Pengaduan dan Tanya Jawab Seputar Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta

Created By :
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY
Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Indonesia
Tlp/Fax. (+62) 274-580818

Referer :

Login Pengguna





Login Kabupaten/Kota
:
:



Statistik User
Jumlah User: 2713
Hari Ini
Login: 1
Daftar: 1
Kemarin Kamis
Login: 2
Daftar: 2
Kemarin Rabu
Login: 5
Daftar: 1
Kemarin Selasa
Login: 5
Daftar: 3
Kemarin Senin
Login: 10
Daftar: 4
Kemarin Minggu
Login: 6
Daftar: 3
Kemarin Sabtu
Login: 6
Daftar: 3
Kemarin Jumat
Login: 14
Daftar: 6



Pekerjaan User
Pelajar/Mahasiswa: 1833
Peneliti/Dosen: 84
ASN/TNI/POLRI: 143
Konsultan/NGO: 41
Perangkat Desa: 114
BUMN/BUMD: 26
Marketing: 31
LBH/Advokad: 3
Wiraswasta: 122
Perbankan: 20

Keperluan User
Akademik: 1430
Laporan Kedinasan: 157
Penelitian/Pengkajian: 481
Data Pembanding: 130
Pemetaan Konsumen: 61
Laporan: 316


Kunjungan Bulan ini
Forum komunikasi petugas registrasi Desa/Kelurahan

GIRITIRTO, berkata :
Pak, kami sudah bisa login Import Basis Data secara Online, tetapi kemudianterdapat keterangan ^Ada Belum Aktif^. Mohon bantuannya. Terima kasih

SIDOKARTO, berkata :
daffazulfa@gmail.com

admin, berkata :
@ Sri Hardono: Pendaftaran secara online harus ditindaklanjuti dengan pangajuan surat permohonan ditandatangani kepala desa. Setelah itu baru akan kami aktifkan. Surat itu tidak perlu Anda bawa ke kantor Biro Tapem tetapi cukup discan lalu kirim ke alamat email rotapemdiy.kependudukan@gmail.com. Nomor kontak kami, 0274-580818.

SRI HARDONO, berkata :
BW DK yang secara online. mohon bantuanya

SRI HARDONO, berkata :
Pak, saya ada kesulitan untuk update BW DK. saya sudah mendftar tapi blm bisa. mohon bantuanya

SRI HARDONO, berkata :
Pak, boleh minta nmr tlp setda diy untuk pendaftaran update laminduk secara online?

admin, berkata :
@ Sidokarto: Yang bisa menormalkan statistik jumlah penduduk adalah Anda sendiri karena itu terjadi kesalahan pada waktu pendefinisian RW atau alamat. Caranya memperbaiki, batalkan semua pendefinisian RW atau alamat lalu ulangi lagi. Pastikan tidak terjadi kesalahan. saran kami pakai pendefinisian RW saja. caranya, RW 1 masukkan dusun A, RW 2 masukkan dusun B, RW 3 masukkan dusun C, dst.RW yang sudah didefinisikan dusunnya akan masuk ke tabel sebelah kanan. Kalau Anda menemukan RW yang kosong jangan didefinisikan/ditentukan dusunnya. Biarkan tanpa dusun.

admin, berkata :
@ Sidokarto: Kami minta alamat email Anda. Akan kami kirimkan file setup_kel yang sudah ada perbaikan nama Desa Sidokarto.

admin, berkata :
@ DESA Genjahan: Itu terjadi karena cara Anda memilih penduduk pemohon menggunakan mouse. Cara yang benar menggunakan keyboard. jadi ketik dulu nama depan atau NIK pemohon. Nanti akan muncul daftar penduduk yang mengandung unsur nama yang Anda ketikkan. Nah,arahkan kursor (blok warna yang menunjukkan posisi yang sedang dipilih) ke nama pemohon yang Anda inginkan dengan memakai anak panah di keyboard, setelah itu tekan tombol Enter. Silakan dicoba. Kalau masih tetap terjadi masalah silakan informasikan ke kami.

SIDOKARTO, berkata :
Tambahan dr Desa Sidokarto hampir semua surat yg akan di cetak masih tertulis alamat SIDOKERTO yang benar SIDOKARTO mohon pembetulan nama... Maturnuwun

<<< Selengkapnya >>>

GPS dan Google Map
Koordinat Kantor Pemerintahan


Forum Tanya Jawab

Ruang bagi Anda untuk bertanya seputar penyelenggaraan adminduk

Formulir Pertanyaan

Silakan login atau daftar untuk mengirim pertanyaan


data ditemukan sekitar 89 pertanyaan.
LOKASI KEJADIAN : TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA
Dear admin, mohon info untuk cek KK dan akta lahir apakah sudah terbit atau belum saya harus kekantor mana? alamat dimana? karena saya mengurus KK dan akta lahir anak saya, sudah +- 5 bulan kata wakil yang mengurus itu belum jadi. sehingga saya ingin cek sendiri apakah sudah diurus belum surat tersebut. terimakasih atas bantuannya
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
@ Winda Karlina: Waktu sampai 5 (lima) bulan untuk mengurus kartu keluarga dan akta kelahiran di Kota Yogyakarta sebenarnya kurang logis. Karena bila seluruh syarat terpenuhi, hanya diperlukan waktu kurang dari 1 minggu. Anak Anda a.n. Alisha Zahra sudah tercatat di database kependudukan sejak 20 Februari 2017. Tetapi untuk aka kelahiran anak Anda belum jadi/mungkin belum diurus. Bisa jadi berkas belum masuk. Untuk kartu keluarga silakan ditanyakan ke kantor kecamatan. Sedangkan pelayanan penerbitan akta kelahiran ditanyakan ke Dinas Dukcapil Yogyakarta. Tanyakan ke wakil Anda juga, apakah ada dokumen persyaratan yang belum lengkap.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : NGAMPILAN, KOTA YOGYAKARTA
Salam Admin,

Jika ingin mengganti E-KTP yang rusak syarat yang dibutuhkan apa saja ?
mengurusnya di disdukcapil kan ?
Nuwun
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Untuk mendapatkan KTP-el yang baru, syaratnya membawa KTP-el Anda yang rusak dan fotokopi kartu keluarga. Mengurusnya di Dinas Dukcapil.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : WONOSARI, GUNUNGKIDUL
Apakah jumlah penduduk untuk semester II tahun 2016 sudah bisa diakes? nwn
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Barusan kami unggah. Selamat memanfaatkan.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA
apakah perlu e-ktp diperpanjang? karena di ktp saya rertera berlaku hingga tahun 2017 ini. kalu iya bagaimana caranya memperpanjanf e-ktp. saya bingung. thx
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
KTP-el yang masih mencantumkan masa berlaku disebabkan karena pencetakannya dilakukan sebelum UU 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU 23 Tahun 2026 tentang Adminduk diberlakukan. Namun pada UU 24/2013 pasal 101 huruf c dinyatakan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum UU ini ditetapkan berlaku seumur hidup. Sehingga KTP Anda meskipun tertera masa berlaku, tetap dianggap berlaku seumur hidup sepanjang tidak ada perubahan elemen biodata (misalnya status perkawinan Anda berubah, alamat domisili Anda berubah, atau ganti pekerjaan), hilang, atau rusak.

Persoalan yang kadang terjadi di lapangan, masih ada ada lembaga penyedia layanan publik yang tidak mau melayani penduduk dengan alasan KTP-el tercantum masa berlaku yang telah habis alias kedaluwarsa. Jika menemui situasi tersebut, sampaikan ke petugas di lembaga/perusahaan/instansi itu bahwa semua KTP-el berlaku seumur hidup, sekalipun ada masa berlakunya, karena hal itu telah diatur UU sebagaimana kami sebutkan di atas. Bila tetap tidak bisa menerima penjelasan Anda, petugasnya diminta untuk menghubungi Dinas Dukcapil untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail. Semoga Anda tidak bungung lagi.


Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, SLEMAN
Salam...saya memiliki e-ktp per 03-08-2016 NIK (number), namun saat dicek di http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik tidak ada data yang keluar, namun saat cek di http://kependudukan.jogjaprov.go.id datanya bisa keluar. kenapa ya? apakah e-ktp saya belum diaktivasi? karena ada yang bilang kemungkinan seperti itu.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Salam balik. Cek NIK di website Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk sementara waktu ditutup. Jadi tidak ada hubungannya dengan aktivasi. Kalau cek nik di web ini bisa digunakan, hanya saja terbatas untuk penduduk yang administrasi kependudukannya tercatat di database kabupaten/kota se-DIY.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : KALASAN, SLEMAN
Saya penduduk Sleman, anak saya lahir di luar kabupaten Sleman. Pembuatan akta kelahiran harus di kabupaten/kota kelahiran atau bisa di kabupaten Sleman?
Kalau bisa di kabupaten Sleman, bagaimana prosesnya?
Terima kasih.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Pembuatan akta kelahiran sudah menganut asas domisili atau diproses di kabupaten/kota tempat penduduk berdomisili. Misalnya ada anak lahir di Jakarta, tetapi anak tersebut didaftarkan sebagai penduduk dan diberikan NIK di Sleman karena orangtuanya tinggal di sana. Maka akta kelahiran si anak dibuat di Sleman, bukan di Jakarta. Prosesnya, urus dulu status kependudukan anak supaya masuk ke dalam kartu keluarga orangtuanya dan mendapatkan NIK dengan meminta surat pengantar dari RT, RW, dusun, dan desa dengan melampirkan surat keterangan kelahiran dari RS/Puskesmas/bidan dan fotokopi buku nikah/akta perkawinan ortu. Berkas tersebut dibawa ke kecamatan untuk mendapatkan kartu keluarga baru yang mencantumkan biodata anak. Setelah kartu keluarga jadi, berkas yang sama diserahkan ke Dinas Dukcapil untuk mendapatkan akta kelahiran.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : BANGUNTAPAN, BANTUL
Minta informasinya apakah e-ktp dengan NIK (number) sudah tercetak? karena surat keterangan mulai luntur tulisannya. Mohon infonya, terima kasih...
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Sampai saat ini daerah belum mendapatkan lagi distribusi blangko dari Kemendagri. Sehingga untuk sementara waktu (sampai KTP-el dicetak), penduduk yang telah perekaman akan diberi Surat Keterangan Pengganti KTP_el seperti yang Anda pegang sekarang. Kalau rusak, hilang, atau masa berlaku habis, Surat Keterangan bisa Anda minta lagi ke kecamatan atau Dinas Dukcapil.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : BANGUNTAPAN, BANTUL
Sy mau tanya untuk nik (number),statusnya terdaftar di kab.kulon progo atau kab.tuban
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Penduduk dengan NIK tersebut a.n. Purmiyati pernah menjadi penduduk Kulon Progo. Namun berdasarkan catatan kependudukannya, yang bersangkutan telah mengurus proses pindah ke Provinsi Jawa Timur, Kab. Tuban, Kec. Senori, Desa Wonosari pada November 2011. Dengan demikian yang bersangkutan bukan penduduk Kulon Progo lagi, tetapi penduduk Tuban, Jatim.





Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : TURI, SLEMAN
Assallamu^allaikum...
Ktp saya rusak dibagian foto saya rusak,sedangkan di kecamatan blangko E Ktp habis.
Apakah didisdukcapil kab sleman juga habis...??
Mengingat secepatnya ktp tersebut mau dipergunakan.
Terimakasih sebelumnya
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Seluruh Dinas Dukcapil se-Indonesia belum memiliki stok blangko lagi karena distribusi dari Kemendagri berhenti sementara. Selama belum dapat mencetak KTP-el, Dinas Dukcapil akan memberikan surat keterangan pengganti KTP-el kepada pemohon. Surat keterangan ini sama fungsinya dengan KTP-el, yakni sebagai identitas resmi penduduk dan dapat dipakai untuk mengurus seluruh pelayanan publik.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : TURI, SLEMAN
Selamat pagi, nama saya di akta kelahiran dan ijazah berbeda dengan yang ada karena kekeliruan di e-KTP dan KK, saya mahasiswi Jogja yang sebelumnya berdomisili di Malang. Dari mana saya harus mulai mengurusnya dan apa yang perlu dipersiapkan? Terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Nama di KTP dan kartu keluarga bisa diperbaiki/disesuaikan dengan akta kelahiran. Karena salah satu dasar mencantumkan nama di KTP dan kartu keluarga adalah akta kelahiran. Silakan ajukan permohonan secara berjenjang dari desa/kelurahan (untuk dapat surat pengantar) dan kecamatan.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA
Saya mau bertanya, saya mahasiswa yang sedang kuliah di Yogyakarta dan berdomisili di denpasar. Sebelumnya saya belum membuat e-ktp. Untuk pembuatan e-ktp bisakah saya membuat e-ktp di Yogya ?
Terima kasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Pada prinsipnya perekaman dan pembuatan KTP-el bisa dilayani Dinas Dukcapil mana saja bisa, tidak harus di Dinas Dukcapil tempat penduduk berdomisili. Syaratnya tidak ada perubahan elemen data dan membawa fotokopi kartu keluarga dan KTP lama. Namun untuk saat ini, karena blangko di daerah sedang habis, penduduk hanya dapat melakukan perekaman biometrik. Sedangkan KTP-el baru bisa dicetakkan setelah blangko tersedia, paling cepat Maret 2017.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : SLEMAN, SLEMAN
saya mau bertanya jika saya kehilangan akta kelahiran apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengurus kehilangan akta lahir tersebut, saat ini saya berdomisili dijakarta.. terima kasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Penduduk biasanya memegang kutipan pertama akta kelahiran. Jika kutipan pertama hilang, Anda bisa mengurus permohonan untuk mendapatkan kutipan kedua di Dinas Dukcapil yang dulu menerbitkan akta kelahiran Anda. Syaratnya membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian, membawa (jika ada) fotokopi akta kelahiran, fokopi KTP , dan fotokopi kartu keluarga.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : SLEMAN, KOTA YOGYAKARTA
selamat pagi pak, saya mau nanya mengenai pembuatan akte lahir anak cuman untuk yang belum punya NIK di web https://kependudukan.jogjakota.go.id/publik/application/sipak/ ko belum bisa diakses ya, padahal temen saya yang disurabaya sudah bisa. mohon info dan bantuanya pak. nuwun
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Mohon maaf, aplikasi tersebut dalam perbaikan. Jika mendesak, silakan mengurus permohonan secara reguler.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DANUREJAN, KOTA YOGYAKARTA
Bagaimana cara mendapatkan data penduduk keluarga saya yang sudah lama meninggal ?
Adakah duplikat data penduduk di kecamatan / kelurahan ? Terima kasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Di kelurahan bisa jadi ada asalkan pihak keluarga/ahli waris pernah menguruskan surat keterangan kematian yang bersangkutan. Kalau di kecamatan mungkin tidak ada. Jika keluarga/ahli waris pernah menguruskan akta kematian untuk yang bersangkutan di Dinas Dukcapil kab/kota di DIY , kemungkinan datanya ada dan lengkap di Dinas Dukcapil. Coba Anda sampaikan ke kami lewat email: rotapemdiy.kependudukan@gmail.com, informasi biodata keluarga Anda yang meninggal (nama lengkap, jenis kelamin, alamat, tanggal lahir, nama ortunya, dll), yang bisa memudahkan kami untuk menelusurinya di database.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : NGAGLIK, SLEMAN
Mohon bantuannya, mengapa nomor NIK saya berbeda antara yang di KK dan eKTP, begitu juga dengan NIK anak saya ketika kami cek keluar dengan nama yang berbeda. Mohon sarannya, terima kasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Maaf, agak lama kami menanggapi karena perlu verifikasi dan pencermatan. Atas permasalahan yang Anda alami kami sampaikan beberapa hal berikut: 1) benar bahwa terjadi perbedaan NIK antara di KTP-el dan kartu keluarga. Untuk kasus seperti itu, NIK di KTP-lah yang dianggap benar (karena NIK telah dipakai untuk perekaman) sehingga NIK di kartu keluarga yang harus menyesuaikan/diganti. 2) NIK anak Anda juga berbeda antara di database kependudukan dan di kartu keluarga. 3) Saran kami mohon segera ke kecamatan (urus dulu surat pengantar dari RT,dukuh, dan desa) untuk mengajukan permohonan ganti kartu keluarga terbaru agar tidak terjadi lagi perbedaan NIK di database kependudukan dengan di dokumen kependudukan yang Anda pegang.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
Maksimal Halaman (6) : << Prev 1 2 3 4 5 6 Next >>