Pencetakan KTP-el di Kelurahan
Smiley face
☰ Menu
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
× Home Statistik Cek NIK Cek No KK Cek KTP Cek KIA Produk Hukum Tanya Jawab Publikasi LAMINDUK Info Galeri Wilayah


Pencetakan KTP-el di Kelurahan

BEKASI (Pos Kota) – Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi warga Kota Bekasi, mulai Senin mendatang diserahkan ke kantor-kantor kelurahan.
“Warga tidak usah lagi ke kantor dinas kependudukan,” ujar Rahmat Effendi, Walikota Bekasi, kepada Poskotanews.com, saat meninjau kesiapan aparat di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kamis (8/1).
Mekanismenya, perpanjangan dan pembuatan baru KTP warga cukup membawa KK – Kartu Keluarga, KTP yang lama atau ijazah dan Akte Kelahiran bagi yang baru dan Surat Pengantar dari RT dan RW.
Sedangkan bagi pendatang, setelah mendapat surat pindah dari alamat asal, dimasukan datanya di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, “Ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Walikota, sambil menunggu kebijakan baru dari pusat soal elektronik KTP (E-KTP).
Selama ini, menurut walikota banyak keluhan dari masyarakat soal lambatnya proses pembuatan KTP dan Kartu Keluarga (KK), “Malah katanya hingga berbulan-bulan,” sebut walikota.
TANDA TANGAN BASAH
Sementara itu menyinggung tanda tangan basah untuk KTP dan KK, walikota menyebutkan bisa saja nantinya camat yang tanda tangan, atas nama kepala dinas.
Selama ini, produk surat yang dikeluarkan camat tidak ada, kecuali selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan surat keterangan ahli waris.
Sementara itu Mulyadi, Lurah Jatisari, mengatakan, pihaknya sudah siap dan lima komputer sudah diupgrade di dinas kependudukan, “Kami sudah siap,” ujar lurah. (Saban/d)






Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

Tidak ada komentar