Cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) Daerah Istimewa Yogyakarta
Smiley face
INFORMASI SEPUTAR
KEPENDUDUKAN
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
☰ Menu
× Home Statistik Cek Nik Cek No KK Produk Hukum Data Penduduk Tanya Jawab Pubikasi Laporan Semester Laporan Bulanan LAMINDUK Info Galeri Wilayah Cek KTP Cek KIA

Cek NIK Penduduk D.I. Yogyakarta


Tiga ditambah Empat = (angka desimal)


Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

data ditemukan sekitar 1506 komentar.

Catatan:
- Untuk nomor yang lebih dari 5 digit akan diubah menjadi (number) untuk menjaga kerahasiaan.
- Hanya admin yang dapat melihat isi dari (number).

ada yang mau sya tanyakan.febuari kemarin tanpa saya tau kk di pisah,bagai mana saya bisa mendapat kan KK pisahanya. saya nggak tau caranya.mohon bantuan nya.


@ febriana Nur Hidayah: Data yang diambil BPJS Ketenagakerjaan kemungkinan diambil dari database nasional yang saat itu belum diperbarui setelah Anda melakukan konfirmasi ke Kecamatan/Dinas Dukcapil terkait kesalahan jenis kelamin. Sebaiknya segera meminta kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbaiki kesalahan database mereka terkait data jenis kelamin Anda. Bila diperlukan, Anda bisa meminta surat keterangan dari Dinas Dukcapil sebagai bukti atas perbaikan atas elemen data Anda. Sekadar informasi, KTP non-elektronik sudah tidak berlaku sehingga dinyatakan tidak sah sebagai bukti identitas penduduk. Bila penduduk sudah perekaman biometrik tetapi belum menerima (belum jadi) KTP-el, Dinas Dukcapil akan memberikan Surat Keterangan pengganti KTP-el yang berlaku selama 6 bulan. Surat keterangan ini bisa dipakai untuk mengurus pelayanan publik selama KTP-el belum terbit.


saya ingin menanyakan. Dulu saya sudah mengikuti perekaman eKTP massal, dan ketika kartunya sudah jadi dikolom jenis kelamin salah harusnya perempuan tapi dikartu ektp tertulis laki-laki dan waktu itu butuh sekali KTP untuk mengurus rek bank saya di buatkan KTP baru (bukan kartu eKTP tapi kartu KTP versi sebelumnya) dengan jenis kelamin yang sudah d ganti menjadi perempuan..
kemudian KTP itu saya gunakan untuk mengurus bbrp keperluan lainnya.. Nah sewaktu saya mengecek data untuk BPJS Ketenagakerjaan, data saya salah dikolom jenis kelamin Laki-Laki, katanya itu datanya otomatis mengambil dari NIK saya.. Jadi apakah itu kesalahan dari data saya atau bagaimana? karena di KK data saya benar jenis kelamin Perempuan dan saya cek NIK disini data saya benar P.. mohon informasinya. terimakasih


@Dian: Pasangan suami istri yang telah menikah dan hidup dalam satu rumah dianjurkan untuk membuat KK baru tanpa menunggu kelahiran anak. Sehingga ketika anak lahir, si suami istri tinggal memperbarui KK dengan kehadiran anggota keluarga baru Namun bila karena alasan pekerjaan, perbedaan tempat tinggal, atau alasan lain yang menyebabkan pasangan suami istri tersebut masih terpisah KK-nya, tentu Dinas Dukcapil juga tidak bisa memaksa. Ada pula pasangan suami istri yang baru membuat KK setelah anak mereka lahir dan itu diperbolehkan. tetapi tentu saja prosesnya akan lebih panjang karena si suami istri harus mengurus proses pindah datang dulu untuk mendapatkan KK baru dan setelah itu memasukkan biodata anak ke KK.


@ Agung Chandra Kusuma: Mohon ditanyakan langsung ke Kec. Banguntapan. Sebelum mendatangi kantor kecamatan, lebih baik telepon ke kantor Kec. Banguntapan terlebih dahulu mengenai sudah jadi belumnya KTP-el Anda. Namun kemungkinan besar KTP-el Anda belum jadi karena saat ini seluruh Dinas Dukcapil se-Indonesia kehabisan blangko. Distribusi blangko dari Pusat baru akan dilakukan paling cepat pada Januari 2017. Sebagai pengganti KTP-el, untuk sementara Dinas Dukcapil mencetak Surat Keterangan yang fungsinya sama dengan KTP-el dan berlaku selama 3 bulan.


Saya mau menanyakan apakah pembuatan KK yang baru setelah menikah itu bisa sekalian pada saat setelah melahirkan sehingga pembuatan KK baru sudah sekaligus mencantumkan nama anak. Atau haruskah membuat KK baru yg hanya tercantum suami istri dulu? Setelah melahirkan baru memperbarui KK dg penambahan nama anak? Terimakasih.


Selamat Pagi Pak/Bu, saya mau tanya e ktp saya sudah jadi belum?
saya proses pindah dari piyungan ke banguntapan.
no nik saya (number).
Terimakasih Pak/Bu


@Bejo: Rumus angka di NIK, digit 1-6 merupakan kode administrasi pemerintahan suatu daerah. Digit 1 dan 2 adalah kode provinsi, digit 3 dan 4 kode kabupaten/kota, dan digit 5 dan 6 kode kecamatan. Kode administrasi setiap daerah (bahkan sampai level desa/kelurahan) se-Indonesia bisa Anda temukan di website kemendagri.go.id/media/documents/2015/02/25/l/a/lampiran_i.pdf


untik keterangan wilayah digit ke 3 dan 4, 5 dan 6 itu bisa dilihat dimana min?


@ Anjar Arnovita Cahyandharu: NO KK (number) terdata aktif di Dinas Dukcapil Gunungkidul, terdiri dari Pramuji Raharjo dan Sugiyah. Keduanya telah perekaman biometrik KTP-el.


Saya ingin menanyakan tentang Nomor KK baru, atas nama Pramuji (mojosari, jetis, saptosari G.Kidul no KK 340.315.270.(number)), karena no kk yang sekarang tidak bisa digunakan untuk mendaftarkan BPJS, sedangkan untuk NIK dari anggota kk bisa dicek melalui On Line. terimakasih


@ Dwi Ratriningsih: Selamat sore ibu. Pada prinsipnya penggantian NIK tidak bisa karena NIK yang telah digunakan untuk perekaman melekat pada penduduk seumur hidup. Sehingga data suami ibu di jamsostek, bpjs, rekening bank, atau sertifikat/dokumen lainnyalah yang harus diurus agar disesuaikan dengan NIK baru. Tetapi jika suami ibu bersikikuh ingin mengganti NIK dengan alasan apapun, silakan datang ke dinas dukcapil sleman untuk meminta bantuan. Sebagai informasi, proses permohonan penggantian NIK dilakukan dinas dukcapil kab/kota (tempat penduuk berdomisili) kepada Kemendagri dan persetujuan atas permohonan tersebut tergantung Kemendagri. Artinya tidak ada jaminan bahwa proses permohonan itu akan disetujui. Sampai sekarang sudah ada ribuan orang di DIY yang menghendaki penggantian NIK namun belum memperoleh persetujuan.


Selamat siang pak. Nama saya Dwi Ratriningsih Nik:(number) sleman yogyakartaNo.wa (number) Begini pak. Suami saya kan ktp sleman. Namun kerjanya di sulawesi. Dulu tahun 2011 beli motor di sulawesi dan harus ktp sulawesi. Sama petugasnya dibuatkan ktp sulawesi. Jadi punya 2 ktp dengan nomer nik yg berbeda.Namun dulu waktu disuruh rekam e ktp,suami saya rekam disulawesi dengan menggunakan nomer nik yg disulawesi.Tapi bagaimana ya pak, apa bisa dirubah dengan ktp dengan nomer nik yang di jogja. Karena mengingat sangat dan lebih penting nomer nik ktp sleman.Karena dari jamsostek,bpjs,sertifikat,rekening bank menggunakan ktp sleman tersebut.


@Yacobus Ngadiyana: KTP-el berlaku seumur hidup. KTP-el diganti jika hilang, rusak, atau terjadi perubahan elemen data penduduk (misalnya dari belum menikah menjadi menikah, perubahan alamat, pekerjaan, perubahan gelar, dan perubahan nama). Meskipun di KTP-el Anda masih tertulis tanggal masa berlaku, KTP-el tetap dinyatakan berlaku seumur hidup sepanjang tidak ada kondisi seperti yang kami sampaikan di atas. Perlu kami informasikan, KTP-el yang masih mencantumkan tanggal masa berlaku dicetak pada saat UU Nomor 24 Tahun 2013 belum disahkan. Setelah UU tersebut disahkan, maka seluruh KTP-el yang dibuat sebelum maupun setelah adanya UU baru dianggap berlaku seumur hidup. Kebijakan KTP-el berlaku seumur hidup ditegaskan Kemendagri dengan SE Mendagri Nomor 470/295/SJ dan SE Mendagri Nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016 yang ditujukan kepada Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian serta Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia agar disampaikan kepada publik (lembaga maupun perorangan) di wilayah kerja masing-masing.


KTB saya akan berakhir 07-01-2017 perlu perpanjangan atau yang saya pegang sekarang masih berlaku....? terima kasih informasinya


@ Akke Septa Laksana Putri: Status wilayah Yogyakarta bukan Kabupaten tetapi Kota dengan kode wilayah 71. Kecamatan Danurejan=04, Kelurahan Tegalpanggung=1002. Semoga urusan Anda di Balikota cepat Selesai.


@Media Kurniawati: KTP-el berlaku seumur hidup. KTP-el diganti jika hilang, rusak, atau terjadi perubahan elemen data penduduk (misalnya dari belum menikah menjadi menikah, perubahan alamat, pekerjaan, perubahan gelar, dan perubahan nama). Meskipun di KTP-el Anda masih tertulis tanggal masa berlaku, KTP-el tetap dinyatakan berlaku seumur hidup sepanjang tidak ada kondisi seperti yang kami sampaikan di atas. Perlu kami informasikan, KTP-el yang masih mencantumkan tanggal masa berlaku dicetak pada saat UU Nomor 24 Tahun 2013 belum disahkan. Setelah UU tersebut disahkan, maka seluruh KTP-el yang dibuat sebelum maupun setelah adanya UU baru dianggap berlaku seumur hidup. Kebijakan KTP-el berlaku seumur hidup ditegaskan Kemendagri dengan SE Mendagri Nomor 470/295/SJ dan SE Mendagri Nomor 470/296/SJ tenggal 29 Januari 2016 yang ditujukan kepada Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian serta Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.


Kode provinsi yogya kan 34 nah kode kabupatennya yogyakarta brp ya sm kode kecamatan Danurejan? Tegal panggung makasih. Soalnya saya butuh NIK . Ktp saya masih di balkot msh nunggu ttd gt


Selamat malam, saya mau bertanya, ktp saya kan sudah e-ktp dan disana masa berlajunya masih tertulis ada jangka waktu. Nah, kalau saya mau perpanjang e-ktp nya bisa atau tidak ? Kan ini saya ada tugas belajar disalah satu syarat dokumennya ktp harus min berakhir desember 2017, ktp saya sampai oktober 2017, disitu saya harus perpanjang. Bisa atau tidak ya kalau diperpanjang?


@Syugeng Fitrianto: Bisa asalkan NIK yang dimasukkan adalah penduduk aktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan lupa jawab pertanyaannya dengan angka. Kalau penduduknya sudah pindah atau meninggal ya tidak akan muncul.


menu cek nik kok g bisa ya


@Bayu: Seharusnya bila pada waktu itu proses pindah istri Anda sesuai prosedur, data kependudukannya di Kota Semarang sudah tidak ada lagi dan tidak akan diundang untuk mengikuti perekaman biometrik KTP-el. Tapi faktanya istri Anda masih diudang dan menanggapi undangan perekaman di domisili lama. Pada kesempatan ini kami tidak dalam posisi mengevaluasi kasus Anda dan menjustifikasi siapa yang salah atau benar. Namun kami akan memberikan masukan agar masalah administrasi kependudukan istri Anda segera selesai.
Perlu diketahui, NIK penduduk tidak akan berubah selamanya sekali pun yang bersangkutan pindah domisili atau bahkan telah meninggal. Selain itu perekaman biometrik dilakukan sekali ditempat domisili. Sehingga ketika penduduk pindah domisili, yang bersangkutan tidak perlu perekaman lagi (kecuali faktor tertentu, misalnya perekaman awal gagal dan perubahan tanda tangan atau foto wajah) karena sudah tersimpan di database nasional.
Solusi pada kasus istri Anda dapat diselesaikan dengan cara mendatangi Dinas Dukcapil Sleman dengan membawa bukti KK dan surat keterangan pindah untuk memudahkan verifikasi. Jika SK pindah sudah tidak ada mungkin petugas masih bisa melacak nomor pindah istri Anda di database. Setelah SK pindah istri Anda dinyatakan sesuai prosedur, Dinas Dukcapil akan menghubungi Dinas Dukcapil Kota Semarang untuk menghapus data kependudukan Istri Anda sebelum mencetakkan KTP-el sesuai alamat KK di Sleman (NIK di KTP-el tetap dari daerah asal ya, bukan NIK baru). Semoga terjawab.


Selamat siang, saya bermaksud mencari informasi tentang E-KTP. Kasusnya begini, Saya domisili Sleman, istri saya Semarang. Menikah 2011 dan langsung mengurus pindah domisili ke Sleman. KK dan KTP Sleman kami terbit 2012. Lalu saya mendapat undangan pendataan E-KTP di Kecamatan tempat kami domisili. Tetapi istri dapat undangan pendataan E-KTP di Semarang. Saat kami bertanya petugas E-KTP di Kecamatan (Kota Semarang), katanya data secara sistem akan berubah, dan E-KTP akan jadi sesuai data baru. Ternyata kenyataannya lain, E-KTP istri saya tetap domisili Semarang (NIK E-KTP tersebut sama dengan KTP Sleman). Solusinya seperti apa? Terima kasih


@ Imanuel Penta Yudha: Maaf, baru kami tanggapi. Saat Anda dan istri perekaman tiga tahun lalu, kewenangan pencetakan KTP-el ada di Pusat (Kemendagri) dan daerah hanya menerima dan mendistribusikan. Kebetulan pada saat itu, KTP Anda belum jadi. Saat ini kewenangan pencetakan KTP-el ada di Dinas Dukcapil Kab/Kota sehingga Anda bisa lebih mudah mengurus KTP-el. Kami sarankan Anda konfirmasi langsung Dinas Dukcapil (jangan ke kecamatan) agar mendapatkan penjelasan secara lengkap. Sehingga jika ada masalah terhadap perekaman biometrik yang menyebabkan pencetakan KTP-el Anda tertunda, hal itu bisa segera diatasi, misalnya dengan perekaman ulang. Sebagai informasi, blangko KTP-el di daerah untuk saat ini habis karena belum ada pengiriman lagi dari Kemendagri (diperkirakan distribusi ke daerah akan dimulai lagi pada Januari 2017). Maka Dinas Dukcapil akan mengeluarkan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP-el untuk sementara waktu. Surat keterangan ini bisa dipakai untuk mengurus pelayanan publik.


selamat siang, Saya hendak tanya tentang e KTP, Saya sudah melakukan rekam data dan KTP istri Saya sudah Jadi sedangkan KTP Saya belum juga dicetak padahal sudah hampir TIGA TAHUN lamanya, Saya sudah sering ke kecamatan tapi tetap belum jadi, sampai alat cetaknya dipindah di balai Kota, padahal KTP kertas Saya sudah tidak berlaku lagi. Mohon solusinya, TERIMA KASIH BANYAK


@Nuryanta: KTP kertas sudah tidak berlaku dan tidak bisa dipakai untuk mengurus seluruh pelayanan publik. Kalau masih memegang KTP kertas, lebih baik disimpan atau dibuang saja. Penduduk yang sudah berstatus wajib KTP (berusia di atas 17 tahun atau pernah menikah) wajib melakukan perekaman biometrik dan setelahnya negara wajib memberikan KTP-el sebagai bukti resmi identitas penduduk. Anda sudah perekaman biometrik atau belum? Jika sudah perekaman tapi belum menerima KTP-el, silakan menanyakan alasannya ke dinas dukcapil kab/kota tempat Anda berdomisili. Jika belum perekaman, otomatis Anda tidak akan mendapatkan KTP-el.


pak admin mau tanya cara cek apakah ktp saya sudah terdaftar di e-ktp gimana ya pak? soalnya ktp saya masih seperti yang dulu masih kertas.. klo sekarang udah beda.. trima kasih


@Katidjo: NIK yang benar pasti berjumlah 16 digit dan di KTP-el ditulis tanpa jeda titik. KTP yang terbit sebelum elektronik ada yang tertulis dengan jeda titik namun tetap 16 digit. Selain itu sebagai nomor identitas penduduk yang unik/khas, NIK setiap penduduk pasti berbeda. Untuk memudahkan cara memahami NIK, kita ambil contoh penduduk dengan NIK (number), dapat diartikan bahwa si penduduk mendapatkan NIK di provinsi 34, di kabupaten 04, di kecamatan 12, terdaftar di dinas dukcapil dengan tanggal lahir 13, bulan 02, tahun 83, dan pada waktu pembuatan NIK si penduduk mendapat nomor urut 0003. Untuk penduduk berjenis kelamin perempuan, pada tanggal lahir ditambah 40, misalnya tanggal lahir 13 maka NIK pada digit tanggal lahir tertulis 53, sedangkan pada bulan dan tahun lahir tetap. Anda harus memahami pula kebijakan Kemendagri terkait NIK yaitu NIK tidak bisa berubah meskipun tanggal lahir yang bersangkutan berubah/dimohonkan perubahan dengan alasan apapun. Selain itu NIK tidak akan berubah sekalipun yang bersangkutan pindah domisili.


@Bambang Sutrisno: Yang Anda pahami sebagai Nomor KTP sebenarnya adalah NIK. Orang sering membedakan Nomor KTP dan NIK, padahal keduanya sama saja. Kami sarankan Anda tidak lagi menggunakan istilah Nomor KTP, tapi NIK. Terkait hak akses pencarian berdasar nama dan tanggal lahir, mohon maaf kami tidak dapat memberikan kepada perorangan. Untuk lembaga/instansi yang kami beri hak akses ini pun harus melalui perjanjian kerja sama (PKS) dan izin dari Gubernur.


@Bustam:Prinsipnya, jika ada dua biodata yang menerangkan orang yang sama di dua tempat domisili (kab/kota) berbeda, salah satunya pasti data ganda/tidak sah. Dari dua biodata tersebut, yang dianggap benar/sah adalah yang NIK-nya sesuai dengan NIK di KTP-el.


Selamat pagi. Kalau mencari berdasarkan nama, tanggal lahir dan no ktp (bukan nik) bagaimana caranya Pak. Mohon infonya dikirim ke email saya Pak. Terima kasih


bagaimana cara cek data kependudukan saya yg sebenarnya krn data saya masih ada di desa asal saya pada hal di KTP dan KK saya beralamat di alamat asal istri


@Arif Wibowo: Hahaha, maaf mas kami tidak memiliki fotokopi KTP Anda. Jika Anda penduduk kabupaten/kota di DIY, silakan segera membuat KTP-el yang baru saja di Dinas Dukcapil kab/kota domisili. Jika bukan penduduk DIY, bisa langsung ke Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota terdekat dengam membawa surat laporan kehilangan dari Polsek dan fotokopi kartu keluarga. Selama blangko tersedia, bisa dicetakkan lagi oleh petugas meskipun harus menunggu beberapa hari.


Mhn di beri copy e-ktp krn ktp yg asli hilang


@Yusuf: Tinggal masukkan NIK saja, nanti akan keluar nama lengkap dan kab, kec, serta kelurahan/desa tempat ada berdomisii. Tapi fasilitas ini hanya untuk penduduk di kabupaten/kota se-DIY. Kalau penduduk luar DIY tidak bisa.


cara cek NIK bagamana nggih..?


@Sapta Budiono: Penjelasan untuk pertanyaan Anda kami sampaikan dalam bentuk contoh kasus sebagai berikut: Anda terdata di Kabupaten Sleman dan Klaten (di dua kab/kota ini Anda belum perekaman biometrik). Lalu Anda menganggap data yang benar sesuai kondisi sekarang adalah yang di Sleman. Maka Anda akan diminta untuk mengurus pencabutan/penghapusan biodata di Dinas Dukcapil Klaten. Kemudian Anda silakan datang ke Dinas Dukcapil Sleman untuk perekaman sekaligus pembaruan data.
Lain soal kalau Anda memiliki NIK dobel di satu kabupaten/kota, maka silakan langsung ke Dinas Dukcapil setempat untuk mengklarifikasi mana NIK dan biodata yang Anda angap benar dengan menunjukkan dokumen pendukung sekaligus perekaman.
Lain lagi kalau Anda memiliki 2 NIK tetapi salah satunya sudah digunakan untuk perekaman. Maka NIK yang dianggap benar/sah adalah NIK yang sudah dipakai untuk perekaman. Sedangkan NIK satunya dianggap data ganda/sampah yang akan dihapus oleh dinas dukcapil.


untuk pengurusan nik ganda prosedurnya bagaimana?, terimakasih


@ Sulistyo MDP: NIK tercantum di KTP-el, Kartu keluarga, dan di database kependudukan. NIK juga dipahami sebagian orang sebagai nomor KTP (meskipun sebenarnya salah kaprah). NIK melekat selamanya kepada seseorang sejak dia lahir dan tercatat di database kependudukan. Maka kemanapun penduduk berdomisili di wilayah NKRI, sekalipun ybs. berpindah tempat tinggal, NIK tidak akan pernah berubah.


Apakah NIK yg saya miliki juga NIK E KTP


@Margaretha SUS: Cek NIK tidak ada hubungannya dengan kepemilikan KTP-el, hanya untuk cek awal sudah tercatat di database kependudukan atau belum. KTP-el juga tidak mengenal istilah aktif atau nonaktif. KTP-el yang dikeluarkan pada masa perekaman dan pencetakan massal memang masih mencantumkan masa berlaku kartu. Namun dengan adanya UU 24 Tahun 2013, KTP-el yang terbit sebelum dan setelah UU tersebut keluar dinyatakan berlaku seumur hidup (meskipun di KTP-el Anda masih tertulis tanggal masa berlaku). KTP-el wajib diperbarui/diganti bila ada perubahan atas data kependudukan seseorang misalnya pindah domisili, perubahan status perkawinan, pembaruan foto, perubahan nama, perubahan agama, dan atau perubahan status pekerjaan.


Kalau kita cek NIK e-KTP langsung begitu kita masukan no NIK yang ada di KTP terus muncul nama,NK,L/P,kabupaten,kecamatan dan kelurahan, berarti E-KTP kita sudah diaktifkan ya?apakah kita perlu ke kelurahan atau kecamatan karena masa berlakunya 24 September 2017, setahu saya yang sekarang sudah seumur hidup.Terima kasih


@Ramad Saputra: Penduduk yang telah perekaman biometrik namun KTP-nya belum jadi akan memperoleh surat keterangan. Surat tersebut memiliki fungsi yang sama dengan KTP yakni sebagai bukti sah identitas penduduk dan dapat dipakai untuk mengurus pelayanan publik selama KTP-el Anda belum jadi. Mungkin ada beberapa kecamatan/dinas dukcapil yang tidak langsung mengeluarkan surat keterangan (hanya diberi kartu tanda pengambilan KTP-el) dengan asumsi penduduk bersedia menunggu beberapa hari/minggu. Terhadap situasi tersebut, Jika Anda merasa mendesak untuk memperoleh KTP-el namun belum jadi, segeralah meminta surat keterangan telah perekaman kepada petugas.


maaf untuk kepengurusan npwp itu kan yang di butuhkan harus menggunakan ektp.. tetapi ektp saya kan belum jadi.. apakah saya bisa meminta surat keterangan bahwa sudah melakukan regristrasi dan sudah melakukan pendaftaran ektp.. ke kantor kependudukan dan pencatatan sipil di wilayah saya.. karena saya wilayah gunungkidul... mohon di balas.. terimaksih sebelumnya..


@Iskandar Nasution: Bisa dilakukan dengan cara pembetulan kutipan akta kelahiran serta perbaikan biodata anak di KK. Silakan datang ke dinas dukcapil dengan membawa kartu keluarga, akta kelahiran lama, dan surat keterangan dari RS yang menerangkan si anak lahir di Kota Yogyakarta. Sekadar informasi, kejadian yang Anda alami tidak akan terjadi kalau saja sejak menerima kartu keluarga baru untuk pertama kalinya Anda langsung meminta koreksi. Karena pada saat peristiwa kelahiran dilaporkan, kecamatan akan mencatat biodata anggota keluarga baru di KK Anda (termasuk data tempat lahir anak) dan si anak mendapatkan NIK. Kemudian, baru diterbitkan akta kelahiran di dinas dukcapil setempat dengan berpedoman pada biodata anak di KK. Kalau di KK tertulis lahir di Sleman, di akta pun juga akan tertulis lahir di Sleman.


Mohon informasi admin, pada saat anak saya lahir terrulis di surat lahirnya lahir di yogyakarta tapi pada saat lappr di kelurahan dan kecamatan tertulis lahir di sleman. Begitu juga di akte kelahirannya. Mohon bantuannya untuk saya dapat merubah tempat lahir anak saya


@Rachmawati: Pertanyaan Anda sudah dijawab di forum tanya jawab.


@Darmanta: Benar. KTP-el yang dikeluarkan pada masa perekaman dan pencetakan massal memang masih mencantumkan masa berlaku kartu. Namun dengan adanya UU 24 Tahun 2013, KTP-el yang terbit sebelum dan setelah UU tersebut keluar dinyatakan berlaku seumur hidup (meskipun di KTP-el Anda masih tertulis tanggal masa berlaku). KTP-el wajib diperbarui/diganti bila ada perubahan atas data kependudukan seseorang misalnya pindah domisili, perubahan status perkawinan, pembaruan foto, perubahan nama, perubahan agama, dan atau perubahan status pekerjaan.


bila e-KTP masa berlaku habis perlu perpanjangan/diperbaruhi nggak. kok ada yang bilang masih berlaku untuk seumur hidup, benarkah demikian....


Saya merasa blm mengaktifasi ektp saya tp di cek NIK data2 saya keluar. Apakah saya hrs tetap mengaktifasi ektp? Dan aktifasinya di mana?