Perpindahan Penduduk Ke Kota Menurun
Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah


Perpindahan Penduduk Ke Kota Menurun

YOGYA - Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah penduduk‎ yang melakukan perpindahan pencatatan sipil ke Kota Yogyakarta mengalami penurunan.

 

Bila dibandingkan tahun lalu, jumlah perpindahan tersebut turun sekitar 5 persen.

 

Dyah Munardianti, Kepala Seksi Perpindahan Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta mengatakan setiap musim pendaftaran sekolah, jumlah perpindahan penduduk ke Kota Yogyakarta memang meningkat.

 

Sebab pendaftaran sekolah masih mendominasi alasan penduduk untuk melakukan perpindahan pencatatan sipil. Namun tahun ini jumlahnya tak lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

 

"Kemarin saat masa-masa pendaftaran ke sekolah, sekitar 30 persennya kami melayani perpindahan penduduk ke Kota Yogyakarta untuk keperluan pendaftaran sekolah saja‎," kata Dyah, Kamis (23/7/2015).

 

Tak hanya dari wilayah lain yang masih berada di DIY, namun penduduk yang pindah ke Kota Yogyakarta juga berasal dari luar pulau Jawa seperti misalnya Kalimantan.

 

Berdasarkan data dari Dindukcapil Kota Yogyakarta, pada tahun-tahun sebelumnya Dindukcapil Kota Yogyakarta bisa melayani 60 blanko perpindahan per hari. Sedangkan saat ini hanya 40-50 blanko perpindahan penduduk saja per hari‎.

 

Berkurangnya jumlah penduduk yang pindah ke Kota Yogyakarta ini, menurut Dyah disinyalir karena adanya pembatasan aturan baru BPJS Kesehatan.

 

Tak hanya itu selain di Kota Yogyakarta‎, saat ini juga sudah mulai bermunculan sekolah favorit baru seperti yang ada di Sleman.

 

(Sumber : Tribunjogja.com)






Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

Tidak ada komentar