Cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) Daerah Istimewa Yogyakarta
Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah

Cek NIK Penduduk D.I. Yogyakarta


Dua dikurang Dua = (angka desimal)


Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

data ditemukan sekitar 2509 komentar.

Catatan:
- Untuk nomor yang lebih dari 5 digit akan diubah menjadi (number) untuk menjaga kerahasiaan.
- Hanya admin yang dapat melihat isi dari (number).

Cara ngecek apakah sudah diterbitkan akta kematian di kab bantul. Utk keperluan turun waris dan balik nama sertifikat tanah...dulu pernah ada kolektif..kelanjutannya kurang tau...baru padasaat turun waris diperlukan akta kematian..dicari tidak ketemu..atau dulu mungkin belum terbit atau...trimakasih sbelumnya


warga kami dah pernah perekaman dah 2 th yg lalu...tp sampe sekarang blm dan kami cek katanya perekaman gagal.gimana solusinya padahal yg bersangkutan g bisa ngapa2in karna skt dan ktp itu sangat dibutuhkan


@ Fredy Kuswantoro: Blangko KTP-el saat ini tersedia di Dinas Dukcapil Gunungkidul. Silakan ke kantor Dinas Dukcapil untuk menanyakan perkembangan pencetakan KTP-el Anda. Sebagai informasi, pencetakan KTP-el oleh dinas tidak berdasarkan urutan penduduk yang pernah perekaman KTP-el tetapi berdasarkan permintaan pencetakan oleh penduduk yang datang ke dinas.


@ Isnan Yulianto: Perekaman pada Januari 2017 sampai sekarang belum dapat diberikan KTP-el karena kendala penunggalan biometrik di server KTP Kemendagri. Namun Suket harusnya sudah Anda peroleh dari kecamatan atau dinas setelah perekaman. Karena penerbitan Suket oleh kecamatan atau Dinas Dukcapil tidak perlu melewat tahap penunggalan di server Pusat. Mohon konfirmasi ke kecamatan atau Dinas Dukcapil tempat Anda perekaman biometrik.


Maaf sebelumnya saya mau menanyakan apakah blanko E-ktp sudah ada belum ya ? Soalnya saya sudah melakukan rekaman pada bulan September 2016 di kecamatan Panggang kabupaten Gunungkidul dan sampai sekarang belum mendapatkan E-ktp, mengingat pentingnya E-ktp itu untuk melamar pekerjaan ataupun keperluan lainnya, terimakasih. Mohon konfirmasinya



Maaf sebelum ny saya cuman mau tanya klw sudah rekaman E-KTP di bulan januari kpn y..... Jadi nya soal ny suket jg msih belum dapet


@ Hendro Asroni: Sekarang blangko sudah tersedia di daerah. Silakan segera mendatangi kecamatan/Dinas Dukcapil Sleman dengan membawa kartu keluarga untuk mengurus KTP-el Anda.


Saya sudah melakukan pengajuan e-KTP baru dari bulan September 2016 (pindah eKTP dari Sumatera Selatan ke D.I.Yogyakarta), terakhir saya cek di kecamatan Depok, Sleman pada bulan Februari e-KTP saya belum selesai dengan alasan blangko kosong dari pusat. Apakah sekarang sudah bisa melakukan pencetakan eKTP, mengingat pentingnya eKTP fisik untuk kebutuhan perbankkan dan keperluan lainnya. Terima kasih.


@ Budiyono: Selama tidak ada perubahan elemen data, KTP-el berlaku seumur hidup. Tapai kalau ada perubahan, seperti ganti alamat, pekerjaan, golongan darah, gelar, agama, status perkawinan, perubahan nama atau tanggal lahir, dan tanda tangan, penduduk wajib mengajukan penggantian KTP-el kepada Dinas Dukcapil.


@ Mario Yuven Odorikus Belarmino01 Tae: Mohon maaf, saat ini Dinas Dukcapil tidak dapat mencetakkan KTP-el bagi penduduk luar domisili karena kendala jaringan di Dijen Dukcapil Kementerian Dalam negeri. Sehingga mau tidak mau Anda harus mengurus KTP-el yang baru di tempat domisili Anda, yakni di NTT dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga. Sebenarnya dalam kondisi normal, Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-DIY bisa mencetakkan KTP-el bagi penduduk luar domisili seperti Anda. Namun karena masalah seperti yang kami jelaskan di atas, pelayanan bagi penduduk luar domisili tidak dapat dilaksanakan sampai ada informasi terbaru dari Pusat.


KTP elektronik bisa berlaku seumur hidup, sangat bagus krn tdk repot lagi urus KTP setiap 5 th.


Perkenalkan, Saya Mario, Asal NTT. Sekarang saya kuliah di Jogja. Saya berdomisili di Babarsari, Condongcatur, kec depok, kab sleman. Bagaiamana mengurus e-ktp yang hilang ? Apakah bisa diurus di dinas kependudukan dan catatan sipil kan sleman ? Kalau bisa apa dan bagaimana syarat serta prosedurnya ? Trimaksih.
Salam.


@ July Antoko Candra Kusuma: Anda dikasih Surat keterangan pengganti KTP karena pada waktu itu blangko di daerah tidak tersedia. Sekarang di Dinas Dukcapil Kulon Progo sudah tersedia blangko KTP-el. Silakan mengajukan permohonan pencetakan KTP-el ke kecamatan.


@ Nita Sulisnaini: Silakan menngajukan permohonan perbaikan nama ke kecamatan dengan membawa surat pengantar desa/kelurahan, KTP, dan fotokopi akta kelahiran. Kalau nama di KTP-el sudah benar , Anda cukup meminta kartu keluarga baru saja. Setelah mendapatkan dokumen baru, jangan lupa dicek untuk memastikan bahwa perubahan data telah sesuai sebagaimana permintaan Anda.


@ Danu Hendaryadi: Kalau sudah perekaman biometrik dan sudah dinyatakan berhasil (hasil perekaman tidak bermasalah), Anda tidak perlu perekaman lagi. Cukup mengajukan permohonan cetak KTP-el saja.


Saya pernah melakukan perekaman pada 2012 namun setelah ektp jadi ternyata ada kesalahan pada penulisan nama sehingga saya mengembalikan ektp tsb ke kecamatan dan membuat ktp baru dalam bentuk ktp lama(laminating),
Sekarang ktp saya sudah habis masa aktiv dan saya ingin membuat ektp,

Pertanyaan: apakah saya harus melakukan perekaman lagi di kecamatan?


Saya mau bertanya ketika saya cek NIK saya diatas nama saya salah ada perbedaan satu huruf atara E dan I Nita Sulisnaeni dan yg benar Nita Sulisnaini padahal cetakan di d ktp saya sudah benar terus saya harus bagaimana? Soalnya ketika saya mengurus dokumen yg mengunKan Nik contohnya rekening atau bpjs nama saya selalu salah


Saya mau tanya admin, saya udah perekaman data th 2012 lalu, hbis it saya lalu merantau dan saya pulang merantau 2017, terus ak mau ngambil e ktp dikcmatan tp gak ada saya malah disuruh cari surat pengantar dri kelurahan terus dikasih surat keterangan aj tp dataku yg 2012 it masih ada, gimana ya ap e ktp.ku gak jadi atau gagal atau gimana ya soalnya sampai sekarang belum dapat e ktp, saya harus bagaimana?? Terima kasih


@ Hendrik Marianus Sormin; sama-sama.


Trimakasi banyak atas infonya admin


@ Hendrik Marianus Sormin: Ada ribuan penduduk Sleman, puluhan ribu penduduk DIY, dan mungkin jutaan penduduk Indonesia yang mengeluh ke Dinas Dukcapil seperti Anda karena KTP-el mereka belum jadi. Petugas dinas pun juga sudah memberikan Surat Keterangan Pengganti KTP-el yang fungsinya sama seperi KTP-el untuk mengurus pelayanan publik, termasuk sebagai identitas resmi penduduk selama KTP-el belum diterbitkan. Surat Keterangan itu juga bisa diperpanjang jika masa berlaku habis dan KTP-el belum juga diterbitkan.Kami di daerah hanya bisa meminta Anda dan penduduk lainnya bersabar karena kewenangan daerah untuk urusan KTP-el adalah sebagai pelaksana. Daerah tidak diperbolehkan melakukan pengadaan blangko KTP-el sendiri. Kami tidak dapat mencetak selama blangko dari Pusat (Ditjen Dukcapil Kemendagri) belum turun. Kalaupun blangko tersedia, ketika jaringan KTP-el yang dikelola Pusat mati (offline), pencetakan otomatis berhenti.
Pada minggu ini, rencananya (bila tidak ada perubahan) Pusat akan menyerahkan blangko ke Dukcapil kab/kota se-DIY meskipun jumlahnya masih jauh dari kebutuhan. So, mungkin mulai Senin, 17 April 2017 pencetakan KTP-el di daerah akan mulai lagi. Saran kami, Senin depan Anda langsung mendatangi kecamatan atau Dinas Dukcapil Sleman untuk menanyakan bisa tidaknya KTP-el Anda dicetak.


Maaf admin. Saya mau bertanya.. e-ktp saya belum jadi-jadi . Aku masukin data bnl 8-2016. Tanggal pengambilan sesuai dengan yg tertera di tanda pengambilan bln tgl 14-1-2017. Tp sampai sekarang belum jadi. Itu Ektp blum jadi apa tdak jadi. Kita terkendala cari kerja dan kebutuhan lainya. Aku memohon kepada admin untuk perhatianya


@ Lili Anna Susanto: KTP-el berlaku seumur hidup dan meskipun KTP-el Anda tertulis masa berlaku dengan tanggal tertentu, tetap dianggap berlaku seumur hidup sepanjang tidak ada perubahan elemen data. Namun jika elemen data kependudukan seseorang berubah (misal berubahan status perkawinan, nama, agama, pekerjaan, alamat, dll), maka ybs wajib melaporkan ke Dinas Dukcapil untuk selanjutnya diberi KK dan KTP baru.
Dasar kebijakan tersebut diatur di UU No. 24 Taun 2013, pasal Pasal 64 ayat (7) huruf a menyatakan KTP-el bagi WNI masa berlakunya seumur hidup. Kemudian, Pasal 101 huruf c menjelaskan KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup.


@ Arianti Trisnawati: Alurnya, Anda mengajukan permohonan perubahan elemen data (kasus Anda adalah ubah nama dan agama). Bila Petugas di kecamatan menyetujui permohonan Anda berdasarkan bukti pendukung, elemen data Anda di database kependudukan akan disesuaikan. Lalu, petugas akan mencetakkan kartu keluarga dan KTP-el baru sedangkan KK dan KTP-el lama ditarik petugas. Khusus KTP-el, saat ini Dinas Dukcapil tidak bisa mencetak karena blanko belum tersedia. Sebagai pengganti KTP-el, sekarang Dinas Dukcapil menerbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP-el yang fungsinya sama dengan KTP-el, yakni bukti diri indentitas penduduk dan dapat dipakai untuk mengurus pelayanan publik di semua sektor, termasuk perbankan maupun keimigrasian. Bila meragukan kebenaran dokumen kependudukan pemohon, sebagian bank nasional maupun daerah dan kantor Imigrasi dapat memanfaatkan akses ke database kependudukan nasional sebagai salah satu alat verifikasi.


E-KTP saya terbitan tahun 2012, di KTP tertera berlaku hingga tahun 2017. Apakah saya perlu perpanjangan lagi? Mengingat ada kabar bahwa e-KTP berlaku seumur hidup. Terimakasih.


Maaf mau tanya, bulan lalu saya mengurus perubahan data e-ktp yaitu perubahan nama (sesuai akta kelahiran) dimana kurang 1 huruf dan perubahan agama. Saya cek data e-ktp saya sudah berubah namanya sesuai akta tapi fisik E-KTP saya dikembalikan lagi ke saya dikarenakan formulir habis. Jadi alurnya saya harus bagaimana? soalnya saya harus perbaharui data passport dan bank saya. Mohon bantuannya. Terima Kasih


@ Sarwoto: Yang dianggap benar adalah nama di akta kelahiran. Karena akta kelahiran adalah dokumen awal untuk menelusuri/membuktikan asal usul seseorang. Anda justru diharuskan mengurus perubahan nama Anak Anda di Kartu Keluarga agar tidak terjadi persoalan administratif di kemudian hari.


NIK anak saya Hurin Brillian Isslami (wanita) berbeda antara di KK dan Akta lahir. mana yang benar? perlukah mengubah KK?


@ Fasysya Rahajeng Kumalaningtyas: Mengikuti tanggal saat KTP tersebut dicetak oleh Dinas Dukcapil.


Maaf sebelumnya saya ingin bertanya, jika e-KTP saya masih dalam proses apakah tanggal mulai berlakunya KTP bersamaan ketika KTP dikeluarkan atau tanggal ketika saya membuat KTP?
Terimakasih sebelumnya.


@ NUR HIDAYATI: NIK anak Anda sudah tercatat di database nasional sebagai penduduk Gunungkidul. Kami cek di web panselnas, NIK anak Anda sudah digunakan untuk pendaftaran. Asumsi kami, pendaftaran sudah berjalan lancar.


@ Adellia Isnasari Noor Alina: iya, No KK yang tertera di kartu keluarga terbaru.


Pada tgl 10 Maret kemarin anak saya mau mendaftar di Panselnas tp tidak bisa karena NIK nya masih tercatat di Klaten. Kemudian kami disarankan untuk mengurus surat pindah dari Klaten ke Gunungkidul. Akhirnya kami dah bisa mengurus afministrasinya dan kami mendapat No KK baru. Tetapi ketika anak saya mendaftar dengan No KK baru tersebut kok tetap belum bisa, katanya no KK dan NIK tidak sesuai. Mohon petunjuknya.


No KK (xxxxxxxxxxxx9795) yang benar adalah yang tertera Kartu keluarga Anda atau sesuai dengan di database Sleman. mohon maaf bapak/ibu saya masih kurang jelas. berarti nomer kk yang benar tersebut adalah yang tertera di kartu keluarga terbaru?


@ Adellia Isnasari Noor Alina: Perbedaan No KK di database Dukcapil Sleman dengan di database nasional sudah terselesaikan. No KK (xxxxxxxxxxxx9795) yang benar adalah yang tertera Kartu keluarga Anda atau sesuai dengan di database Sleman. Kalau di web pendaftaran panselnas No KK Anda masih bermasalah, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah tercantum di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut agar segera diatasi.


@ Adellia Isnasari Noor Alina: Terjadi perbedaan No KK Anda di database Sleman dengan di database nasional. Masalah Anda sudah kami sampaikan ke pengelola data kependudukan di Dinas Dukcapil Sleman agar segera ditindaklanjuti. Senin (27/3) siang mudah-mudahan sudah teratasi. Sembari kami mengusahakan lewat jalur dinas, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah tercantum di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut agar Kemendagri dapat segera menarik No KK Anda dari database kependudukan Sleman.


bapak/ibu mohon bertanya. kenapa NIK saya tidak bisa untuk daftar panselnas ya? waktu dichek NIK itu betul NIK atas nama saya. beberapa bulan lalu saya pindah KK dari kota ke kabupaten sleman. mohon petunjuk... trimakasih


@ Farhan Athallah Hanafi: Anda sudah tercatat di database kependudukan Gunungkidul. Masalah Anda sudah kami sampaikan ke Dinas Dukcapil Gunungkidul agar dilakukan sinkoronisasi di database nasional. Terkait pendaftaran di web Panselnas, kami menyarankan Anda menghubungi layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah disediakan di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut sehingga dapat segera ditangani. Biodata termasuk NIK dan No-KK Anda didatabase kependudukan Dinas Dukcapil sudah benar. Tetapi mungkin ada kendala jaringan/sistem sehingga data kependudukan Anda di server Kemendagri belum ter-update.


@ Fatimatul Amani: Idealnya pasangan suami istri berada dalam satu kartu keluarga (KK) yang sama. Meski demikian untuk pasangan suami istri yang karena situasi tertentu terpaksa berbeda kartu keluarga, hak memperoleh pelayanan kependudukan mereka tidak akan hilang. Kemudian, bila Anda mau mengurus akta kelahiran anak, status perkawinan Anda dan suami harus disesuaikan/diganti dulu. Setelah itu silakan mengurus permohonan akta kelahiran ditempat Anda berdomisili. Dalam mengurus akta kelahiran, Anda dan suami tidak harus jadi satu KK dulu kok. Misalnya Anda masih ikut KK orangtua, nantinya Anak Anda akan dimasukkan di KK tersebut sebagai cucu. Atau bisa pula Anda sekalian pisah dulu dari dari KK orangtua sehingga punya KK sendiri bersama anak Anda meskipun masih serumah dengan orangtua Anda. Sebagi informasi perlu kami sampaikan, 1) akta kelahiran anak/penduduk dibuat ditempat domisili/tinggal sekarang sekalipun yang bersangkutan lahir di kab/kota lain. 2) Penduduk yang telah dewasa (tidak harus punya anak dulu dan atau sudah menikah lho) bisa membuat KK sendiri meskipun masih serumah dengan ortu/saudara. jadi dimungkinkan dalam satu rumah ada lebih dari satu KK. 3) akta kelahiran dibuat setelah yang bersangkutan memiliki NIK atau tercatat sebagai penduduk. Mudah-mudahan menjawab pertanyaan Anda.


@ Sri Aswati: Salah tempat lahir di database kependudukan bisa diperbaiki asalkan penduduk dapat menunjukkan dokumen sah (misalnya akta kelahiran) sebagai dasar perubahan. Kalau Anda menghendaki perbaikan tempat lahir, silakan ajukan surat permohonan perubahan biodata dengan cara meminta surat pengantar dari RT, RW, dusun, dan desa/kelurahan. Lalu surat pengatar tersebut dibawa ke kecamatan beserta kartu keluarga, KTP (bila sudah punya), dan fotokopi akta kelahiran. Dari permohonan Anda, petugas akan mengganti kartu keluarga dan KTP Anda.


Maaf pak sebelumnya, saya mau tanya.
Kalau misalnya di NIK nya itu salah tempat lahir bisa diubah tidak pak ?


maaf mas mau tanya, ini kk sama ktp sy harusnya sudah digunungkidul, tapi Kok sy cek alamat NiK saya masih di kk yang lama, itu bagaimana solusinya?


Maaf saya menikah 1tahun yg lalu, tp KK saya masih pisah dgn suami saya, status diktp pun msh lajang. Apa saya tetap bisa mengurus akta lahir anak saya, tanpa menggabungkan KK dulu?


ktp saya sudah pindah di gunungkidul tp kok utk daftar panselnas ttp belum bisa masuk


@ Nur Rokhman: Sama-sama


Terima kasih atas respon cepatnya.


@ Nur Rokhman: Perubahan biodata dan kartu keluarga Anda terjadi pada 15 Maret 2017. Perubahan biodata tersebut baru terkirim ke database provinsi (web ini) pada tanggal berikutnya.


Saya sudah lakukan proses saperti yang admin minta. Saya juga sudah mendapat kartu keluarga baru. Tetapi kalau saya cek dengna web ini, nama saya masih salah. Bagaimana ini ya?


@ HERY PURNOMO: Hingga saat ini belum ada bllangko yang dikirim oleh Pusat ke daerah sehingga Dinas Dukcapil belum dapat mencetakkan KTP-el bagi penduduk.


cek e-ktp saya sudah jadi apa belum