Pengaduan dan Tanya Jawab Seputar Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta

Created By :
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY
Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Indonesia
Tlp/Fax. (+62) 274-580818

Referer :

Login Pengguna





Login Kabupaten/Kota
:
:



Statistik User
Jumlah User: 2816
Hari Ini
Login: 6
Daftar: 4
Kemarin Kamis
Login: 11
Daftar: 6
Kemarin Rabu
Login: 4
Daftar: 3
Kemarin Selasa
Login: 6
Daftar: 5
Kemarin Senin
Login: 8
Daftar: 3
Kemarin Minggu
Login: 2
Daftar: 1
Kemarin Sabtu
Login: 2
Daftar: 2
Kemarin Jumat
Login: 6
Daftar: 4



Pekerjaan User
Pelajar/Mahasiswa: 1881
Peneliti/Dosen: 87
ASN/TNI/POLRI: 150
Konsultan/NGO: 42
Perangkat Desa: 122
BUMN/BUMD: 28
Marketing: 36
LBH/Advokad: 5
Wiraswasta: 135
Perbankan: 20

Keperluan User
Akademik: 1450
Laporan Kedinasan: 167
Penelitian/Pengkajian: 515
Data Pembanding: 140
Pemetaan Konsumen: 63
Laporan: 341


Kunjungan Bulan ini
Forum komunikasi petugas registrasi Desa/Kelurahan

Desa Hargotirto, berkata :
@admin : dengan adanya pengembangan wilayah di daerah dan data wilayah pengembangan belum masuk ke dalam aplikasi ini, menyebabkan kami tidak bisa kontinyu memakai aplikasi ini, khususnya proses pindah. Adakah solusi? Karena selama ini kami harus menggunakan dua form pindah penduduk, satu form aplikasi ini, yang lain pakai form manual (untuk daerah tujuan pindah yang belum ada dalam data base).

Desa Hargotirto, berkata :
@GIRITIRTO : kami juga pernah mengalami hal semacam itu. Pada kasus kami ternyata masalah pada PC kami, karena pada keesokan harinya normal sendiri. Jadi mungkin memang butuh komputer khusus untuk aplikasi ini. Kita tunggu jawaban dari admin.

GIRITIRTO, berkata :
Pak,,beberapa hari ini setiap klik STATISTIK ^Statistik Jumlah Penduduk Saat Ini^ selalu berubah-ubah, terakhir jumlah penduduk nol. Sebelumnya sudah import data basis online. terima kasih

admin, berkata :
@ Desa Tirtoadi: Sudah jalan. Memang sempat off selama beberapa minggu karena ada migrasi server.

admin, berkata :
@ Giritirto: Sudah aktif.

desa tirtoadi, berkata :
Pak mau tanya pada saat import basis data online kok gak jalan. cuma berhenti di masuk server. terima kasih

GIRITIRTO, berkata :
Pak, kami sudah bisa login Import Basis Data secara Online, tetapi kemudianterdapat keterangan ^Ada Belum Aktif^. Mohon bantuannya. Terima kasih

SIDOKARTO, berkata :
daffazulfa@gmail.com

admin, berkata :
@ Sri Hardono: Pendaftaran secara online harus ditindaklanjuti dengan pangajuan surat permohonan ditandatangani kepala desa. Setelah itu baru akan kami aktifkan. Surat itu tidak perlu Anda bawa ke kantor Biro Tapem tetapi cukup discan lalu kirim ke alamat email rotapemdiy.kependudukan@gmail.com. Nomor kontak kami, 0274-580818.

SRI HARDONO, berkata :
BW DK yang secara online. mohon bantuanya

<<< Selengkapnya >>>

GPS dan Google Map
Koordinat Kantor Pemerintahan


Forum Tanya Jawab

Ruang bagi Anda untuk bertanya seputar penyelenggaraan adminduk

Formulir Pertanyaan

Silakan login atau daftar untuk mengirim pertanyaan


data ditemukan sekitar 98 pertanyaan.
LOKASI KEJADIAN : BERBAH, SLEMAN
Saya pindah ke jogja tahun 2014. Sebelumnya kami tinggal di boyolali dan sudah memiliki E ktp. Tapi setelah pindah ke jogja kami diganti dengan ktp lama yang dilaminating. Untuk memiliki E ktp kembali apakah kami harus melakukan perekaman ulang dan bagaimana persyaratannya.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Kalau sudah perekaman biometrik KTP-el, tidak perlu lagi perekaman meskipun Anda pindah domisili. Anda tinggal mengajukan permohonan penerbitan KTP-el di kecamatan/Dinas Dukcapil Sleman dengan membawa kartu keluarga.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : KOTAGEDE, KOTA YOGYAKARTA
Assalamu^alaikum www, maaf saya mau bertanya ,saya mau membuat akte kematian untuk nenek saya yg sdh meninggal beberapa tahun yang lalu, disini saya selaku ahli waris nya. berapa lama selesai pembuatan akte kematian nya ? dan apa saja persyarataannya ? Terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Syarat membuat akta kematian: Mengajukan dulu permohonan surat keterangan kematian dari kelurahan dengan membawa kartu keluarga, KTP pddk meninggal, dan KTP ahli waris/pemohon, surat pengantar dari RT dan RW/dusun, dan surat keterangan kematian dari RS/Puskesmas/dokter. Dari Kelurahan, berkas dibawa ke kecamatan untuk mengurus kartu keluarga baru dilanjutkan proses permohonan akta di Dinas Dukcapil. Pengurusan akta kematian memerlukan waktu sekitar 3-5 hari kerja. Biaya pengurusan akta kematian gratis selama tidak melampaui waktu 60 hari sejak tanggal kematian. Kalau lebih dari 60 hari akan dikenai denda keterlambatan. Agar proses penerbitan akta lebih cepat dan bebas dari pungutan liar, Anda sebagai ahli waris diharapkan mengurus sendiri permohonan akta tersebut.


Ahmad Ridho Ardhiansyah, berkata :
terimakasih pak atas jawabann. Tetapi tepatnya 2 minggu yg lalu adik saya selaku ahli waris mengurus pembuatan akte kematian tersebut memerlukan waktu yg cukup lama mulai tanggal pembuatan 25 april 2017 dan tanggal pengambilan 10 mei 2017,mohon penjelasan nya pak . mohon maaf dan terima kasih.
Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : KOTAGEDE, SLEMAN
Adakah data mengenai RW dan RT di masing-masing kecamatan ataupun desa di Kabupaten Sleman? Apakah data RW itu diurutkan perdesa atau diurutkan per Pedukuhan? Kami memerlukan untuk pengambilan sampling studi. Terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Secara umum untuk desa/kelurahan se-Sleman, No RW diurutkan dari nomor awal sampai akhir per-desa/kelurahan (dalam satu desa, tidak ada No RW yang sama). Sedangkan No RT diurutkan per-dusun/padukuhan. Tetapi ada sebagian kecil desa yang mengurutkan No RW per-dusun (jadi dalam satu desa dimungkinkan ada No RW yang sama). Mengenai daftar No RW dan No RT di desa se-Sleman, mohon maaf kami tidak memiliki. Mungkin Anda bisa menanyakan ketersediaan data itu di Bagian Tapem atau Bagian Pemdes Setda Sleman.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA
Saya mau bertanya, saya mahasiswa yang sedang kuliah di Jogja dan mempunyai KK luar kota Yogyakarta. Sebelumnya saya tidak pernah melakukan perekaman e-ktp. Apakah saya bisa melakukan perekaman di jogja? Terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Dalam kondisi normal, perekaman biometrik dan bahkan hak memperoleh KTP-el bisa dilayani di Dinas Dukcapil manapun. Tetapi sekarang Dinas Dukcapil tidak memiliki blanko sehingga pencetakan KTP-el berhenti sementara waktu. Pada pertengahan atau akhir April 2017, pencetakan KTP-el kemungkinan akan dimulai lagi bila kiriman blanko dari Pusat telah diterima daerah. Namun karena jumlahnya masih terbatas, mungkin pencetakan KTP-el akan diprioritaskan untuk pemohon KTP yang telah lebih dahulu mengajukan permohonan sejak oktober 2016.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : CANGKRINGAN, SLEMAN
alhamdulillah saya sudah bisa mendaftar, tetapi menggunakan data KK lama saya / KK klaten. dari pihak panselnas juga sudah memberi jawaban supaya saya mendaftar dengan data tersebut. Lalu apakah database nasinal saya tetap berada di Klaten belum berpindah di DIY? terimakasih..
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Di database kependudukan nasional (server Kemendagri), Anda sudah tercatat sebagai penduduk Sleman.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : CANGKRINGAN, SLEMAN
Jawaban :
Hal itu terjadi karena proses perpindahan biodata Anda dari Klaten ke Sleman belum tercatat di database kependudukan nasional. Sekarang telah dilakukan penyesuaian sehingga di database nasional, Anda telah tercatat sebagai penduduk Sleman dengan No KK ikut kepala keluarga a.n. NY. SASTRO MULYONO. Nah untuk pendftaran lewat web Panselnas, database-nya mengambil data kependudukan nasional tetapi mungkin perlu waktu beberapa jam atau hari untuk penyesuaian perubahan biodata penduduk. Kalau sampai besok (30/3) pagi Anda masih mengalami masalah di pendaftaran panselnas, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah tercantum di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut agar Kemendagri dapat segera mengatasinya.
pertanyaan saya :
lalu NIK saya menjadi berubah atau bagaimana ya ? saya udah berkali kali bertanya di panselnas tetapi belum ada satupun yang dijawab.. padahal pendaftaran tinggal 2 hari lagi,. mohon bantuannya yaa...
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
NIK Anda tidak Anda tidak akan berubah sekalipun pindah domisili. Mengenai masalah Anda di pendaftaran web Panselnas, kami hanya bisa membantu sampai pada proses verifikasi dan mencocokkan antara data di Dinas DUkcapil dengan data kependudukan di tingkat nasional. Selebihnya Anda harus menghubungi instansi yang berkompeten mengatasi langsung kendala para calon pendftar di web panselnas. Kemarin kami mencoba menghubingi contact center web panselnas via telepon, dan ditanggapi. Jadi, kami berharap Anda berusaha mencoba lagi via telepon.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA
selamat malam. saya ingin mencari data tentang jumlah penduduk di kelurahan keparakan (kecamatan mergangsang) kota Yogyakarta berdasar jenis kelamin, latar belakang pendidikan, jenis pekerjaan, komposisi penduduk berdasar usia pada tahun 2009 dan 2010. trimakasih atas bantuannya. bisa dikirim ke adhiwib1927@gmail.com
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Untuk data yang Anda minta, mohon maaf kami tidak dapat menyediakannya karena data pada periode belum terkonsolidasi sampai tingkat provinsi maupun nasional. Kami menyarankan Anda untuk memintanya ke Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta karena pada periode tersebut pengelolaan data kependudukan masih diserahkan ke Dinas Dukcapil kab/kota.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : CANGKRINGAN, SLEMAN
selamat malam, saya mau bertanya mengenai permasalahan saya, Kak saya ini pindahan dari KK klaten ke KK jogja nah ini saya buat daftar di panselnas tetapi disitu tertulis No. KK atau NIK KK tidak sesuai. nah itu bagaimana ya? terimakasih.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Hal itu terjadi karena proses perpindahan biodata Anda dari Klaten ke Sleman belum tercatat di database kependudukan nasional. Sekarang telah dilakukan penyesuaian sehingga di database nasional, Anda telah tercatat sebagai penduduk Sleman dengan No KK ikut kepala keluarga a.n. NY. SASTRO MULYONO. Nah untuk pendftaran lewat web Panselnas, database-nya mengambil data kependudukan nasional tetapi mungkin perlu waktu beberapa jam atau hari untuk penyesuaian perubahan biodata penduduk. Kalau sampai besok (30/3) pagi Anda masih mengalami masalah di pendaftaran panselnas, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah tercantum di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut agar Kemendagri dapat segera mengatasinya.


Yuliani, berkata :
lalu NIK saya menjadi berubah atau bagaimana ya ? saya udah berkali kali bertanya di panselnas tetapi belum ada satupun yang dijawab.. padahal pendaftaran tinggal 2 hari lagi,. mohon bantuannya yaa...


Yuliani, berkata :
baik, terimakasih admin akan saya tunggu sampai besok tanggal 30/3
Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA
Maaf,saya sudah menikah 1tahun, tp KK saya masih pisah dgn suami saya, dan kamipun masih berstatus lajang.. apakah ada sanksi atau denda untuk kepengurusannya? Dan berapa hari keterlambatan pelaporan kelahiran? Berapa denda apa bila melewati batas pelaporan. Trimakasig
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Perkawinan penduduk Muslim dianggap sah oleh negara bila telah tercatat di KUA dan si penduduk mendapatkan Buku Nikah. Tidak ada denda untuk keterlambatan pelaporan perkawinan penduduk Muslim di Dinas Dukcapil. Namun untuk tertib administrasi, setiap penduduk diwajibkan melapor ke Dinas Dukcapil jika ada perubahan status kependudukannya, termasuk perkawinannya. Orangtua juga diharuskan telah memperbarui status perkawinannya (di Kartu keluarga dan KTP) saat mau menguruskan akta kelahiran anaknya. Pelaporan kelahiran dianggap terlambat bila melebihi 60 hari sejak tanggal kelahiran.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : NGAGLIK, SLEMAN
Selamat siang admin, melanjutkan komunikasi kita melalui forum ini, bahwa beberapa waktu yang lalu saya sudah mengirimkan Foto Copy:
- Akta Kelahiran
-Surat Lapor Lahir
- Surat Keterangan Perekaman KTP-el
seperti saran admin ke email: rotapemdiy.kependudukan@gmail.com pada tanggal 7 Maret 2017, untuk menyesuaikan/merevisi kesalahan tempat lahir saya yang mana terdapat perbedaan data yaitu, di database kependudukan, tempat lahir saya di Jakarta. Sedangkan di database KTP-el tercatat lahir di Sleman. (yang seharusnya adalah Lahir di Jakarta). Sehubungan dengan hal itu, apakah saya bisa minta tolong di cek pada data saya apakah sudah disesuaikan/dibetulkan atau belum? Terima Kasih atas bantuannya.


Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Sudah disesuaikan.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : NGAMPILAN, KOTA YOGYAKARTA
Saya mau bertanya kenapa no KK saya dibilang tdk terdaftar ketika saya mau daftar bpjs kesehatan secara online. Trims.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Anda dan suami sudah tercatat di database kependudukan Kota Yogyakarta dan tercatat pula di database nasional. Mengenai tidak adanya No KK Anda di aplikasi pendaftaran JKN secara online, kami sarankan Anda menghubungi pihak BPJS Kesehatan sebagai pengelola aplikasi tersebut agar mendapatkan solusi. Sebagai informasi, dalam pelayanan pendaftaran JKN secara online, BPJS Kesehatan mengambil database kependudukan dari server warehouse Kemendagri. Mungkin data warehouse-nya belum ter-update.





Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, SLEMAN
Apakah saya bisa mendapatkan data penduduk per dusun, per jenis kelamin di desa Maguwoharjo?
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Mohon maaf, data terendah yang dapat ditampilkan melalui web ini adalah desa/kelurahan. Untuk data penduduk per dusun, silakan Anda menghubungi atau mendatangi kantor Desa Maguwoharjo.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, SLEMAN
assalamualaikum mba atau mas mau bertanya jumlah warga kelurahan pekuncen itu tahun 2017 berapa nggih?
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Data penduduk tahun 2017 belum ada. Kalau data tengah tahun 2017 baru akan diriis sekitar Juli atau Agustus nanti. Yang terbaru adalah data penduduk semester II atau pada posisi akhir Desember (semester II) 2016. Jumlah penduduk Pakuncen pada semester II 2016 bisa Anda lihat dimenu statistik dengan cara pilih kotanya (Yogyakarta), lalu pilih kecamatannya (Wirobrajan). Jangan lupa sesuaikan periodenya dan jenis datanya. Silakan dicoba.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : PIYUNGAN, BANTUL
Mau tanya,saya mau mendaftar online di suatu instansi,tetapi disana disebutkan kalau No Kartu Keluarga dan NIK saya tidak sesuai,saat saya cek online datanya terdaftar.Berikut No Kartu Keluarga saya (number)
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Terhadap masalah Anda, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan informasi di instansi tersebut. Sampaikan keluhan Anda ke sana agar diberikan solusi. Yang dapat kami sampaikan, biodata termasuk NIK dan No.KK Anda di database kependudukan Dinas Dukcapil Bantul sudah sinkron dengan biodata di database nasional (Kemendagri).

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : KOTAGEDE, KOTA YOGYAKARTA
Selamat siang bpk/ibu admin.saya mau tanya untuk kelengkapan berkas pindah jiwa.istri saya vapak sudah meninggal lama sekitaran tahun 1993/1994/1995.apakah bisa minta data hari tanggal tahun kematian atas nama bapak SURADAL alamat Tinalan RT 33 RK Prenggan kota gede.terima kasih sebelumnya
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Mohon maaf, informasi yang Anda minta tidak tersedia karena pencatatan kematian pada tahun 90-an masih menggunakan buku register manual, belum memanfaatkan database sistem informasi adminduk (SIAK). Kami menyarankan Anda untuk menghubungi atau mendatangi Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta yang mengelola buku register kematian.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
Maksimal Halaman (7) : << Prev 1 2 3 4 5 6 7 Next >>