Cek NIK e-ktp online Daerah Istimewa Yogyakarta

Created By :
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY
Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Indonesia
Tlp/Fax. (+62) 274-580818

Referer :

Login Pengguna





Login Kabupaten/Kota
:
:



Statistik User
Jumlah User: 1839
Hari Ini
Login: 9
Daftar: 5
Kemarin Minggu
Login: 3
Daftar: 3
Kemarin Sabtu
Login: 3
Daftar: 2
Kemarin Jumat
Login: 8
Daftar: 6
Kemarin Kamis
Login: 2
Daftar: 1
Kemarin Rabu
Login: 13
Daftar: 6
Kemarin Selasa
Login: 10
Daftar: 5
Kemarin Senin
Login: 7
Daftar: 4



Pekerjaan User
Pelajar/Mahasiswa: 1345
Peneliti/Dosen: 54
ASN/TNI/POLRI: 77
Konsultan/NGO: 31
Perangkat Desa: 72
BUMN/BUMD: 22
Marketing: 20
LBH/Advokad: 2
Wiraswasta: 50
Perbankan: 11

Keperluan User
Akademik: 1150
Laporan Kedinasan: 99
Penelitian/Pengkajian: 256
Data Pembanding: 81
Pemetaan Konsumen: 41
Laporan: 138


Kunjungan Bulan ini
Forum komunikasi petugas registrasi Desa/Kelurahan

Sentolo, berkata :
untuk Impor data onlain untuk desa sentolo mulai bulan oktober 2016 kok tidak mengalami perubahan sama sekali ya pak. ada kesalah apa. mohon penjelasan

sidokarto, berkata :
Mau tanya kenapa data penduduk antara siak dengan dukcapil beda (siak 10406 & dukcapil 11845)?? Trims

kebonrejo, berkata :
untuk penambahan data bagi penduduk yg dulu di bekukan dan tidak muncul di data base karena belum e ktp, kemudian sudah di buka, penambahan data lewat apa ya? penduduk datang dalam satu desa, atau pindah? tq

Desa Gari, berkata :
Untuk statistik mohon seperti biasa saja [ masih seperti yang dulu ], jadi otomatis bisa tersimpan tanpa kita perlu menyimpansecara manual atupun mencetaknya. Untuk usulan di buku induk desa harap bisa dipilah menurut padukuhan masing-masing, soalnya untuk saat ini masih campur jadi satu

admin, berkata :
Sekilas info, dalam waktu dekat kami akan merevisi Laminduk. Pertama terkait penomoran surat yang nantinya diisi manual oleh petugas registrasi tetapi kode administrasi, bulan dan tahun surat tetap otomatis. Kedua di statistik, tidak ada lagi penyimpanan data harian. Jadi perubahan statistik bisa dilihat setiap saat. Kelemahan dari metode ini, petugas registrasi tidak lagi memiliki data beberapa hari atau bulan lalu sehingga harus rajin mencetak/menyimpan data. Keuntungannya, tidak memberatkan komputer berspesifikasi komputer rendah, lama waktu membuka aplikasi lebih cepat, dan perubahan statistik setelah pelayanan bisa langsung dilihat tanpa menunggu hari berikutnya. Kami menerima saran dari petugas registrasi yang memiliki ide untuk perbaikan aplikasi. Terima kasih.

Desa Hargotirto, berkata :
@admin : Statistik jumlah penduduk kami telah kembali dalam import basis data terbaru pada 28/12/2016, terima kasih

Desa Hargotirto, berkata :
To Admin : ketika saya membuka menu statistik>>dalam angka penduduk>>kategori statistik>>jenis kelamin,terdapat perbedaan jumlah yang cukup signifikan saat saya masukan tanggal yang berbeda. Kondisi pertama saya masukan tanggal 30/11/2016 maka jumlah penduduk kami 7277, tapi ketika kami masukan tanggal 21/12/2016 maka angka yang kami dapat adalah 6499, dengan kata lain penduduk kami berkurang 700 lebih dalam waktu 21 hari. Apakah ada yang salah dengan aplikasi atau perangkat kami? Mohon penjelasannya, terima kasih.

admin, berkata :
@ AGUNG KURNIAWAN: Silakan ajukan surat permohonan kepada Kepala Biro Tapem Setda DIY yang intinya mengajukan untuk memperoleh akses penarikan database kependudukan secara online. Ditandatangani kepala desa dan cap desa, lalu discan dan kirimkan via email saja: rotapemdiy.kependudukan@gmail.com. Setelah surat sampai, akses akan kami buka untuk desa Anda.

AGUNG KURNIAWAN, berkata :
siang Pak,,,saya sudah daftar import basis data online. lalu bagaimana selanjutnya pak?

admin, berkata :
@kalitirto: Statistik apa yang nol? jumlah penduduk, keluarga, dan wajib KTP-kah atau jumlah penduduk pindah/datang. Kalau semuanya nol, mungkin bermasalah pada pendefinisian alamat dan dusun. Bisa juga Anda salah memasukkan tanggal. Karena prinsip statistik di Laminduk, hari ini Anda bisa melihat statistik kemarin sampai tanggal pertama kali aplikasi di install.

<<< Selengkapnya >>>

GPS dan Google Map
Koordinat Kantor Pemerintahan


Mengagumkan

Cek NIK Penduduk D.I. Yogyakarta


Dua dikurang Enam = (angka desimal)


Silahkan login atau daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

data ditemukan sekitar 73 komentar.

Catatan:
- Untuk nomor yang lebih dari 5 digit akan diubah menjadi (number) untuk menjaga kerahasiaan.
- Hanya admin yang dapat melihat isi dari (number).
( )
@Suharmadi: NIK yang dianggap benar sebagai nomor identitas penduduk adalah NIK yang tertera di KTP-el. Jika terjadi perbedaan antara NIK di KTP-el dengan di dokumen lain, maka NIK di dokumen lainlah yang harus disesuaikan. Di database kependudukan Sleman, istri Anda sudah tercatat menggunakan NIK ***067 (sesuai dengan NIK KTP-el). Untuk itu mohon segera mengurus pembaruan kartu keluarga di kecamatan tempat Anda berdomisili agar tidak terjadi perbedaan NIK lagi yang nantinya bisa menghambat Anda dan keluarga untuk mendapatkan pelayanan publik secara cepat.
( )
No KK (number) nama istri saya Tri Darwati NIK pada KK (number) ....NIK dalam KTP Elektronik (number) setelah kok beda.... mana yang benar dan gimana cara meperbaruhi...ada bisa lewat laporan ini...makasih
( )
@ Edi Susanto: Informasi yang Anda sampaikan sedikit belum jelas, apakah data tidak bisa muncul setelah pihak bank mengecek KTP-el Anda pakai smart card/card reader atau setelah data kependudukan Anda dicek lewat aplikasi khusus dengan memasukkkan NIK. (yang lebih tepat menggunakan istilah NIK, bukan nomor KTP).
Tetapi kami akan menjawab dengan dua kemungkinan. Pertama, data kependudukan Anda tidak muncul karena chip KTP-el tidak terbaca oleh card reader. Kalau yang terjadi seperti itu, ada kemungkinan KTP-el Anda rusak. Silakan ke kecamatan/Dukcapil terdekat untuk mengecek rusak tidaknya KTP-el Anda. Kalau rusak, segera saja mengajukan permohonan penggantian KTP-el. Untuk memastikan kondisi KTP-el istri Anda, perlu juga bantuan card reader.
kemungkinan kedua, biodata kependudukan Anda tidak muncul setelah dicek pihak bank dengan aplikasi yang terhubung dengan data center kependudukan Kemendagri. Jika masalah itu yang terjadi, kami menyarankan pihak bank menghubungi Dinas Dukcapil kab/kota untuk melakukan konfirmasi atas kebenaran data kependudukan si nasabah . Karena untuk kondisi di kemungkinan kedua, bisa terjadi akibat kesalahan sistem, bukan semata-mata ketidakbenaran data penduduk. Kami cek di database, data kependudukan Anda aktif dan telah perekaman berstatus tunggal, begitu pula dengan istri Anda.
( )
Sedikit cerita kronologi yg sy alami... Bulan November 2016 kemarin sy buka rekening di bank BNI, secara umum persyaratan utama pastinya khan KTP... disaat cek nomor KTP inilah sy diberi tahu petugas bank bahwa ada kemungkinan KTP-el sy blm aktif, karena saat di cek data ga bisa muncul. Berhubung data nggak muncul maka ga bisa buka rekening kecuali menyertakan fc KK juga akhirnya persyaratannya menjadi fc KTP + KK...
1. Yg jadi pertanyaan sy knp kok ktp sy blm aktif..?
2. Apakah KTP istri juga demikian..?
Padahal secara fisik sy sudah menerima KTP + KK.
Mohon diberi penjelasan & atas perhatianya sy ucapkan byk terima kasih.
( )
@ Bimo Indra Bayu: kami tidak yakin data yang Anda maksud tersedia. Kecuali kalau beliau atau saudara kandunganya masih hidup, tinggal di Wonosari dan Anda mengenal identitasnya.
( )
@Antonina Yunita Dewi Suryantari: Anda terdafar sebagai penduduk Sleman tetapi belum melakukan perekaman biometrik KTP-el. Silakan perekaman di kecamatan tempat Anda berdomisili sekaligus mengurus permohonan KTP-el. Daripada di kemudian hari Anda akan bermasalah dalam mendapatkan pelayanan publik.
( )
Saya mencoba mengecek NIK saya dan sudah terdaftar. Saya lupa saya sudah melakukan perekaman atau belum. Tahun 2015 saya membuat KTP, tetapi saya tidak ingat apakah pada saat itu saya melakukan perekaman data sidik jari atau tidak. Bagaimana saya tahu apakah saya sudah melakukan perekaman atau belum.
( )
saya nyari data kakek saya di daerah wonosari, apakah disini punya data penduduk dari tahun setelah merdeka?
( )
@ Tri Anggono: Untuk saat ini belum bisa dilakukan secara online karena proses pindah dalam administrasi kependudukan memerlukan verifikasi atas kebenaran permohonan yang bersangkutan dan dilakukan secara berjenjang dari tingkat RT, RW, dusun, kelurahan, kecamatan, dan dinas dukcapil. Jika Anda tidak bisa mengurus sendiri karena keterbatasan waktu dan jarak, bisa diwakilkan saudara atau kerabat yang masih tinggal di sini.
( )
Selamat Pagi, Mohon informasi persyaratan untuk mengurus surat pindah lintas propinsi? Apakah bisa dilakukan secara online? mengingat waktu tempuh sangat jauh. Terimakasih
( )
@ Ida Suri Wulandari: Permohonan untuk memperoleh salinan/kutipan kedua akta kelahiran bisa Anda urus di Dinas Dukcapil tempat akta kelahiran pertama kali diterbitkan dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga, KTP, dan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.
( )
Selamat malam. Saya kehilangan Akta Kelahiran dan saat ini membutuhkan akta tersebut untuk keperluan perpanjangan paspor. Bagaimana caranya untuk mendapatkan salinan akta kembali? Terima kasih.
( )
@Arnolegsa Fanny Maupasha: Jika telah ikut perekaman massal tidak perlu perekaman lagi meski pun Anda telah pindah atau menikah. Silakan mendatangi Dinas Dukcapil atau kecamatan tempat Anda berdomisili sekarang untuk mengurus KTP-el dengan membawa fotokopi KK. Tidak perlu surat pengantar RW/RW, dukuh maupun desa/kelurahan. Sebagai informasi, KTP versi lama (non KTP-el) sudah dinyatakan tidak berlaku untuk pengurusan pelayanan publik. Selain itu bila Anda mengurus KTP-el sekarang, Dinas Dukcapil atau kecamatan masih memberikan surat keterangan pengganti KTP-el yang berlaku selama 3 bulan karena blangko dari Kemendagri belum tersedia dan baru dikirim ke daerah sekitar Februari 2017. Namun fungsi surat keterangan tersebut sama dengan KTP-el sebagi bukti identitas resmi penduduk dan dokumen pendukung saat mengurus pelayanan publik.
( )
NIK saya (number)
( )
mau tanya, dulu saya sempat ikut perekaman massal di gondokusuman, setelah menikah pindah domisili dan ganti ktp biasa, sampai sekarang belum sempat perekaman untuk mendapatkan e ktp, apakah saya harus rekam ulang atau tidak, untuk perekaman e ktp sekarang dimana ya?
( )
@Inakusumawati: Biasanya pemohon yang mengajukan pisah/pecah KK (kartu keluarga) akan mendapat 2 KK berbeda. KK pertama diberikan kepada pemohon karena sudah membuat KK baru. KK kedua untuk anggota keluarga yang ditinggalkan. Kalau pemohon tersebut pindah di luar kecamatan, si pemohon akan mendapatkan resi pengambilan KK yang idealnya diberikan kepada anggota keluarga yang ditinggalkan untuk dapat mengambil ke kecamatan sesuai jadwal pengambilan KK.
Terlepas dari penyebab kondisi ideal tersebut tidak terjadi pada Anda, kita anggap saja Anda kehilangan KK. Dan Anda bermaksud mendapatkan KK baru. Maka silakan mengurus pencetakan ulang KK. Caranya minta surat pengantar RT, RW/Dusun, dan desa/kelurahan. Beberapa kecamatan masih mewajibkan pemohon yang kehilangan KK untuk melampirkan surat kehilangan dari kepolisian sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan KK. Setelah itu ajukan berkas permohonan ke kecamatan agar KK dapat dicetak ulang.
( )
ada yang mau sya tanyakan.febuari kemarin tanpa saya tau kk di pisah,bagai mana saya bisa mendapat kan KK pisahanya. saya nggak tau caranya.mohon bantuan nya.
( )
@ febriana Nur Hidayah: Data yang diambil BPJS Ketenagakerjaan kemungkinan diambil dari database nasional yang saat itu belum diperbarui setelah Anda melakukan konfirmasi ke Kecamatan/Dinas Dukcapil terkait kesalahan jenis kelamin. Sebaiknya segera meminta kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbaiki kesalahan database mereka terkait data jenis kelamin Anda. Bila diperlukan, Anda bisa meminta surat keterangan dari Dinas Dukcapil sebagai bukti atas perbaikan atas elemen data Anda. Sekadar informasi, KTP non-elektronik sudah tidak berlaku sehingga dinyatakan tidak sah sebagai bukti identitas penduduk. Bila penduduk sudah perekaman biometrik tetapi belum menerima (belum jadi) KTP-el, Dinas Dukcapil akan memberikan Surat Keterangan pengganti KTP-el yang berlaku selama 6 bulan. Surat keterangan ini bisa dipakai untuk mengurus pelayanan publik selama KTP-el belum terbit.
( )
saya ingin menanyakan. Dulu saya sudah mengikuti perekaman eKTP massal, dan ketika kartunya sudah jadi dikolom jenis kelamin salah harusnya perempuan tapi dikartu ektp tertulis laki-laki dan waktu itu butuh sekali KTP untuk mengurus rek bank saya di buatkan KTP baru (bukan kartu eKTP tapi kartu KTP versi sebelumnya) dengan jenis kelamin yang sudah d ganti menjadi perempuan..
kemudian KTP itu saya gunakan untuk mengurus bbrp keperluan lainnya.. Nah sewaktu saya mengecek data untuk BPJS Ketenagakerjaan, data saya salah dikolom jenis kelamin Laki-Laki, katanya itu datanya otomatis mengambil dari NIK saya.. Jadi apakah itu kesalahan dari data saya atau bagaimana? karena di KK data saya benar jenis kelamin Perempuan dan saya cek NIK disini data saya benar P.. mohon informasinya. terimakasih
( )
@Dian: Pasangan suami istri yang telah menikah dan hidup dalam satu rumah dianjurkan untuk membuat KK baru tanpa menunggu kelahiran anak. Sehingga ketika anak lahir, si suami istri tinggal memperbarui KK dengan kehadiran anggota keluarga baru Namun bila karena alasan pekerjaan, perbedaan tempat tinggal, atau alasan lain yang menyebabkan pasangan suami istri tersebut masih terpisah KK-nya, tentu Dinas Dukcapil juga tidak bisa memaksa. Ada pula pasangan suami istri yang baru membuat KK setelah anak mereka lahir dan itu diperbolehkan. tetapi tentu saja prosesnya akan lebih panjang karena si suami istri harus mengurus proses pindah datang dulu untuk mendapatkan KK baru dan setelah itu memasukkan biodata anak ke KK.
( )
@ Agung Chandra Kusuma: Mohon ditanyakan langsung ke Kec. Banguntapan. Sebelum mendatangi kantor kecamatan, lebih baik telepon ke kantor Kec. Banguntapan terlebih dahulu mengenai sudah jadi belumnya KTP-el Anda. Namun kemungkinan besar KTP-el Anda belum jadi karena saat ini seluruh Dinas Dukcapil se-Indonesia kehabisan blangko. Distribusi blangko dari Pusat baru akan dilakukan paling cepat pada Januari 2017. Sebagai pengganti KTP-el, untuk sementara Dinas Dukcapil mencetak Surat Keterangan yang fungsinya sama dengan KTP-el dan berlaku selama 3 bulan.
( )
Saya mau menanyakan apakah pembuatan KK yang baru setelah menikah itu bisa sekalian pada saat setelah melahirkan sehingga pembuatan KK baru sudah sekaligus mencantumkan nama anak. Atau haruskah membuat KK baru yg hanya tercantum suami istri dulu? Setelah melahirkan baru memperbarui KK dg penambahan nama anak? Terimakasih.
( )
Selamat Pagi Pak/Bu, saya mau tanya e ktp saya sudah jadi belum?
saya proses pindah dari piyungan ke banguntapan.
no nik saya (number).
Terimakasih Pak/Bu
( )
@Bejo: Rumus angka di NIK, digit 1-6 merupakan kode administrasi pemerintahan suatu daerah. Digit 1 dan 2 adalah kode provinsi, digit 3 dan 4 kode kabupaten/kota, dan digit 5 dan 6 kode kecamatan. Kode administrasi setiap daerah (bahkan sampai level desa/kelurahan) se-Indonesia bisa Anda temukan di website kemendagri.go.id/media/documents/2015/02/25/l/a/lampiran_i.pdf
( )
untik keterangan wilayah digit ke 3 dan 4, 5 dan 6 itu bisa dilihat dimana min?
( )
@ Anjar Arnovita Cahyandharu: NO KK (number) terdata aktif di Dinas Dukcapil Gunungkidul, terdiri dari Pramuji Raharjo dan Sugiyah. Keduanya telah perekaman biometrik KTP-el.
( )
Saya ingin menanyakan tentang Nomor KK baru, atas nama Pramuji (mojosari, jetis, saptosari G.Kidul no KK 340.315.270.(number)), karena no kk yang sekarang tidak bisa digunakan untuk mendaftarkan BPJS, sedangkan untuk NIK dari anggota kk bisa dicek melalui On Line. terimakasih
( )
@ Dwi Ratriningsih: Selamat sore ibu. Pada prinsipnya penggantian NIK tidak bisa karena NIK yang telah digunakan untuk perekaman melekat pada penduduk seumur hidup. Sehingga data suami ibu di jamsostek, bpjs, rekening bank, atau sertifikat/dokumen lainnyalah yang harus diurus agar disesuaikan dengan NIK baru. Tetapi jika suami ibu bersikikuh ingin mengganti NIK dengan alasan apapun, silakan datang ke dinas dukcapil sleman untuk meminta bantuan. Sebagai informasi, proses permohonan penggantian NIK dilakukan dinas dukcapil kab/kota (tempat penduuk berdomisili) kepada Kemendagri dan persetujuan atas permohonan tersebut tergantung Kemendagri. Artinya tidak ada jaminan bahwa proses permohonan itu akan disetujui. Sampai sekarang sudah ada ribuan orang di DIY yang menghendaki penggantian NIK namun belum memperoleh persetujuan.
( )
Selamat siang pak. Nama saya Dwi Ratriningsih Nik:(number) sleman yogyakartaNo.wa (number) Begini pak. Suami saya kan ktp sleman. Namun kerjanya di sulawesi. Dulu tahun 2011 beli motor di sulawesi dan harus ktp sulawesi. Sama petugasnya dibuatkan ktp sulawesi. Jadi punya 2 ktp dengan nomer nik yg berbeda.Namun dulu waktu disuruh rekam e ktp,suami saya rekam disulawesi dengan menggunakan nomer nik yg disulawesi.Tapi bagaimana ya pak, apa bisa dirubah dengan ktp dengan nomer nik yang di jogja. Karena mengingat sangat dan lebih penting nomer nik ktp sleman.Karena dari jamsostek,bpjs,sertifikat,rekening bank menggunakan ktp sleman tersebut.
( )
@Yacobus Ngadiyana: KTP-el berlaku seumur hidup. KTP-el diganti jika hilang, rusak, atau terjadi perubahan elemen data penduduk (misalnya dari belum menikah menjadi menikah, perubahan alamat, pekerjaan, perubahan gelar, dan perubahan nama). Meskipun di KTP-el Anda masih tertulis tanggal masa berlaku, KTP-el tetap dinyatakan berlaku seumur hidup sepanjang tidak ada kondisi seperti yang kami sampaikan di atas. Perlu kami informasikan, KTP-el yang masih mencantumkan tanggal masa berlaku dicetak pada saat UU Nomor 24 Tahun 2013 belum disahkan. Setelah UU tersebut disahkan, maka seluruh KTP-el yang dibuat sebelum maupun setelah adanya UU baru dianggap berlaku seumur hidup. Kebijakan KTP-el berlaku seumur hidup ditegaskan Kemendagri dengan SE Mendagri Nomor 470/295/SJ dan SE Mendagri Nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016 yang ditujukan kepada Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian serta Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia agar disampaikan kepada publik (lembaga maupun perorangan) di wilayah kerja masing-masing.
( )
KTB saya akan berakhir 07-01-2017 perlu perpanjangan atau yang saya pegang sekarang masih berlaku....? terima kasih informasinya
( )
@ Akke Septa Laksana Putri: Status wilayah Yogyakarta bukan Kabupaten tetapi Kota dengan kode wilayah 71. Kecamatan Danurejan=04, Kelurahan Tegalpanggung=1002. Semoga urusan Anda di Balikota cepat Selesai.
( )
@Media Kurniawati: KTP-el berlaku seumur hidup. KTP-el diganti jika hilang, rusak, atau terjadi perubahan elemen data penduduk (misalnya dari belum menikah menjadi menikah, perubahan alamat, pekerjaan, perubahan gelar, dan perubahan nama). Meskipun di KTP-el Anda masih tertulis tanggal masa berlaku, KTP-el tetap dinyatakan berlaku seumur hidup sepanjang tidak ada kondisi seperti yang kami sampaikan di atas. Perlu kami informasikan, KTP-el yang masih mencantumkan tanggal masa berlaku dicetak pada saat UU Nomor 24 Tahun 2013 belum disahkan. Setelah UU tersebut disahkan, maka seluruh KTP-el yang dibuat sebelum maupun setelah adanya UU baru dianggap berlaku seumur hidup. Kebijakan KTP-el berlaku seumur hidup ditegaskan Kemendagri dengan SE Mendagri Nomor 470/295/SJ dan SE Mendagri Nomor 470/296/SJ tenggal 29 Januari 2016 yang ditujukan kepada Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian serta Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.
( )
Kode provinsi yogya kan 34 nah kode kabupatennya yogyakarta brp ya sm kode kecamatan Danurejan? Tegal panggung makasih. Soalnya saya butuh NIK . Ktp saya masih di balkot msh nunggu ttd gt
( )
Selamat malam, saya mau bertanya, ktp saya kan sudah e-ktp dan disana masa berlajunya masih tertulis ada jangka waktu. Nah, kalau saya mau perpanjang e-ktp nya bisa atau tidak ? Kan ini saya ada tugas belajar disalah satu syarat dokumennya ktp harus min berakhir desember 2017, ktp saya sampai oktober 2017, disitu saya harus perpanjang. Bisa atau tidak ya kalau diperpanjang?
( )
@Syugeng Fitrianto: Bisa asalkan NIK yang dimasukkan adalah penduduk aktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan lupa jawab pertanyaannya dengan angka. Kalau penduduknya sudah pindah atau meninggal ya tidak akan muncul.
( )
menu cek nik kok g bisa ya
( )
@Bayu: Seharusnya bila pada waktu itu proses pindah istri Anda sesuai prosedur, data kependudukannya di Kota Semarang sudah tidak ada lagi dan tidak akan diundang untuk mengikuti perekaman biometrik KTP-el. Tapi faktanya istri Anda masih diudang dan menanggapi undangan perekaman di domisili lama. Pada kesempatan ini kami tidak dalam posisi mengevaluasi kasus Anda dan menjustifikasi siapa yang salah atau benar. Namun kami akan memberikan masukan agar masalah administrasi kependudukan istri Anda segera selesai.
Perlu diketahui, NIK penduduk tidak akan berubah selamanya sekali pun yang bersangkutan pindah domisili atau bahkan telah meninggal. Selain itu perekaman biometrik dilakukan sekali ditempat domisili. Sehingga ketika penduduk pindah domisili, yang bersangkutan tidak perlu perekaman lagi (kecuali faktor tertentu, misalnya perekaman awal gagal dan perubahan tanda tangan atau foto wajah) karena sudah tersimpan di database nasional.
Solusi pada kasus istri Anda dapat diselesaikan dengan cara mendatangi Dinas Dukcapil Sleman dengan membawa bukti KK dan surat keterangan pindah untuk memudahkan verifikasi. Jika SK pindah sudah tidak ada mungkin petugas masih bisa melacak nomor pindah istri Anda di database. Setelah SK pindah istri Anda dinyatakan sesuai prosedur, Dinas Dukcapil akan menghubungi Dinas Dukcapil Kota Semarang untuk menghapus data kependudukan Istri Anda sebelum mencetakkan KTP-el sesuai alamat KK di Sleman (NIK di KTP-el tetap dari daerah asal ya, bukan NIK baru). Semoga terjawab.
( )
Selamat siang, saya bermaksud mencari informasi tentang E-KTP. Kasusnya begini, Saya domisili Sleman, istri saya Semarang. Menikah 2011 dan langsung mengurus pindah domisili ke Sleman. KK dan KTP Sleman kami terbit 2012. Lalu saya mendapat undangan pendataan E-KTP di Kecamatan tempat kami domisili. Tetapi istri dapat undangan pendataan E-KTP di Semarang. Saat kami bertanya petugas E-KTP di Kecamatan (Kota Semarang), katanya data secara sistem akan berubah, dan E-KTP akan jadi sesuai data baru. Ternyata kenyataannya lain, E-KTP istri saya tetap domisili Semarang (NIK E-KTP tersebut sama dengan KTP Sleman). Solusinya seperti apa? Terima kasih
( )
@ Imanuel Penta Yudha: Maaf, baru kami tanggapi. Saat Anda dan istri perekaman tiga tahun lalu, kewenangan pencetakan KTP-el ada di Pusat (Kemendagri) dan daerah hanya menerima dan mendistribusikan. Kebetulan pada saat itu, KTP Anda belum jadi. Saat ini kewenangan pencetakan KTP-el ada di Dinas Dukcapil Kab/Kota sehingga Anda bisa lebih mudah mengurus KTP-el. Kami sarankan Anda konfirmasi langsung Dinas Dukcapil (jangan ke kecamatan) agar mendapatkan penjelasan secara lengkap. Sehingga jika ada masalah terhadap perekaman biometrik yang menyebabkan pencetakan KTP-el Anda tertunda, hal itu bisa segera diatasi, misalnya dengan perekaman ulang. Sebagai informasi, blangko KTP-el di daerah untuk saat ini habis karena belum ada pengiriman lagi dari Kemendagri (diperkirakan distribusi ke daerah akan dimulai lagi pada Januari 2017). Maka Dinas Dukcapil akan mengeluarkan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP-el untuk sementara waktu. Surat keterangan ini bisa dipakai untuk mengurus pelayanan publik.
( )
selamat siang, Saya hendak tanya tentang e KTP, Saya sudah melakukan rekam data dan KTP istri Saya sudah Jadi sedangkan KTP Saya belum juga dicetak padahal sudah hampir TIGA TAHUN lamanya, Saya sudah sering ke kecamatan tapi tetap belum jadi, sampai alat cetaknya dipindah di balai Kota, padahal KTP kertas Saya sudah tidak berlaku lagi. Mohon solusinya, TERIMA KASIH BANYAK
( )
@Nuryanta: KTP kertas sudah tidak berlaku dan tidak bisa dipakai untuk mengurus seluruh pelayanan publik. Kalau masih memegang KTP kertas, lebih baik disimpan atau dibuang saja. Penduduk yang sudah berstatus wajib KTP (berusia di atas 17 tahun atau pernah menikah) wajib melakukan perekaman biometrik dan setelahnya negara wajib memberikan KTP-el sebagai bukti resmi identitas penduduk. Anda sudah perekaman biometrik atau belum? Jika sudah perekaman tapi belum menerima KTP-el, silakan menanyakan alasannya ke dinas dukcapil kab/kota tempat Anda berdomisili. Jika belum perekaman, otomatis Anda tidak akan mendapatkan KTP-el.
( )
pak admin mau tanya cara cek apakah ktp saya sudah terdaftar di e-ktp gimana ya pak? soalnya ktp saya masih seperti yang dulu masih kertas.. klo sekarang udah beda.. trima kasih
( )
@Katidjo: NIK yang benar pasti berjumlah 16 digit dan di KTP-el ditulis tanpa jeda titik. KTP yang terbit sebelum elektronik ada yang tertulis dengan jeda titik namun tetap 16 digit. Selain itu sebagai nomor identitas penduduk yang unik/khas, NIK setiap penduduk pasti berbeda. Untuk memudahkan cara memahami NIK, kita ambil contoh penduduk dengan NIK (number), dapat diartikan bahwa si penduduk mendapatkan NIK di provinsi 34, di kabupaten 04, di kecamatan 12, terdaftar di dinas dukcapil dengan tanggal lahir 13, bulan 02, tahun 83, dan pada waktu pembuatan NIK si penduduk mendapat nomor urut 0003. Untuk penduduk berjenis kelamin perempuan, pada tanggal lahir ditambah 40, misalnya tanggal lahir 13 maka NIK pada digit tanggal lahir tertulis 53, sedangkan pada bulan dan tahun lahir tetap. Anda harus memahami pula kebijakan Kemendagri terkait NIK yaitu NIK tidak bisa berubah meskipun tanggal lahir yang bersangkutan berubah/dimohonkan perubahan dengan alasan apapun. Selain itu NIK tidak akan berubah sekalipun yang bersangkutan pindah domisili.
( )
jika NIK seperti ini 5602.25341/******8501 (tanda bintang = tanggal lahir). apakah memang masih berlaku system penomoran seperti ini ? yang aku baca 6 digit diawal adalah provinsi, kab, kec. Apa arti no 5602.25341 pada NIK tsb ? sebelumnya terima kasih
( )
@Bambang Sutrisno: Yang Anda pahami sebagai Nomor KTP sebenarnya adalah NIK. Orang sering membedakan Nomor KTP dan NIK, padahal keduanya sama saja. Kami sarankan Anda tidak lagi menggunakan istilah Nomor KTP, tapi NIK. Terkait hak akses pencarian berdasar nama dan tanggal lahir, mohon maaf kami tidak dapat memberikan kepada perorangan. Untuk lembaga/instansi yang kami beri hak akses ini pun harus melalui perjanjian kerja sama (PKS) dan izin dari Gubernur.
( )
@Bustam:Prinsipnya, jika ada dua biodata yang menerangkan orang yang sama di dua tempat domisili (kab/kota) berbeda, salah satunya pasti data ganda/tidak sah. Dari dua biodata tersebut, yang dianggap benar/sah adalah yang NIK-nya sesuai dengan NIK di KTP-el.
( )
Selamat pagi. Kalau mencari berdasarkan nama, tanggal lahir dan no ktp (bukan nik) bagaimana caranya Pak. Mohon infonya dikirim ke email saya Pak. Terima kasih
( )
bagaimana cara cek data kependudukan saya yg sebenarnya krn data saya masih ada di desa asal saya pada hal di KTP dan KK saya beralamat di alamat asal istri
( )
@Arif Wibowo: Hahaha, maaf mas kami tidak memiliki fotokopi KTP Anda. Jika Anda penduduk kabupaten/kota di DIY, silakan segera membuat KTP-el yang baru saja di Dinas Dukcapil kab/kota domisili. Jika bukan penduduk DIY, bisa langsung ke Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota terdekat dengam membawa surat laporan kehilangan dari Polsek dan fotokopi kartu keluarga. Selama blangko tersedia, bisa dicetakkan lagi oleh petugas meskipun harus menunggu beberapa hari.