kependudukannya langsung mengambil dari server Kemendagri, bukan dari database kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten/kota.


@ UTORO: Hingga saat ini belum ada bllangko yang dikirim oleh Pusat ke daerah sehingga Dinas Dukcapil belum dapat mencetakkan KTP-el bagi penduduk.


1. Nama saya NUR ROKHMAN, tetapi ketika saya melakukan Cek NIK, nama yang tampil bukan nama saya (ada salah ketik).


Maaf, Saya baru saja pindah KK dan sudah dicetakkan KK yang baru tapi ketika saya mencoba login di panselnas, no. KK baru dan NIK saya tidak cocok. Apakah saya harus menggunakan KK yang lama untuk mendaftar?


Maaf sebelumnya, saya mau bertanya. Beberapa bulan yang lalu saya memperbarui KK dikarenakan nama saya yang tercantum dalam KK lama salah. Pada saat ini nama saya ang ada di dalam KK yang baru sudah benar. Ketika saya mengecek NIK saya di website inipun nama saya sudah benar. Tapi saat saya mencoba registrasi di panselnas.id untuk mendaftar sekolah, saya memasukkan NIK saya, yang keluar ternyata nama saya yang salah yang ada di KK yang lama, padahal sudah diganti. Solusinya bagaimana ya? Soalnya saya mendaftar itu juga penting.. Terimakasih.


untuk bulan maret ini apakah ktp el saya sudah tercetak?


@ Theresia Puspitawati: Di menu statistik sudah kami sajikan. Caranya pilih jenis data penduduk, pilih menurut kelompok umur, lalu pilih usia per-5 tahun. Di opsi wilayah, pilih Kab. Sleman, Kec. Depok. Nanti akan muncul tabel agregat (angka). Untuk data jumlah penduduk menurut kelompok umur per-1 tahun, data skala desa tidak bisa ditampilkan karena keterbatasan sistem pengolahan data.


Mohon informasi data jumlah penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin di desa Maguwoharjo, Depok, Sleman.
Terima kasih


@ Titi Mulat Kusumaningrum: digit ke 7-12 pada NIK memang biasanya menunjukkan tanggal lahir (kalau perempuan, angka tanggal ditambah 40), bulan, dan tahun lahir seseorang. Namun bukan berarti NIK menjadi tidak sah bila unsur digit didalamnya berbeda dengan tanggal lahir pemilik NIK. Setelah kebijakan KTP-el diberlakukan, NIK tidak dapat diganti hanya karena ketiadaan unsur tanggal lahir didalamnya. Sehingga setelah penduduk mendapatkan NIK, sampai selamanya (sekalipun yang bersangkutan pindah atau bahkan meninggal) NIK tersebut melekat terhadap identitas si penduduk. NIK bisa diusulkan untuk diganti bila terjadi kesamaan NIK terhadap dua penduduk atau lebih. jadi, NIK Anda tetap sah sekalipun digit di dalamnya tidak merepresentasikan tanggal lahir Anda.


@ Tri Rahayu: Di database kependudukan dan database KTP-el terjadi perbedaan tempat lahir Anda. Kalau di database kependudukan, tempat lahir Anda di Jakarta. Sedangkan di database KTP-el tercatat lahir di Sleman. Sementara, masalah Anda akan kami sampaikan ke pengelola data di Dinas Dukcapil agar dilakukan perbaikan biodata. Namun, mohon Anda dapat mengirimkan scan akta kelahiran ke alamat email kami (tertera di kiri atas laman beranda) sebagai dasar perbaikan biodata Anda.


@ TEGUH KALIS CAHYONO: Benar bahwa blangko dari Kemendagri yang biasa didistribusikan ke daerah telah habis. Kondisi ini terjadi diseluruh Dukcapil se-Indonesia. Saat ini Ditjen Dukcapil Kemendagri sedang menyelengarakan lelang pengadaan blangko. Diperkirakan (bila tidak gagal lelang), blangko akan kembali tersedia di daerah pada awal April 2017.


@ M.Arif Nugroho: Sejak Okotober 2016, Dinas Dukcapil di kabupaten/kota di DIY telah kehabisan blangko KTP-el yang biasa diterima dari Kementerian Dalam Negeri. Kemungkinan, blangko akan tersedia/dikirim lagi oleh Kemendagri ke Dinas Dukcapil pada awal April 2017. Terkait dengan kebutuhan KTP-el bagi Anda yang akan mendaftar sebagai calon anggota TNI, mohon disampaikan dan ditanyakan kepada panitia penerimaan cata TNI bahwa surat keterangan pengganti KTP-el berfungsi seperti KTP-el, yakni bukti sah identitas penduduk selama yang bersangkutan belum memperoleh KTP-el. Kemendagri juga telah menyampaikan surat edaran mengenai pemberlakukan Surat Keterangan pengganti KTP-el kepada seluruh kementerian, lembaga, instansi, dan pemerintah daerah se-Indonesia. Bila instansi meragukan keabsahan surat keterangan pengganti KTP-el yang dipegang penduduk, instansi tersebut dapat melakukan konfirmasi kepada Dinas Dukcapil setempat.


Selamat siang admin, apakah jika tanggal lahir saya 21 Juni 1992 dan di NIK E-KTP saya (number) sedangakan di kartu BPJS ketenagaan kerja saya menggunakan KTP yang lama dengan NIK (number)xxxx apakah perbedaan 0792 dan 0692 itu akan jadi pemasalahan? Jika iya apakah NIK E-KTP saya bisa di ganti sesuai dengan NIK KTP yg lama ? Terima kasih sebelumnya.


Selamat siang admin, apakah saya bisa dibantu mengecek data Tempat Lahir Saya? KTP saya yang dulu ada kesalahan tentang tempat lahir saya yang SEHARUSNYA JAKARTA tetapi di KTP TERTULIS SLEMAN. Saya sudah melakukan perekaman data KTP-E tetapi KTP-E saya tersebut blm jadi. Apakah data di KTP-E tentang TEMPAT LAHIR saya sudah benar terdata JAKARTA? NIK saya ((number)). Terima kasih atas bantuannya.


Selamat Siang admin, saya Teguh Kalis ingin menanyakan apakah blanko untuk penggantian e-ktp yang rusak dari pusatnya memang sedang dalam kondisi habis? Mengingat saya tadi ke Kecamatan Gedongtengen untuk melakukan pergantian e-ktp ditolak karena blanko dari pusat habis. Kira-kira kapan tersedia lagi ya? Karena segera untuk keperluan saya. Terima Kasih atas atensinya


maaf sebelumnya,,,
apakah ktp saya sudah jadi soalnya sudah 6bln saya mengurus ktp.
saya mau mendaftar TNI AU,Tetapi dibutuhkan ktp asli


@ Winda Karlina: Waktu sampai 5 (lima) bulan untuk mengurus kartu keluarga dan akta kelahiran di Kota Yogyakarta sebenarnya kurang logis. Karena bila seluruh syarat terpenuhi, hanya diperlukan waktu kurang dari 1 minggu. Anak Anda a.n. Alisha Zahra sudah tercatat di database kependudukan sejak 20 Februari 2017. Tetapi untuk aka kelahiran anak Anda belum jadi/mungkin belum diurus. Bisa jadi berkas belum masuk. Untuk kartu keluarga silakan ditanyakan ke kantor kecamatan. Sedangkan pelayanan penerbitan akta kelahiran ditanyakan ke Dinas Dukcapil Yogyakarta. Tanyakan ke wakil Anda juga, apakah ada dokumen persyaratan yang belum lengkap.


Selamat sore admin, untuk e-ktp saya apakah sudah jadi ya?


Dear admin, mohon info untuk cek KK dan akta lahir apakah sudah terbit atau belum saya harus kekantor mana? alamat dimana? karena saya mengurus KK dan akta lahir anak saya, sudah +- 5 bulan kata wakil yang mengurus itu belum jadi. sehingga saya ingin cek sendiri apakah sudah diurus belum surat tersebut. terimakasih atas bantuannya


@ Sumiyat Budisuwasana: Untuk saat ini harus diurus secara reguler (offline) dan berjenjang (dengan minta surat pengantar dari RT, RW, dan kelurahan). Pengurusannya boleh diwakilkan. Tetapi, setelah dokumen (KK dan akta kelahiran anak) Anda terima, mohon langsung dicek ulang sehingga ketika ada kesalahan dapat segera diurus perbaikannya. Sehingga jangan sampai setelah dokumen kependudukan terbit, beberapa bulan atau tahun kemudian Anda baru menyadari adanya kesalahan biodata. Hal seperti itu kadang terjadi pada pengurusan dokumen kependudukan yang diwakilkan dan pasti akan merepotkan Anda maupun petugas Dinas Dukcapil.


...saya mau masukin data KK anak saya yang barusan lahir, berhubung saya lagi dinas di luar kota yogya dalam jangka lama dan belum bisa pulang ke yogya, apakah bisa mengurus KK secara online ataupun diwakilkan?
Terimakasih.


@ Yusrijal: Kartu keluarga Anda hanya bisa dicetak di Dinas Dukcapil tempat dokumen itu diterbitkan(dalam hal ini Dinas Dukcapil di Aceh). Kalau perekaman biometrik dan pencetakan KTP-el bisa dimintakan ke Dinas Dukcapil manapun yang paling terjangkau oleh Anda. Tetapi karena daerah belum dikirim lagi blangko oleh Kementerian Dalam Negeri, pencetakan KTP-el belum dapat dilakukan saat ini. Pencetakan KTP-el dilaksanakan lagi paling cepat Maret 2017.


@ Felicia natalie tjoanda: Untuk sementara waktu Dinas Dukcapil belum dapat mencetak KTP-el karena terhentinya pasokan blangko dari Kementerian Dalam Negeri. Kemungkinan pencetakan akan dilakukan lagi paling cepat Maret 2017. Mestinya setelah perekaman biometrik, Anda diberikan Surat Keterangan Pengganti KTP-el yang dapat dipakai untuk mengurus pelayanan publik. Kalau masa berlaku surat keterangan habis dan dinas belum dapat mencetakkan KTP-el, Anda dapat meminta perpanjangan Surat keterangan tersebut.


Salam. Saya seorang mahasiswa pascasarjana di UII, Pak/buk mau tanya, ktp dan kk hilang dijogja,,, apakah kk dan ktp saya bisa dicetak ulang di jogja, sedangkan alamat ktp saya Aceh.
Terimakasih.


Saya mau ngecek apakah e-ktp saya sudah jadi apa belum ya? Terimakasih


@ Siti Istikhomah: Caranya dengan menelepon atau mendatangi instansi (kecamatan atau Dinas Dukcapil) yang menerima berkas permohonan pencetakan KTP-el Anda. Tapi saat ini Dinas Dukcapil untuk sementara waktu belum dapat mencetak KTP-el karena terhentinya pasokan blangko dari Kementerian Dalam Negeri. Kemungkinan pencetakan akan dilakukan lagi paling cepat Maret 2017.


saya mau bertanya bagaimana cara mengecek apakah E-KTP saya sudah jadi apa belum ?


@ Al Nino james Elian Jan Wijaya: Sudah masuk ke database daerah (Bantul) tetapi belum dapat diverifikasi ketunggalannya karena server KTP-el pusat mengalami masalah. Hal itu yang menyebabkan Anda dan pemohon lainnya belum dapat memperoleh surat keterangan (suket) pengganti KTP-el. Mengenai kepastian waktu bagi Anda untuk mendapatkan Suket bisa menghubungi Dinas Dukcapil Bantul, 0274-367526 atau mendatangi kantornya langsung.


Apakah NIK (number) sudah terdaftar ktp elektronik?saya kemaren tgl 25 januari 2017 perekaman ulang karena perekaman oktober 2016 gagal.saya butuh surat keterangan rekam e ktp untuk verifikasi data hari senin 30 januari 2017.mohon info apakah data E-ktp saya sudah terdaftar atau belom?terimakasih


@ Mella Miandi: Anda sudah perekaman biometrik dan tidak perlu melakukannya lagi. Perekaman ulang hanya dilakukan jika perekaman awal terjadi masalah (tidak lengkap, kerusakan data di database, atau hal lain yang mengharuskan penduduk perekaman ulang). Untuk mengurus permohonan cetak KTP ulang di Dinas Dukcapil, Anda harus membawa surat kehilangan dari kepolisian dan fotokopi KTP. Namun untuk saat ini karena blangko KTP-el sedang habis, Dinas Dukcapil akan memberikan surat keterangan (suket) penganti KTP-el yang berlaku selama 3 bulan. Sementara waktu Suket tetap dapat dipakai untuk mengurus pelayanan publik sampai penduduk memperoleh KTP-el.


saya ingin mengecek, apakah saya sudah terekam E-KTP?
karena E-KTP saya hilang , apakah kalau membuat baru harus merekam data lagi?


@Sito Rohana: Anda sudah perekaman tahun 2012. Jika Anda bertempat tinggal jauh dari Dinas Dukcapil domisili, Anda bisa mencetak KTP di Dinas Dukcapil terdekat dengan membawa fotokopi KK. Tetapi untuk saat ini sampai (kemungkinan) akhir Februari 2017, seluruh Dinas Dukcapil se-Indonesia belum bisa mencetakkan KTP bagi penduduk karena blangko masih habis.


Saya mau mecek data saya NIK ,,(number) Nama: Siti rohana, apakah saya sudah di rekam E-KTP
Seingat saya dulu saya pernah rekam data di kec depok,sleman.
Jika saya sudah merkam data e-KTP,apakah bisa saya mencetak di dinas capil di daerah lain??


@ Ilyas Ali: Perbaikan harus di instansi yang mengeluarkan dokumen kartu keluarga dan akta kelahiran. Untuk kasus Anda berarti harus diurus di Dinas Dukcapil Makassar.


mau bertanya min.. saya ktp makasar tp menetap d jogja.. tahun 2016 lalu saya pembaruan KK d makasar masukin nama anak d KK sekaligus pembuatan akte kelahiran dsna.. tapi setelah kembali k jogja baru perhatikan klo nama anak saya d kk n aktenya salah.. untuk perbaikannya apa harus d urus d makasar atau bisa perbaikan d jogja aja.. terima kasih


@Suharmadi: NIK yang dianggap benar sebagai nomor identitas penduduk adalah NIK yang tertera di KTP-el. Jika terjadi perbedaan antara NIK di KTP-el dengan di dokumen lain, maka NIK di dokumen lainlah yang harus disesuaikan. Di database kependudukan Sleman, istri Anda sudah tercatat menggunakan NIK ***067 (sesuai dengan NIK KTP-el). Untuk itu mohon segera mengurus pembaruan kartu keluarga di kecamatan tempat Anda berdomisili agar tidak terjadi perbedaan NIK lagi yang nantinya bisa menghambat Anda dan keluarga untuk mendapatkan pelayanan publik secara cepat.


No KK (number) nama istri saya Tri Darwati NIK pada KK (number) ....NIK dalam KTP Elektronik (number) setelah kok beda.... mana yang benar dan gimana cara meperbaruhi...ada bisa lewat laporan ini...makasih


@ Edi Susanto: Informasi yang Anda sampaikan sedikit belum jelas, apakah data tidak bisa muncul setelah pihak bank mengecek KTP-el Anda pakai smart card/card reader atau setelah data kependudukan Anda dicek lewat aplikasi khusus dengan memasukkkan NIK. (yang lebih tepat menggunakan istilah NIK, bukan nomor KTP).
Tetapi kami akan menjawab dengan dua kemungkinan. Pertama, data kependudukan Anda tidak muncul karena chip KTP-el tidak terbaca oleh card reader. Kalau yang terjadi seperti itu, ada kemungkinan KTP-el Anda rusak. Silakan ke kecamatan/Dukcapil terdekat untuk mengecek rusak tidaknya KTP-el Anda. Kalau rusak, segera saja mengajukan permohonan penggantian KTP-el. Untuk memastikan kondisi KTP-el istri Anda, perlu juga bantuan card reader.
kemungkinan kedua, biodata kependudukan Anda tidak muncul setelah dicek pihak bank dengan aplikasi yang terhubung dengan data center kependudukan Kemendagri. Jika masalah itu yang terjadi, kami menyarankan pihak bank menghubungi Dinas Dukcapil kab/kota untuk melakukan konfirmasi atas kebenaran data kependudukan si nasabah . Karena untuk kondisi di kemungkinan kedua, bisa terjadi akibat kesalahan sistem, bukan semata-mata ketidakbenaran data penduduk. Kami cek di database, data kependudukan Anda aktif dan telah perekaman berstatus tunggal, begitu pula dengan istri Anda.


Sedikit cerita kronologi yg sy alami... Bulan November 2016 kemarin sy buka rekening di bank BNI, secara umum persyaratan utama pastinya khan KTP... disaat cek nomor KTP inilah sy diberi tahu petugas bank bahwa ada kemungkinan KTP-el sy blm aktif, karena saat di cek data ga bisa muncul. Berhubung data nggak muncul maka ga bisa buka rekening kecuali menyertakan fc KK juga akhirnya persyaratannya menjadi fc KTP + KK...
1. Yg jadi pertanyaan sy knp kok ktp sy blm aktif..?
2. Apakah KTP istri juga demikian..?
Padahal secara fisik sy sudah menerima KTP + KK.
Mohon diberi penjelasan & atas perhatianya sy ucapkan byk terima kasih.


@ Bimo Indra Bayu: kami tidak yakin data yang Anda maksud tersedia. Kecuali kalau beliau atau saudara kandunganya masih hidup, tinggal di Wonosari dan Anda mengenal identitasnya.


@Antonina Yunita Dewi Suryantari: Anda terdafar sebagai penduduk Sleman tetapi belum melakukan perekaman biometrik KTP-el. Silakan perekaman di kecamatan tempat Anda berdomisili sekaligus mengurus permohonan KTP-el. Daripada di kemudian hari Anda akan bermasalah dalam mendapatkan pelayanan publik.


Saya mencoba mengecek NIK saya dan sudah terdaftar. Saya lupa saya sudah melakukan perekaman atau belum. Tahun 2015 saya membuat KTP, tetapi saya tidak ingat apakah pada saat itu saya melakukan perekaman data sidik jari atau tidak. Bagaimana saya tahu apakah saya sudah melakukan perekaman atau belum.


saya nyari data kakek saya di daerah wonosari, apakah disini punya data penduduk dari tahun setelah merdeka?


@ Tri Anggono: Untuk saat ini belum bisa dilakukan secara online karena proses pindah dalam administrasi kependudukan memerlukan verifikasi atas kebenaran permohonan yang bersangkutan dan dilakukan secara berjenjang dari tingkat RT, RW, dusun, kelurahan, kecamatan, dan dinas dukcapil. Jika Anda tidak bisa mengurus sendiri karena keterbatasan waktu dan jarak, bisa diwakilkan saudara atau kerabat yang masih tinggal di sini.


Selamat Pagi, Mohon informasi persyaratan untuk mengurus surat pindah lintas propinsi? Apakah bisa dilakukan secara online? mengingat waktu tempuh sangat jauh. Terimakasih


@ Ida Suri Wulandari: Permohonan untuk memperoleh salinan/kutipan kedua akta kelahiran bisa Anda urus di Dinas Dukcapil tempat akta kelahiran pertama kali diterbitkan dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga, KTP, dan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.


Selamat malam. Saya kehilangan Akta Kelahiran dan saat ini membutuhkan akta tersebut untuk keperluan perpanjangan paspor. Bagaimana caranya untuk mendapatkan salinan akta kembali? Terima kasih.


@Arnolegsa Fanny Maupasha: Jika telah ikut perekaman massal tidak perlu perekaman lagi meski pun Anda telah pindah atau menikah. Silakan mendatangi Dinas Dukcapil atau kecamatan tempat Anda berdomisili sekarang untuk mengurus KTP-el dengan membawa fotokopi KK. Tidak perlu surat pengantar RW/RW, dukuh maupun desa/kelurahan. Sebagai informasi, KTP versi lama (non KTP-el) sudah dinyatakan tidak berlaku untuk pengurusan pelayanan publik. Selain itu bila Anda mengurus KTP-el sekarang, Dinas Dukcapil atau kecamatan masih memberikan surat keterangan pengganti KTP-el yang berlaku selama 3 bulan karena blangko dari Kemendagri belum tersedia dan baru dikirim ke daerah sekitar Februari 2017. Namun fungsi surat keterangan tersebut sama dengan KTP-el sebagi bukti identitas resmi penduduk dan dokumen pendukung saat mengurus pelayanan publik.