Pengaduan dan Tanya Jawab Seputar Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta

Created By :
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY
Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Indonesia
Tlp/Fax. (+62) 274-580818

Referer :

Login Pengguna





Login Kabupaten/Kota
:
:



Statistik User
Jumlah User: 2606
Hari Ini
Login: 4
Daftar: 2
Kemarin Rabu
Login: 7
Daftar: 4
Kemarin Selasa
Login: 20
Daftar: 8
Kemarin Senin
Login: 8
Daftar: 3
Kemarin Minggu
Login: 5
Daftar: 2
Kemarin Sabtu
Login: 6
Daftar: 3
Kemarin Jumat
Login: 18
Daftar: 8
Kemarin Kamis
Login: 12
Daftar: 6



Pekerjaan User
Pelajar/Mahasiswa: 1778
Peneliti/Dosen: 77
ASN/TNI/POLRI: 138
Konsultan/NGO: 38
Perangkat Desa: 110
BUMN/BUMD: 24
Marketing: 31
LBH/Advokad: 3
Wiraswasta: 110
Perbankan: 18

Keperluan User
Akademik: 1403
Laporan Kedinasan: 154
Penelitian/Pengkajian: 448
Data Pembanding: 118
Pemetaan Konsumen: 61
Laporan: 289


Kunjungan Bulan ini
Forum komunikasi petugas registrasi Desa/Kelurahan

Desa Hargotirto, berkata :
@DESA GENJAHAN : dalam aplikasi kami hal seperti itu tidak terjadi(kami instal pada windows 7),...semoga segera ada pencerahan dari admin...

DESA GENJAHAN, berkata :
mohon pencerahan, kenapa untuk proses pindah ketika kami mengklik nama pemohon pindah, pada akhir proses selalu terjadi perubahan pada nama pemohon yang akan pindah tersebut.trmksih.

SIDOKARTO, berkata :
Mohon Bantuanya kenapa di jumlah penduduk hanya ada di dua padukuhan Dukuh XIV sama Rewulu Kulon? Mhon dinormalkan lagi. Maturnuwun

Desa Hargotirto, berkata :
@yuliani : menu statistik>>dalam angka>>penduduk>>kategori statistik pilih golongan usia

yuliani, berkata :
bagaimana cara nyari statistik penduduk berdasar usia..di sukoharjo kok tidak muncul ya???

samsul huda, berkata :
test

admin, berkata :
@Sugeng: Sudah

SUGENG, berkata :
saya sudah sampaikan permohonan data base terbaru kok blm di bls ya pak

Desa Hargotirto, berkata :
@admin: matur nuwun...

admin, berkata :
@ Desa Hargotirto: Sudah

<<< Selengkapnya >>>

GPS dan Google Map
Koordinat Kantor Pemerintahan


Forum Tanya Jawab

Ruang bagi Anda untuk bertanya seputar penyelenggaraan adminduk

Formulir Pertanyaan

Silakan login atau daftar untuk mengirim pertanyaan


data ditemukan sekitar 76 pertanyaan.
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, SLEMAN
Apakah mengurus suratketerangan pindah bisa diwakilkan?
Ditanyakan oleh:

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, BANTUL
Saya diminta untuk mengumpulkan fotocopy guna melihat "nomor" akta saya karena untuk mengurus akta kelahiran yg hilang. Namun, saya tidak punya fotocopy akta kelahiran saya. Saya harus mencari dimana nomor itu?
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Untuk mengetahui nomor akta kelahiran selain dari dokumennya, Anda dapat mendatangi/menanyakan ke Dinas Dukcapil yang menerbitkan akta tersebut. Petugas akan membantu untuk mencarikan nomor akta Kelahiran Anda.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : PENGASIH, KULON PROGO
Punya saya masih ktp lama karena petugas kecamatan mengatakan kalau e ktp saya belum jadi. Saya mau menanyakan,kenapa rekam e ktp yang dulu secara masal ada yang jadi dan ada yang tidak.apakah data saat rekam hilang?
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Jika melihat di database kependudukan Kulon Progo, Anda tercatat belum pernah perekaman biometrik. Bisa jadi pada waktu perekaman massal, biometrik Anda gagal tersimpan di database. Untuk itu kami menyarankan Anda untuk segera perekaman. Ada dua alternatif cara yang dapat Anda tempuh; pertama, langsung datang ke Dukcapil untuk mengecek biometrik dan jika benar-benar tidak ada, petugas akan mengarahkan Anda ke proses perekaman ulang. Alternatif kedua, Anda bisa ke kecamatan untuk meminta perekaman kepada operator. Jangan lupa membawa fotokopi KK dan KTP.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA

Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Kalau hilang, minta surat keterangan kehilangan dari kepolisian (polsek). Kemudian mengajukan permohonan pencetakan kartu keluarga (KK) secara berjenjang, yakni meminta surat pengantar dari RT, RW/dukuh, dan Desa/Kelurahan. Kemudian, Surat Pengantar, fotokopi KP pemohon , dan surat kehilangan dari polisi dibawa ke kecamatan untuk diproses oleh petugas. Kalau di Kota Yogyakarta, pelayanan pencetakan KK sekitar 3-5 hari. Pencetakan KK baru tidak dikenakan biaya administrasi asalkan Anda mengurus sendiri/tidak meminta bantuan orang lain.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, SLEMAN
Pak saya mau tanya mohon dijawab...jika saya ingin mengurus KK baru ke alamat istri tapi dikartu keluarga orang tua istri sudah tidak ada nama istri saya sejak perubahan KK yg baru, kemungkin tidak dimasukan sama orang tua . Orang tua bilang karena sudah nikah, padahal kami belum membuat KK yg baru itu solusi gmna y pak ??
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Iya, pasti dijawab sesuai kemampuan dan pengetahuan kami. Kalau berdasarkan catatan di database kependudukan Sleman, Anda dan istri (a.n. Aniah) sudah terdaftar di KK yang sama sejak 25 November 2014 dan berdomisili di karangnongko, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Kalau Anda tidak merasa pernah membuat KK, silakan tanyakan lagi ke istri, saudara, atau orangtua Anda. Mungkin saja mereka yang menguruskan KK. Kalau Anda tidak yakin, silakan ke kecamatan untuk konfirmasi ke petugas sekaligus mengajukan pencetakan KK (kalau saat ini memang tidak memiliki dokumennya).

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, KOTA YOGYAKARTA
Selamat pagi admin,
Saya ingin bertanya tentang pencetakan e-KTP. Saya adalah warga Sulawesi Tengah yang sekarang bekerja dan melanjutkan studi tahap magister saya di Jogja. Saya menikah bulan September 2016. Dan di DukCapil asal saya sudah membuatkan Kartu Keluarga baru untuk saya dan istri, beserta surat bukti perekaman e-KTP. Karena masalah teknis, saya belum mendapatkan e-KTP dengan status yang baru dari daerah asal saya. Apakah bisa jika saya melakukan pencetakan e-KTP di wilayah dinas Kependudukan Prov. DI Yogyakarta dengan membawa KK & Surat Keterangan bukti perekaman daerah asal saya, mengingat kesibukan yang cukup tinggi membuat saya tidak bisa untuk mengurus sendiri di daerah asal saya.
Terima kasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Dalam kondisi normal, Dinas DUkcapil bisa melayani setiap penduduk ( sekalipun ybs. berasal dari luar domisili) yang mengajukan permohonan pencetakan KTP-el. Untuk dapat mencetak KTP-el penduduk luar domisili, sistem/aplikasi cetak KTP harus terhubung ke database nasional yang menyimpan seluruh data perekaman penduduk se-Indonesia. Tetapi masalahnya sejak awal tahun 2017 sampai sekarang, jaringan yang menghubungkan sistem di daerah dengan server Pusat sedang mengalami masalah sehingga belum berfungsi lagi. Ini terjadi tidak cuma terjadi di Dinas Dukcapil kab/kota se-DIY tetapi hampir di seluruh daerah se-Indonesia. Satu-satunya cara bagi Anda saat ini untuk mendapatkan KTP-el adalah meminta ke di Dinas Dukcapil tempat Anda berdomisili karena instansi di sanalah yang menyimpan biodata awal Anda. Jika terkendala masalah jarak mungkin dinas dapat memberikan solusi agar tidak menghambat penduduk mendapatkan dokumen kependudukan, misalnya diuruskan kerabat/famili lain yang tinggal di sana dengan diserta surat kuasa dari Anda beserta dokumen persyaratan lainnya.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA
Pak saya mau tanya untuk mengetahui jumlah tenaga kerja berdasarkan kecamatan di kota Yogyakarta berdasarkan jenis kelamin dimana ya? Terima Kasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Kalau jumlah tenaga kerja di suatu daerah (kecamatan) kami tidak memiliki. Kami menyarankan Anda untuk menanyakan informasi tersebut kepada Dinas yang membidangi ketenagakerjaan di Kota Yogyakarta. Yang kami miliki dan bisa Anda lihat di web ini adalah data penduduk angakatan kerja per-kecamatan se-Kota Yogyakarta berdasarkan jenis pekerjaan.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : BANTUL, BANTUL
Kalau pembuatan e-ktp bulan satu kira- kira kapan y akan jadi soal ny suket juga blm dapet
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Perekaman pada Januari 2017 sampai sekarang belum dapat diberikan KTP-el karena kendala penunggalan biometrik di server KTP Kemendagri. Namun Suket harusnya sudah Anda peroleh dari kecamatan atau dinas setelah perekaman. Karena penerbitan Suket oleh kecamatan atau Dinas Dukcapil tidak perlu melewat tahap penunggalan di server Pusat. Mohon konfirmasi ke kecamatan atau Dinas Dukcapil tempat Anda perekaman biometrik.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : BERBAH, SLEMAN
Saya pindah ke jogja tahun 2014. Sebelumnya kami tinggal di boyolali dan sudah memiliki E ktp. Tapi setelah pindah ke jogja kami diganti dengan ktp lama yang dilaminating. Untuk memiliki E ktp kembali apakah kami harus melakukan perekaman ulang dan bagaimana persyaratannya.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Kalau sudah perekaman biometrik KTP-el, tidak perlu lagi perekaman meskipun Anda pindah domisili. Anda tinggal mengajukan permohonan penerbitan KTP-el di kecamatan/Dinas Dukcapil Sleman dengan membawa kartu keluarga.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : KOTAGEDE, KOTA YOGYAKARTA
Assalamu^alaikum www, maaf saya mau bertanya ,saya mau membuat akte kematian untuk nenek saya yg sdh meninggal beberapa tahun yang lalu, disini saya selaku ahli waris nya. berapa lama selesai pembuatan akte kematian nya ? dan apa saja persyarataannya ? Terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Syarat membuat akta kematian: Mengajukan dulu permohonan surat keterangan kematian dari kelurahan dengan membawa kartu keluarga, KTP pddk meninggal, dan KTP ahli waris/pemohon, surat pengantar dari RT dan RW/dusun, dan surat keterangan kematian dari RS/Puskesmas/dokter. Dari Kelurahan, berkas dibawa ke kecamatan untuk mengurus kartu keluarga baru dilanjutkan proses permohonan akta di Dinas Dukcapil. Pengurusan akta kematian memerlukan waktu sekitar 3-5 hari kerja. Biaya pengurusan akta kematian gratis selama tidak melampaui waktu 60 hari sejak tanggal kematian. Kalau lebih dari 60 hari akan dikenai denda keterlambatan. Agar proses penerbitan akta lebih cepat dan bebas dari pungutan liar, Anda sebagai ahli waris diharapkan mengurus sendiri permohonan akta tersebut.


Ahmad Ridho Ardhiansyah, berkata :
terimakasih pak atas jawabann. Tetapi tepatnya 2 minggu yg lalu adik saya selaku ahli waris mengurus pembuatan akte kematian tersebut memerlukan waktu yg cukup lama mulai tanggal pembuatan 25 april 2017 dan tanggal pengambilan 10 mei 2017,mohon penjelasan nya pak . mohon maaf dan terima kasih.
Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : KOTAGEDE, SLEMAN
Adakah data mengenai RW dan RT di masing-masing kecamatan ataupun desa di Kabupaten Sleman? Apakah data RW itu diurutkan perdesa atau diurutkan per Pedukuhan? Kami memerlukan untuk pengambilan sampling studi. Terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Secara umum untuk desa/kelurahan se-Sleman, No RW diurutkan dari nomor awal sampai akhir per-desa/kelurahan (dalam satu desa, tidak ada No RW yang sama). Sedangkan No RT diurutkan per-dusun/padukuhan. Tetapi ada sebagian kecil desa yang mengurutkan No RW per-dusun (jadi dalam satu desa dimungkinkan ada No RW yang sama). Mengenai daftar No RW dan No RT di desa se-Sleman, mohon maaf kami tidak memiliki. Mungkin Anda bisa menanyakan ketersediaan data itu di Bagian Tapem atau Bagian Pemdes Setda Sleman.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA
Saya mau bertanya, saya mahasiswa yang sedang kuliah di Jogja dan mempunyai KK luar kota Yogyakarta. Sebelumnya saya tidak pernah melakukan perekaman e-ktp. Apakah saya bisa melakukan perekaman di jogja? Terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Dalam kondisi normal, perekaman biometrik dan bahkan hak memperoleh KTP-el bisa dilayani di Dinas Dukcapil manapun. Tetapi sekarang Dinas Dukcapil tidak memiliki blanko sehingga pencetakan KTP-el berhenti sementara waktu. Pada pertengahan atau akhir April 2017, pencetakan KTP-el kemungkinan akan dimulai lagi bila kiriman blanko dari Pusat telah diterima daerah. Namun karena jumlahnya masih terbatas, mungkin pencetakan KTP-el akan diprioritaskan untuk pemohon KTP yang telah lebih dahulu mengajukan permohonan sejak oktober 2016.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : CANGKRINGAN, SLEMAN
alhamdulillah saya sudah bisa mendaftar, tetapi menggunakan data KK lama saya / KK klaten. dari pihak panselnas juga sudah memberi jawaban supaya saya mendaftar dengan data tersebut. Lalu apakah database nasinal saya tetap berada di Klaten belum berpindah di DIY? terimakasih..
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Di database kependudukan nasional (server Kemendagri), Anda sudah tercatat sebagai penduduk Sleman.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : CANGKRINGAN, SLEMAN
Jawaban :
Hal itu terjadi karena proses perpindahan biodata Anda dari Klaten ke Sleman belum tercatat di database kependudukan nasional. Sekarang telah dilakukan penyesuaian sehingga di database nasional, Anda telah tercatat sebagai penduduk Sleman dengan No KK ikut kepala keluarga a.n. NY. SASTRO MULYONO. Nah untuk pendftaran lewat web Panselnas, database-nya mengambil data kependudukan nasional tetapi mungkin perlu waktu beberapa jam atau hari untuk penyesuaian perubahan biodata penduduk. Kalau sampai besok (30/3) pagi Anda masih mengalami masalah di pendaftaran panselnas, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan konsultasi (helpdesk) Kemendagri pada jam kerja. Nomor call center-nya sudah tercantum di portal/website panselnas di menu F.A.Q. Sampaikan permasalahan Anda lewat jalur tersebut agar Kemendagri dapat segera mengatasinya.
pertanyaan saya :
lalu NIK saya menjadi berubah atau bagaimana ya ? saya udah berkali kali bertanya di panselnas tetapi belum ada satupun yang dijawab.. padahal pendaftaran tinggal 2 hari lagi,. mohon bantuannya yaa...
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
NIK Anda tidak Anda tidak akan berubah sekalipun pindah domisili. Mengenai masalah Anda di pendaftaran web Panselnas, kami hanya bisa membantu sampai pada proses verifikasi dan mencocokkan antara data di Dinas DUkcapil dengan data kependudukan di tingkat nasional. Selebihnya Anda harus menghubungi instansi yang berkompeten mengatasi langsung kendala para calon pendftar di web panselnas. Kemarin kami mencoba menghubingi contact center web panselnas via telepon, dan ditanggapi. Jadi, kami berharap Anda berusaha mencoba lagi via telepon.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA
selamat malam. saya ingin mencari data tentang jumlah penduduk di kelurahan keparakan (kecamatan mergangsang) kota Yogyakarta berdasar jenis kelamin, latar belakang pendidikan, jenis pekerjaan, komposisi penduduk berdasar usia pada tahun 2009 dan 2010. trimakasih atas bantuannya. bisa dikirim ke adhiwib1927@gmail.com
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Untuk data yang Anda minta, mohon maaf kami tidak dapat menyediakannya karena data pada periode belum terkonsolidasi sampai tingkat provinsi maupun nasional. Kami menyarankan Anda untuk memintanya ke Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta karena pada periode tersebut pengelolaan data kependudukan masih diserahkan ke Dinas Dukcapil kab/kota.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
Maksimal Halaman (6) : 1 2 3 4 ... 6 Next >>