Pengaduan dan Tanya Jawab Seputar Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta

Created By :
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY
Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Indonesia
Tlp/Fax. (+62) 274-580818

Referer :

Login Pengguna





Login Kabupaten/Kota
:
:



Statistik User
Jumlah User: 1839
Hari Ini
Login: 9
Daftar: 5
Kemarin Minggu
Login: 3
Daftar: 3
Kemarin Sabtu
Login: 3
Daftar: 2
Kemarin Jumat
Login: 8
Daftar: 6
Kemarin Kamis
Login: 2
Daftar: 1
Kemarin Rabu
Login: 13
Daftar: 6
Kemarin Selasa
Login: 10
Daftar: 5
Kemarin Senin
Login: 7
Daftar: 4



Pekerjaan User
Pelajar/Mahasiswa: 1345
Peneliti/Dosen: 54
ASN/TNI/POLRI: 77
Konsultan/NGO: 31
Perangkat Desa: 72
BUMN/BUMD: 22
Marketing: 20
LBH/Advokad: 2
Wiraswasta: 50
Perbankan: 11

Keperluan User
Akademik: 1150
Laporan Kedinasan: 99
Penelitian/Pengkajian: 256
Data Pembanding: 81
Pemetaan Konsumen: 41
Laporan: 138


Kunjungan Bulan ini
Forum komunikasi petugas registrasi Desa/Kelurahan

Sentolo, berkata :
untuk Impor data onlain untuk desa sentolo mulai bulan oktober 2016 kok tidak mengalami perubahan sama sekali ya pak. ada kesalah apa. mohon penjelasan

sidokarto, berkata :
Mau tanya kenapa data penduduk antara siak dengan dukcapil beda (siak 10406 & dukcapil 11845)?? Trims

kebonrejo, berkata :
untuk penambahan data bagi penduduk yg dulu di bekukan dan tidak muncul di data base karena belum e ktp, kemudian sudah di buka, penambahan data lewat apa ya? penduduk datang dalam satu desa, atau pindah? tq

Desa Gari, berkata :
Untuk statistik mohon seperti biasa saja [ masih seperti yang dulu ], jadi otomatis bisa tersimpan tanpa kita perlu menyimpansecara manual atupun mencetaknya. Untuk usulan di buku induk desa harap bisa dipilah menurut padukuhan masing-masing, soalnya untuk saat ini masih campur jadi satu

admin, berkata :
Sekilas info, dalam waktu dekat kami akan merevisi Laminduk. Pertama terkait penomoran surat yang nantinya diisi manual oleh petugas registrasi tetapi kode administrasi, bulan dan tahun surat tetap otomatis. Kedua di statistik, tidak ada lagi penyimpanan data harian. Jadi perubahan statistik bisa dilihat setiap saat. Kelemahan dari metode ini, petugas registrasi tidak lagi memiliki data beberapa hari atau bulan lalu sehingga harus rajin mencetak/menyimpan data. Keuntungannya, tidak memberatkan komputer berspesifikasi komputer rendah, lama waktu membuka aplikasi lebih cepat, dan perubahan statistik setelah pelayanan bisa langsung dilihat tanpa menunggu hari berikutnya. Kami menerima saran dari petugas registrasi yang memiliki ide untuk perbaikan aplikasi. Terima kasih.

Desa Hargotirto, berkata :
@admin : Statistik jumlah penduduk kami telah kembali dalam import basis data terbaru pada 28/12/2016, terima kasih

Desa Hargotirto, berkata :
To Admin : ketika saya membuka menu statistik>>dalam angka penduduk>>kategori statistik>>jenis kelamin,terdapat perbedaan jumlah yang cukup signifikan saat saya masukan tanggal yang berbeda. Kondisi pertama saya masukan tanggal 30/11/2016 maka jumlah penduduk kami 7277, tapi ketika kami masukan tanggal 21/12/2016 maka angka yang kami dapat adalah 6499, dengan kata lain penduduk kami berkurang 700 lebih dalam waktu 21 hari. Apakah ada yang salah dengan aplikasi atau perangkat kami? Mohon penjelasannya, terima kasih.

admin, berkata :
@ AGUNG KURNIAWAN: Silakan ajukan surat permohonan kepada Kepala Biro Tapem Setda DIY yang intinya mengajukan untuk memperoleh akses penarikan database kependudukan secara online. Ditandatangani kepala desa dan cap desa, lalu discan dan kirimkan via email saja: rotapemdiy.kependudukan@gmail.com. Setelah surat sampai, akses akan kami buka untuk desa Anda.

AGUNG KURNIAWAN, berkata :
siang Pak,,,saya sudah daftar import basis data online. lalu bagaimana selanjutnya pak?

admin, berkata :
@kalitirto: Statistik apa yang nol? jumlah penduduk, keluarga, dan wajib KTP-kah atau jumlah penduduk pindah/datang. Kalau semuanya nol, mungkin bermasalah pada pendefinisian alamat dan dusun. Bisa juga Anda salah memasukkan tanggal. Karena prinsip statistik di Laminduk, hari ini Anda bisa melihat statistik kemarin sampai tanggal pertama kali aplikasi di install.

<<< Selengkapnya >>>

GPS dan Google Map
Koordinat Kantor Pemerintahan


Forum Tanya Jawab

Ruang bagi Anda untuk bertanya seputar penyelenggaraan adminduk

Formulir Pertanyaan

Silakan login atau daftar untuk mengirim pertanyaan


data ditemukan sekitar 30 pertanyaan.
LOKASI KEJADIAN : NGAGLIK, SLEMAN
Mohon bantuannya, mengapa nomor NIK saya berbeda antara yang di KK dan eKTP, begitu juga dengan NIK anak saya ketika kami cek keluar dengan nama yang berbeda. Mohon sarannya, terima kasih
Ditanyakan oleh:

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA
Selamat malam, guna untuk mencari lokasi yang tepat untuk penelitian, saya mau menanyakan program DBKS yang sudah terlaksana dan masih aktif namun tingat kekerasan dalam rumah tanggannya (KDRT) masih tinggi didaerah mana ya? Terimaksih sebelumnya.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Pelaksanaan program DBKS bisa Anda tanyakan langsung ke Kanwil Kementerian Agama DIY. Mohon maaf kami tidak memiliki kapasitas untuk menjawab pertanyaan Anda.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : PRAMBANAN, SLEMAN
selamat siang, guna kelengkapan tugas saya ingin bertanya tentang desa sambirejo (candi ijo&tebing breksi).
sebagai daerah wisata desa sambirejo tersebut di kelola oleh siapa?
pemerintah atau warga sekitar? kontribusi nya seperti apa?
sistem pengelolaan candi ijo seperti apa?
apa bisa di jelaskan, karena saya sudah mencari informasi di internet tetapi tidak di temukan,
terima kasih sebelum nya....
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Kami tidak memiliki kapastitas untuk menjawab. Silakan mendatangi atau menghubungi Pemerintah Desa sambirejo utuk mendapatkan penjelasan tersebut.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : PRAMBANAN, SLEMAN
selamat siang, saya ingin menanyakan tentang data penduduk berdasarkan jenis matapencarian itu jumlahnya berbeda dengan jumlah total penduduk, apakah benar selisih itu adalah besaran penduduk yang tidak bermatapencarian? kemudian pengertian semester 1 itu dihitung dari bulan apa hingga bulan apa? dan dimanakah saya dapat menemukan jumlah penduduk datang, pergi, lahir, dan meninggal dunia dalam satu tahun? terimakasih sudah berkenan menjawab
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Selamat malam. Jumlah penduduk menurut jenis pekerjaan hanya mengklasifikasi/mengelompokkan penduduk yang berkategori angkatan kerja. Sehingga total angka di tabel tersebut adalah penduduk yang berusia 15 tahun ke atas. Yang 15 tahun ke bawah tidak diperhitungkan karena bukan angkatan kerja/belum produktif. Semester 1 biasa disebut periode tengah tahun untuk memotret data penduduk pada posisi 30 Juni. Sedangkan semester 2 biasa disebut periode akhir tahun untuk memotret data penduduk pada posisi 30 Desember. Penduduk datang dan pergi per kabupaten/kota, kami memiliki datanya. Data kelahiran juga ada tetapi sumbernya dari Dinas Kesehatan DIY. namun data jumlah penduduk meninggal kami tidak memiliki karena kesulitan menghimpun informasi. Jika memerlukan data sebagaimana dimaksud di atas, silakan email ke rotapemdiy.kependudukan@gmail.com. Terkait analisis kependudukan yang mungkin bisa membantu memenuhi kebutuhan Anda, kami sediakan e-book yang bisa diunduh di menu publikasi.





Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : WIROBRAJAN, KOTA YOGYAKARTA
Mau menanyakan mengenai no kk sy apakah sudah divalidasi krn saya mau melakukan pendaftaran online bpjs tp tidak bisa dikarenakan data/no KK tidak ditemukan..mohon jawabnya..terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
No KK anda tidak ada masalah, terdata aktif dan tunggal di Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta. Anda dan istri juga sudah tercatat telah perekaman biometrik. Pada kasus seperti yang Anda alami, ada baiknya mengurus langsung ke kantor BPJS sehingga mendapatkan penjelasan langsung dari petugas.

Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, SLEMAN
Selamat pagi..saya mau menanyakan tentang KTP el istri saya yang NIK nya berbeda dengan NIK ktp lama yang belum Elektronik, padahal data yang di KK sudah sesuai dengan data yang di KTP lama, apakah bisa mengganti NIK di ktp Elektroniknya? Terimakasih saya ucapkan atas tanggapannya.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Seperti yang sudah kami sampaikan untuk pertanyaan serupa, NIK yang telah dipakai perekaman biometrik tidak dapat diganti/diubah dengan alasan apa pun. Maka NIk tersebut melekat pada data setiap penduduk seumur hidup dan tersimpan di database Nasional. Kalau NIK di KTP istri Anda berbeda dengan NIK yang tertulis di kartu keluarga (KK), Anda dapat mengajukan permohonan pencetakan KK baru, didahului dengan permintaan surat pengantar dari RT, RW/dusun, dan desa/kelurahah, lalu berkas permohonan diajukan ke kecamatan. Bila NIK lama sudah dipakai untuk mengurus rekening bank, BPJS, perpajakan, data kepegawaian, dan pelayanan publik lainnya, kami berharap istri Anda secara bertahap mengajukan pembaruan data NIK di instansi-instansi tersebut sebelum terjadi masalah administrasi dikemudian hari.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DEPOK, KOTA YOGYAKARTA
apakah bisa mengecek KK dengan nik e ktp.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Mohon maaf, untuk perorangan dan /atau melalui web ini, kami tidak bisa memberikan informasi KK kepada pemohon dengan alasan perlindungan data penduduk.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : NGAMPILAN, KOTA YOGYAKARTA
Data kependudukan khusus kelurahan ngampilan ada tidak ? yang remaja saja. terimakasih
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Silakan lihat di menu statistik. Disitu ada opsi-opsinya (pilihan tahun/periode, jenis data, pilih menurut apa,serta pilih kabupaten/kota dan kecamatan). Kalau mencari jumlah remaja harus jelas dulu umur remaja menurut Anda usia berapa sampai berapa. Nanti di kolom pilih menurut, klik kelompok umur, lalu pilih usia per 5 tahun atau usia sekolah. Kalau kolom kecamatan dipilih, tabel yang keluar adalah data yang terpilah per desa/kelurahan. Jika mau diunduh, Anda harus mendaftar dulu ditombol daftar (terletak di kiri atas tabel statistik). Silakan mencoba.





Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL
Selamat Siang, Mohon bantuan kami dari Desa Monggol Kecamataan Saptosari Kabupaten Gunungkidul instalasi Laminduk setelah kami dulu menggunakan SIAK yang versi lama, mohon bantuan untuk Username dan Password untuk Laminduk.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Sudah terselesaikan setelah yang bersangkutan menghubungi administrator Laminduk.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA
pak saya mau tanya ngurus akta lahir anak lahir diluar Jogja itu gmn y. ma masukin ke kk nya gmn ya. saya ktp baciro gondokusuman
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Setelah UU Nomor 24 Tahun 2013 berlaku, asas pencatatan akta kelahiran adalah domisili. Artinya akta kelahiran anak Anda dicatatkan dan diterbitkan oleh Dinas Dukcapil tempat domosili orangtua/walinya. Jadi jika Anda dan istri ber-KTP di Kec Gondokusuman Kota Yogyakarta, akta kelahiran anak cukup dibuat di Dinas Dukcapil Yogyakarta meskipun anak Anda lahir di luar Yogya. Nanti di dalam akta akan tertulis tempat lahir adalah Kab Wonosobo. Prosedurnya, membawa surat keterangan kelahiran dari RS/puskemas di Wonosobo beserta KK dan buku nikah/akta perkawinan, kemudian diurus di kelurahan dan kecamatan agar identitas anak Anda dimasukkan dulu ke dalam KK Anda (supaya mendapatkan NIK). Setelah itu urus akta kelahiran di Dinas Dukcapil Yogyakarta.




jabal firdaus arifin, berkata :
untuk identitas saksi2 apakah diperlukan

jabal firdaus arifin, berkata :
apabila diwakilkan oleh orang tua bisakah, perlu surat kuasakah


Admin Kependudukan, berkata :
Tanda Identitas dua saksi pelaporan masih diperlukan pada waktu membuat surat keterangan kelahiran di desa/kelurahan. Kemudian pada waktu mengajukan di Dinas Dukcapil, fotokopi KTP kedua saksi disertakan tetapi orangnya tidak perlu dihadirkan. Untuk pengurusan permohonan akta kelahiran melalui orang lain (bukan orangtua anak) pakai surat kuasa.
Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : DANUREJAN, KOTA YOGYAKARTA
Saya (berdomisili Medan) bersama 2 teman saya (berdomisili Balikpapan) sudah 2 kali mendatangi kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta, tepatnya Jumat (21/10/26) dan Senin (24/10/16) utk melakukan konfirmasi apakah kami bisa dibantu melakukan perekaman data E-KTP diluar domisili kami. Ternyata penjelasan yg kami peroleh dari petugas pelayanan E-KTP kantor dinas setempat, mengatakan bisa melakukan perekaman, hanya saja saat ini server dari pusat sedang "offline". Petugas juga bilang kalau "offline" dari server pusat memang memakan waktu yg lama.

1. Mohon bantuan dan kejelasannya, apakah memang server pusat bisa "offline" dlm waktu yg cukup lama?
2. Mohon pencerahannya, apakah ada hari dan jam tertentu kami (yg diluar domisili) ini bisa dibantu/dilayani rekam data E-KTP saat server pusat "online"?
3. Apakah syarat yg perlu kami bawa utk bisa dibantu rekam data hanya fotokopi KK (domisili) dan KTP (lama)?

Terima kasih perhatiannya, maturnuwun..
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Maaf, baru kami tanggapi. Kami jawab sesuai nomor urut pertanyaan Anda.

1. Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta melayani perekaman biometrik untuk penduduk luar domisili, tetapi pencetakannya tidak karena keterbatasan blangko. Perekaman untuk penduduk luar domisili sangat tergantung dengan koneksi jaringan di Pusat (kemendagri) karena server data penduduk se-Indonesia ada disana. Berbeda dengan perekaman untuk penduduk setempat/domisili yang server tampungannya ada di dinas sehingga tetap bisa perekaman sekalipun jaringan konsolidasi sedang offline. Benar bahwa saat ini jaringan dan server pusat sering offline (bahkan bisa lebih dari sehari) dan kurang stabil yang mengakibatkan pelayanan perekaman untuk penduduk luar domisili terhambat. 2 Dinas dukcapil kab/kota pun tidak tahu kapan jaringan sedang off atau on. Sarana kami, telepon dulu dinas dukcapil kab/kota untuk memastikan bisa tidaknya perekaman sebelum datang ke sana. 3. Iya, hanya perlu fotokopi KK dan KTP lama. Kembali kasih.





Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : WONOSARI, GUNUNGKIDUL
Kami Pemdes Wonosari Kec Wonosari ingin melakukan updating database kependudukan di aplikasi SIAK, mohon untuk di dampingi mengenai prosedur permohonan database kependudukan di desa kami.
terima kasih.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Sudah dijawab di forum komunikasi petugas registrasi desa.





Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA
Selamat Malam. Saya mengalami kerusakan E-KTP, yang mana alamatnya masih di kota asal saya, bengkulu.
Bisakah saya mengganti E KTP saya di dinas kependudukan Jogja ?
Jika bisa, tolong diberitahukan syarat dan lokasi pembuatannya dimana.
Terima kasih.
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Kemendagri memang sudah memberikan instruksi kepada pemerintah kab/kota melalui Dinas Dukcapil untuk melayani pencetakan KTP-el bagi penduduk luar domisili seperti Anda. Namun karena keterbatasan blangko yang diterima oleh daerah, pencetakan KTP-el bagi penduduk luar domisili untuk sementara tidak bisa dilakukan oleh Dinas Dukcapil kab/kota se-DIY.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA
Berapakah jumlah mahasiswa di Jogjakarta tahun 2016?
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Maaf, data tersebut tidak tersedia. Mungkin lebih tepat bila ditanyakan kepada Dinas Pendidikan.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
LOKASI KEJADIAN : BANGUNTAPAN, BANTUL
Saya mau tanya saya sdh perekaman di dinas tp pas mau di ambil di kecamatan di nama saya tertera tulisan bio . itu sbenrnya ektp gagal cetak atau mmang blm trdstribusi ke kecamatan . lantas kalo mmg gagal solusinya hrus gmn . kalo melakukan perekaman ulang saya tktnya data mnjadi ganda . suwun mohon respon cepatnya
Ditanyakan oleh:



Jawaban :
Bio itu istilah dalam status perekaman biometrik, kependekan dari biocaptured. Kalau benar itu yang dimaksud, berarti data biometrik perekaman masih dalam proses pengiriman ke Pusat untuk selanjutnya dilakukan penunggalan data di database nasional. Untuk status seperti itu, biasanya tidak perlu perekaman ulang. Perekaman ulang dilakukan jika saat perekaman pertama terjadi kesalahan pemindaian biometrik dan kegagalan perangkat menyimpan data biometrik penduduk. Tapi jika ingin mengetahui kenapa masih berstatus biocaptured, silakan konfirmasi ke dinas dukcapil (bukan ke kecamatan) untuk mendapatkan penjelasan secara lebih lengkap. Termasuk kalaupun gagal cetak (sepanjang tidak diakibatkan oleh duplikasi karena pernah perekaman di tempat lain) Anda pasti akan diarahkan untuk melakukan perekaman ulang oleh petugas di dinas. Ada baiknya untuk sekadar menanyakan status KTP-el Anda, lakukan via telepon dahulu. Kalau tidak bisa terhubung atau diharuskan hadir, baru datang ke dinas.



Silakan login atau daftar untuk mengirim komentar anda
Maksimal Halaman (2) : 1 2 Next >>