Permohonan Akta Kelahiran Semakin Meningkat
Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah


Permohonan Akta Kelahiran Semakin Meningkat

WONOSARI - Masyarakat sudah semkain sadar akan pentingnya akta kelahiran dan kematian. Sejak adanya Undang-undang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) disosialisasikan pengurusan akta kelahiran maupun akta kematian semakin meningkat.

 

"Bagi penduduk usia 1-18 tahun yang sudah memiliki akta kelahiran mencapai  75 persen, namun untuk penduduk secara keseluruhan baru  35 persen, padahal ditargetkan pada akhir 2020 nanti, sedikitnya  85 persen penduduk Gunungkidul sudah memiliki akta kelahiran," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkisul H Eko Subiantoro SH.

 

Menurut Eko kesadaran pengurusan akta kematian warga semakin sadar. Jika pada 2015 jumlah warga yang mengurus akta kematian baru sekitar 75 orang, namun pada 2015 sampai semester I, mencapai 2.659 orang. Disebutkan akta kematian tersebut akan berpengaruh pada data kependudukan.



"Jika hanya berpegang pada surat kematian dari desa, data kependudukan tidak akan berubah, sehingga dampaknya pada hasil pendataan keluarga miskin maupun data pemilih pada pemilihan bupati yang akan datang. karena belum diurus akta kematian, sehingga sekalipun sudah meninggal tetapi masih terdaftar dalam daftar pemilih,” ujar Eko Subiantoro.

 

(Sumber : KRjogja.com)






Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

Tidak ada komentar