Cek NIK e-ktp online Daerah Istimewa Yogyakarta

Created By :
Biro Tata Pemerintahan Setda DIY
Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Indonesia
Tlp/Fax. (+62) 274-580818

Referer :

Login Pengguna





Login Kabupaten/Kota
:
:



Statistik User
Jumlah User: 2816
Hari Ini
Login: 6
Daftar: 4
Kemarin Kamis
Login: 11
Daftar: 6
Kemarin Rabu
Login: 4
Daftar: 3
Kemarin Selasa
Login: 6
Daftar: 5
Kemarin Senin
Login: 8
Daftar: 3
Kemarin Minggu
Login: 2
Daftar: 1
Kemarin Sabtu
Login: 2
Daftar: 2
Kemarin Jumat
Login: 6
Daftar: 4



Pekerjaan User
Pelajar/Mahasiswa: 1881
Peneliti/Dosen: 87
ASN/TNI/POLRI: 150
Konsultan/NGO: 42
Perangkat Desa: 122
BUMN/BUMD: 28
Marketing: 36
LBH/Advokad: 5
Wiraswasta: 135
Perbankan: 20

Keperluan User
Akademik: 1450
Laporan Kedinasan: 167
Penelitian/Pengkajian: 515
Data Pembanding: 140
Pemetaan Konsumen: 63
Laporan: 341


Kunjungan Bulan ini
Forum komunikasi petugas registrasi Desa/Kelurahan

Desa Hargotirto, berkata :
@admin : dengan adanya pengembangan wilayah di daerah dan data wilayah pengembangan belum masuk ke dalam aplikasi ini, menyebabkan kami tidak bisa kontinyu memakai aplikasi ini, khususnya proses pindah. Adakah solusi? Karena selama ini kami harus menggunakan dua form pindah penduduk, satu form aplikasi ini, yang lain pakai form manual (untuk daerah tujuan pindah yang belum ada dalam data base).

Desa Hargotirto, berkata :
@GIRITIRTO : kami juga pernah mengalami hal semacam itu. Pada kasus kami ternyata masalah pada PC kami, karena pada keesokan harinya normal sendiri. Jadi mungkin memang butuh komputer khusus untuk aplikasi ini. Kita tunggu jawaban dari admin.

GIRITIRTO, berkata :
Pak,,beberapa hari ini setiap klik STATISTIK ^Statistik Jumlah Penduduk Saat Ini^ selalu berubah-ubah, terakhir jumlah penduduk nol. Sebelumnya sudah import data basis online. terima kasih

admin, berkata :
@ Desa Tirtoadi: Sudah jalan. Memang sempat off selama beberapa minggu karena ada migrasi server.

admin, berkata :
@ Giritirto: Sudah aktif.

desa tirtoadi, berkata :
Pak mau tanya pada saat import basis data online kok gak jalan. cuma berhenti di masuk server. terima kasih

GIRITIRTO, berkata :
Pak, kami sudah bisa login Import Basis Data secara Online, tetapi kemudianterdapat keterangan ^Ada Belum Aktif^. Mohon bantuannya. Terima kasih

SIDOKARTO, berkata :
daffazulfa@gmail.com

admin, berkata :
@ Sri Hardono: Pendaftaran secara online harus ditindaklanjuti dengan pangajuan surat permohonan ditandatangani kepala desa. Setelah itu baru akan kami aktifkan. Surat itu tidak perlu Anda bawa ke kantor Biro Tapem tetapi cukup discan lalu kirim ke alamat email rotapemdiy.kependudukan@gmail.com. Nomor kontak kami, 0274-580818.

SRI HARDONO, berkata :
BW DK yang secara online. mohon bantuanya

<<< Selengkapnya >>>

GPS dan Google Map
Koordinat Kantor Pemerintahan


Mengagumkan

Cek NIK Penduduk D.I. Yogyakarta


Dua ditambah Lima = (angka desimal)


Silahkan login atau daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

data ditemukan sekitar 196 komentar.

Catatan:
- Untuk nomor yang lebih dari 5 digit akan diubah menjadi (number) untuk menjaga kerahasiaan.
- Hanya admin yang dapat melihat isi dari (number).
( )
@ Zahtra Lavehenia Yauwnema: Selamat malam. Anda ingin bicara dengan siapa?
( )
Selamat Pagi Bisa Bicara Dengan Siapa
( )
@ Muhammad Arifino Setyawan: Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta dapat mencetak lagi KTP-el akhir April 2017 setelah ada pasokan blangko (dalam jumlah terbatas) dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. Saat ini blangko masih tersedia tetapi sangat sedikit. Kerena jumlah blangko masih terbatas, prioritas penerbitan TP-el diberikan kepada penduduk yang baru pertama kali perekaman biometrik dan penduduk yang mendesak untuk diberikan KTP-el baru. Kalau alasan mencetak ulang adalah rusak, tentu harus dilihat tingkat kerusakannya sehingga fisik KTP-el perlu ditunjukkan kepada petugas sebelum ditindaklanjuti/ cetak ulang.
Pengurusan permohonan dan pengambilan KTP-el harus dilakukan sendiri oleh pemiliknya karena sebelum diserahkan ada proses aktivasi. Tetapi dalam kondisi tertentu yang menyebabkan pemiliknya tidak dapat datang sendiri, bisa diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa. Proses aktivasi dilakukan oleh pemiliknya di kecamatan/ Dinas Dukcapil manapun (tidak harus tempat domisili).
( )
@ Casmadi Herru Yulianto: Dinas Dukcapil kab/kota mulai dapat mencetak KTP-el lagi pada April 2017 setelah menerima blangko (dalam jumlah terbatas) dari Kemendagri. Jadi untuk penduduk yang mengajukan permohonan KTP-el sebelum April 2017 harus mengajukan lagi. Kebijakan tersebut diambil untuk memastikan bahwa ybs. masih berdomisili tetap, tidak ada perubahan data, dan memang benar-benar memerlukan untuk pelayanan publik yang mengharuskan bukti KTP-el. Permohonan KTP-el di kecamatan cukup dengan membawa fotokopi kartu keluarga.
Sebelum Anda datang ke kecamatan, ada baiknya Anda menghubungi dahulu kantor camat atau Dinas Dukcapil untuk memastikan bahwa blangko tersedia.
( )
@ Diana Dwi Lestari: Harusnya SOP di Dukcapil, KTP-el lama ditarik setelah penduduk mendapatkan KTP-el baru. Mungkin karena kelalaian petugas sehingga KTP-el lama tidak ditarik. Yang berlaku tentu saja KTP-el baru (Jogja). Membuktikan keabsahan KTP-el tidak serta merta dengan melihat fisiknya saja, tetapi harus dilihat kesesuaiannya dengan kartu keluarga dan database penduduk. Setelah pindah domisili suami Anda tidak tercatat lagi di database kependudukan Sulawesi maupun di database nasional.
Masa berlaku seumur hidup pada KTP hanya berlaku sepanjang tidak ada perubahan elemen data kependudukan. Tapi kalau ada perubahan, seperti ganti alamat, pekerjaan, golongan darah, gelar, agama, status perkawinan, perubahan nama atau tanggal lahir, foto, dan tanda tangan, penduduk wajib mengajukan penggantian KTP-el kepada Dinas Dukcapil melalui kecamatan. KTP-el lama akan ditarik oleh petugas dan atau dinyatakan tidak berlaku.
( )
@ Moch Zein Junaidi: KTP-el dianggap berlaku seumur hidup meskipun masih tertera tanggal masa berlaku. Dasar hukumnya adalah pasal 67 ayat (7) huruf a, UU 24 Tahun 2013 yang mengamanatkan KTP-el untuk WNI masa berlakunya seumur hidup. Kemudian pasal 101 huruf c diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum UU 24/2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup walaupun tertera masa berlakunya habis.
Tapi kalau ada perubahan, seperti ganti alamat, pekerjaan, golongan darah, gelar, agama, status perkawinan, perubahan nama atau tanggal lahir, foto, dan tanda tangan, penduduk wajib mengajukan penggantian KTP-el kepada Dinas Dukcapil melalui kecamatan.
( )
@ Ahmad Dayun: KTP sementara atau Surat Keterangan Pengganti KTP-el bisa diperpanjang lagi bila masa berlaku habis dan ybs. masih belum mendapatkan KTP-el. Berdasarkan data pelayanan di database pencetakan Dinas Dukcapil Kab. Bantul, KTP-el Anda belum dicetak. Anda bisa menanyakan kepada petugas di kecamatan apakah blangko KTP-el masih tersedia atau tidak. Permohonan KTP-el di kecamatan cukup dengan membawa fotokopi KK.
Sebagai informasi, Dinas Dukcapil kab/kota mulai dapat mencetak KTP-el lagi pada April 2017 setelah menerima blangko (dalam jumlah terbatas) dari Kemendagri. Jadi untuk penduduk yang mengajukan permohonan KTP-el sebelum April 2017 harus mengajukan lagi. Kebijakan tersebut diambil untuk memastikan bahwa ybs. masih berdomisili tetap, tidak ada perubahan data, dan memang benar-benar memerlukan untuk pelayanan publik yang mengharuskan bukti KTP-el.
( )
@ isario majesta:Kami sampaikan bahwa Dinas Kab/Kota se-DIY mulai bisa mencetak KTP-el lagi pada April 2017 setelah adanya pengiriman blangko (dengan jumlah terbatas) dari Kementerian Dalam Negeri. Kebijakan di daerah, KTP-el diberikan kepada pemohon yang permohonannya setelah April 2017 (setelah blangko tersedia). Jadi untuk penduduk yang mengajukan permohonan KTP-el sebelum April 2017 harus mengajukan lagi. Kebijakan tersebut diambil untuk memastikan bahwa yang bersangkutan masih berdomisili tetap dan memang benar-benar memerlukan untuk pelayanan publik yang mengharuskan bukti KTP-el. Untuk mengurus permohonan KTP-el cukup membawa fokokopi KK ke kecamatan. Selama penduduk belum memegang KTP-el, Dinas Dukcapil memberikan Surat Keterangan Pengganti KTP-el (berlaku selama 6 bulan dan dapat diperpanjang) yang fungsinya sama dengan KTP-el, yakni sebagai bukti diri penduduk.
Meskipun Anda belum memiliki KTP-el, bukan berarti pelayanan publik maupun pengurusan dokumen kependudukan lainnya terhambat. Misalnya membuat KK, pindah domisii, atau membuat akta kelahiran anak, syarat KTP-el bisa diganti dengan Suket Pengganti KTP-el. Di sebagian besar instansi penyedia pelayanan publik seperti BPJS Kesehatan, perbankan, dan kepolisian juga telah menerima Suket sebagai bukti identitas penduduk yang sah selama KTP-el belum dimiliki penduduk.
( )
Sejak tahun 2016 KTP saya dan istri sudah diminta oleh kantor Kecamatan Jetis-Bantul. Namun sampai saat ini e-KTP kami belum jadi. Apakah ad yang bisa konirmasi kapan jadinya e-KTP tersebut?
( )
Saya mau tanya..th 2015 e- ktp suami saya dr tempat asalnya sulawesi baru sj jadi.. Dith itu juga setelah kami menikah..kami memutuskan untuk pindah kependudukan di jogja ..maka suami di haruskan membuat e-ktp jogja karena akan membuat krtu keluarga dan akta . Akhir 2015 ektp jogja sudah jd.. Yang saya tnyakan setelah ktp jogja jadi knp yang ktp sulawesi tdk ditarik?? Dan mana yang berlaku? Karena semua sma2 berlaku seumur hidup..
Ditanyakan oleh: deana
( )
KTP elektronik saya habis tgl 1 Juli 2017, apa perlu diperpanjang...bgmna cara mengurusnya....trims
( )
Sya mau tanya apa ktp el sya uda jadi, soal nya ktp sementara nya yg brlaku 6 Bulan uda habis,, nik sya (number)
( )
Selamat sore, saya mau tanya. Untuk membuat E-KTP baru di kec. Mantrijeron apakah bisa? sudah dari desember saya coba tanya blangko tidak pernah ada. KTP lama saya rusak, jadi harus membuat baru.. Dan saya saat ini sedang bekerja di Jakarta, apakah membuat E-KTP di Jogja bisa diwakilkan atau bagaimana?
( )
@ Gita Aditya Pratama: Syaratnya membawa KTP-el lama (yang rusak) dan fotokopi KK. Anda bisa mengurusnya ke Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta.
( )
Selamat sore saya mau menanyakan proses pembuatan ektp baru brp lama. Ektp saya ada perubahan pada bagian agama. Dan sudah dari desember 2016, ektp saya belum jadi saya mau rubah lagi status saya karena saya sudah menikah. Kenapa prosesnya sangat lama.. Bahkan sekarang saya sudah punya anak dan belum punya akte karena belum bikin kk karena menunggu ektp saya yang belum jadi.. Mohon infonya segerasegera terima kasih
( )
Selamat Pagi. Saya hendak mengganti eKTP saya yang rusak,syarat apa saja yang perlu saya bawa dan dimana tempat mengurusny?Terimakasih
( )
@ Udayanto Dwi Atmojo: Blangko KTP-el di Dinas Dukcapil Bantul untuk saat ini masih tersedia meskipun dalam jumlah sangat terbatas. Sehingga untuk pencetakan KTP-el menerapkan kuota pemohon per-kecamatan secara merata dan yang berhak mendapatkan pun dibatasi yakni bagi penduduk yang telah perekaman biometrik sebelum tahun November 2016.
Kebetulan di Kecamatan Kasihan, tempat Anda berdomisili, kuota telah habis. Namun penduduk (sudah perekaman sebelum November 2016/perlu mengganti KTP-el) yang dengan alasan mendesak harus dibuatkan KTP-el baru, bisa mengajukan permohonan ke Dinas Dukcapil dengan membawa KTP-el lama dan fokopi kartu keluarga. Definisi mendesak diartikan sebagai situsi yang mengharuskan penduduk memiliki KTP-el untuk mengurus pelayanan publik dan tanpa KTP-el hak penduduk untuk mendapatkan pelayanan publik akan terganggu. Misalnya mengurus paspor dan/ atau visa, melamar pekerjaan, pelayanan perbankan, dll. jadi silakan datang ke Dinas Dukcapil untuk mengajukan permohonan KTP-el baru bila Anda merasa mendesak untuk segera dibuatkan.
( )
Selamat siang. Saya hendak mengganti status perkawinan dalam e ktp saya. Domisili saya kec kasihan, bantul. Apakah blanko e ktp masih tersedia di bantul untuk pemohon yang hendak mengganti status perkawinan? Minggu lalu saya mengunjungi kantor kecamatan kasihan, saya diberitahu kalau blanko e ktp masih kosong. Apakah mungkin saya akan mendapat e ktp baru bila mengunjungi dukcapil bantul secara langsung untuk mengganti status perkawinan?
( )
@ Sigit Haryadi: Kami cek di database kependudukan daerah dan konsolidasi Pusat, NIK a.n. agan tidak ada masalah, valid, dan sudah tercatat sebagai penduduk Yogyakarta. Memang BPJS Naker mengambil data penduduk dari replika database nasional yang dikelola Kemendagri, tapi sistem yang digunakan dan kondisi database-nya (apakah diperbarui setiap saat atau tidak) kami tidak mengetahui.
Saran kami, agan datang langsung saja ke petugas pelayanan d BPJS Naker untuk mengetahui penyebab NIK tersebut tidak terdaftar. Mungkin petugas BPJS Naker akan langsung berkoordinasi dengan pengelola data di Ditjen Dukcapil Kemendagri.
Terkait dengan potensi masalah saat mengurus SIM, kami tidak dapat menjawab secara pasti karena data penduduk yang diambil dari Polri untuk pelayanan SIM juga langsung menarik dari database konsolidasi Nasional. Yang bisa kami pastikan, NIK agan tercatat valid di database kependukan Yogyakarta dan telah tercatat pula di database nasional.
( )
@ GALUH EDHI MARINA: Status kependudukan NIK tersebut a.n. Anda dinonaktifkan, karena Anda telah tercatat sebagai penduduk dan perekaman biometrik di Jakarta Selatan.
( )
Selamat siang, saya kok tidak bisa cek status KTP nomor (number) ya? Terima kasih sebelumnya
( )
@ abdi pamungkas: PRR singkatan dari print ready record, salah satu status perekaman dan pencetakan di database KTP-el yang berarti biometriknya telah ditunggalkan di database nasional dan KTP-el-nya siap dicetak. Perekaman biometrik baru bisa dilanjutkan ke proses pencetakan bila minimal telah berstatus PRR. Kalau statusnya masih bio capture (biometrik baru tersimpan di database dinas), sent for enrollment (biometrik proses kirim ke Pusat), adjudicated (sedang diverifikasi di database Pusat), atau failure (gaga terbaca), apalagi duplicate (terdata ganda) jelas tidak akan mungkin dapat dicetak.
Untuk penduduk yang pernah mencetak KTP (artinya di database berstatus card printed atau card shipped), tetap bisa dicetakkan KTP-el lagi. Misalnya Anda, pernah menjadi penduduk Purworejo dan di sana Anda telah berhasil dicetakkan KTP-el. Ketika pindah domisii ke Bantul, KTP-el Anda tetap bisa dicetak di Bantul karena sudah dinyatakan tunggal. Penduduk yang pindah domisili tidak perlu perekaman ulang apabila di daerah asal pernah perekaman dan biometriknya dinyatakan tunggal.
berdasarkan log (rekam jejak pencetakan) di Database Dinas Dukcapil Bantul, KTP-el Anda belum dicetak. Silakan konfirmasi ke Dinas Dukcapil Bantul untuk memperoleh penjelasan secara detail mengenai hal tersebut.
( )
gan kalau sudah terdaftar ektp, tapi Ektp saya buat daftar bps ketenaga kerjaan tidak bisa, karen NIK blm terdaftar, bagaimana solusi nya, dan lagi nanti kalau buat SIM apakah bermasalah juga ?
( )
saya mau tanya status ktp-el PRR..apakah cetak ktp saat ini di dinas dukcapil bantul hanya dilayani yang berstatus PRR..NIK (number) apakah ktp saya sudah tercetak atau blm(sebelumnya saya mengajukan pindah ke kabupaten bantul pada april kemarin). terima kasih
( )
@ Martin Dody Kumoro: NIK Anda sudah terdaftar di database kependudukan Sleman. Silakan dicek kembali.
( )
@ riyan aditia: Pada waktu Anda melakukan pengecekan, sedang dilakukan perbaikan sistem. Sekarang sudah normal.
( )
Selamat siang, saya mau menanyakan kenapa NIK saya belum terdaftar ya sedangkan NIK istri saya (number) terdaftar. Kami memproses KTP el secara bersamaan di kecamatan Depok, Sleman. Terima kasih
( )
Kok saya tidak bisa cek nik keluarga saya ya?
( )
@ hadi nursamsudin: Penduduk aktif dan pindah memang masih kami tampilkan. Mungkin nanti akan kami tambahkan kolom baru untuk menerangkan status penduduk apakah aktif atau pindah agar memudahkan penggung dalam memahami data. Atau bisa juga NIK penduduk pindah tidak lagi ditampilkan kalau malah membuat pengguna bingung.
( )
Selamat Siang, saya cek NIK istri saya (number) kenapa datanya dobel ya (sleman dan bantul). padahal istri saya sudah pindah WNI ke Sleman dari bulan november.mohon infonya.
( )
@ Nur Hakim: Mohon informasi tambahan, data apa yang diperbaiki dan kapan Anda mengajukan permohonan perbaikan data? Pada waktu mengajukan permohonan perbaikan data, adakah bukti yang diberikan petugas?
( )
saya sudah rekam ektp 3 tahun yang lalu nik (number) dan ada salah data, saya sudah ke dukcapil sleman untuk pembenaran. apakah ektp saya sudah jd ?
( )
@ Tri Wahyudi: Kami menyarankan Anda untuk mengajukan permohonan perekaman mobilekepada Dinas Dukcapil agar dilakukan perekaman di tempat bagi penduduk yang karena alasan kesehatan tidak bisa datang sendiri ke kecamatan. Lebih baik lagi bila pemerintah desa dapat membantu Dinas Dukcapil dengan cara menginformasikan siapa saja penduduk yang perlu difasilitasi perekaman mobile. Sehingga pada waktu petugas dinas melakukan perekaman mobile bisa merekam biometrik mereka di hari yang sama.
( )
@ Koratri handoyo: Untuk mengecek penerbitan akta kematian, keluarga harus datang langsung ke Dinas Dukcapil.
( )
@ audhifax aditya sulistyanto: 1) Anda sudah perekaman biometrik KTP-el waktu masih berdomisili di Kec. Mergangsan Yogyakarta. Jadi tidak perlu perekaman meski pindah domisili atau menikah. 2) Kalau belum punya KTP-el segere mengajukan permohonan ke Kecamatan tempat Anda berdomisili saat ini dengan membawa fotokopi KK dan KTP lama. Sekarang blangko sudah tersedia di Dinas. Karena persediaan terbatas, kami menyarankan Anda segere meluangkan waktu untuk mengurus KTP-el.
( )
1. Saya ingin mengecek apakah KTP (NIK (number)) saya sudah E-KTP atau belum, bagaimana cara mengetahuinya? seingat saya, saya pernah mendapat KTP el dengan domisili Kodya Yogyakarta, tetapi karena perubahan data (menikah dan pindah ke Kab. Sleman), KTP saya menjadi berubah bekuan elektronik.
2. Jika belum KTP-el, apakah bias mendaftar KTP el di kelurahan Depok, Sleman? (apakah blanko sudah ada?)
terimakasih
( )
Cara ngecek apakah sudah diterbitkan akta kematian di kab bantul. Utk keperluan turun waris dan balik nama sertifikat tanah...dulu pernah ada kolektif..kelanjutannya kurang tau...baru padasaat turun waris diperlukan akta kematian..dicari tidak ketemu..atau dulu mungkin belum terbit atau...trimakasih sbelumnya
( )
warga kami dah pernah perekaman dah 2 th yg lalu...tp sampe sekarang blm dan kami cek katanya perekaman gagal.gimana solusinya padahal yg bersangkutan g bisa ngapa2in karna skt dan ktp itu sangat dibutuhkan
( )
@ Fredy Kuswantoro: Blangko KTP-el saat ini tersedia di Dinas Dukcapil Gunungkidul. Silakan ke kantor Dinas Dukcapil untuk menanyakan perkembangan pencetakan KTP-el Anda. Sebagai informasi, pencetakan KTP-el oleh dinas tidak berdasarkan urutan penduduk yang pernah perekaman KTP-el tetapi berdasarkan permintaan pencetakan oleh penduduk yang datang ke dinas.
( )
@ Isnan Yulianto: Perekaman pada Januari 2017 sampai sekarang belum dapat diberikan KTP-el karena kendala penunggalan biometrik di server KTP Kemendagri. Namun Suket harusnya sudah Anda peroleh dari kecamatan atau dinas setelah perekaman. Karena penerbitan Suket oleh kecamatan atau Dinas Dukcapil tidak perlu melewat tahap penunggalan di server Pusat. Mohon konfirmasi ke kecamatan atau Dinas Dukcapil tempat Anda perekaman biometrik.
( )
Maaf sebelumnya saya mau menanyakan apakah blanko E-ktp sudah ada belum ya ? Soalnya saya sudah melakukan rekaman pada bulan September 2016 di kecamatan Panggang kabupaten Gunungkidul dan sampai sekarang belum mendapatkan E-ktp, mengingat pentingnya E-ktp itu untuk melamar pekerjaan ataupun keperluan lainnya, terimakasih. Mohon konfirmasinya
( )

Maaf sebelum ny saya cuman mau tanya klw sudah rekaman E-KTP di bulan januari kpn y..... Jadi nya soal ny suket jg msih belum dapet
( )
@ Hendro Asroni: Sekarang blangko sudah tersedia di daerah. Silakan segera mendatangi kecamatan/Dinas Dukcapil Sleman dengan membawa kartu keluarga untuk mengurus KTP-el Anda.
( )
Saya sudah melakukan pengajuan e-KTP baru dari bulan September 2016 (pindah eKTP dari Sumatera Selatan ke D.I.Yogyakarta), terakhir saya cek di kecamatan Depok, Sleman pada bulan Februari e-KTP saya belum selesai dengan alasan blangko kosong dari pusat. Apakah sekarang sudah bisa melakukan pencetakan eKTP, mengingat pentingnya eKTP fisik untuk kebutuhan perbankkan dan keperluan lainnya. Terima kasih.
( )
@ Budiyono: Selama tidak ada perubahan elemen data, KTP-el berlaku seumur hidup. Tapai kalau ada perubahan, seperti ganti alamat, pekerjaan, golongan darah, gelar, agama, status perkawinan, perubahan nama atau tanggal lahir, dan tanda tangan, penduduk wajib mengajukan penggantian KTP-el kepada Dinas Dukcapil.
( )
@ Mario Yuven Odorikus Belarmino01 Tae: Mohon maaf, saat ini Dinas Dukcapil tidak dapat mencetakkan KTP-el bagi penduduk luar domisili karena kendala jaringan di Dijen Dukcapil Kementerian Dalam negeri. Sehingga mau tidak mau Anda harus mengurus KTP-el yang baru di tempat domisili Anda, yakni di NTT dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga. Sebenarnya dalam kondisi normal, Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-DIY bisa mencetakkan KTP-el bagi penduduk luar domisili seperti Anda. Namun karena masalah seperti yang kami jelaskan di atas, pelayanan bagi penduduk luar domisili tidak dapat dilaksanakan sampai ada informasi terbaru dari Pusat.
( )
KTP elektronik bisa berlaku seumur hidup, sangat bagus krn tdk repot lagi urus KTP setiap 5 th.
( )
Perkenalkan, Saya Mario, Asal NTT. Sekarang saya kuliah di Jogja. Saya berdomisili di Babarsari, Condongcatur, kec depok, kab sleman. Bagaiamana mengurus e-ktp yang hilang ? Apakah bisa diurus di dinas kependudukan dan catatan sipil kan sleman ? Kalau bisa apa dan bagaimana syarat serta prosedurnya ? Trimaksih.
Salam.
( )
@ July Antoko Candra Kusuma: Anda dikasih Surat keterangan pengganti KTP karena pada waktu itu blangko di daerah tidak tersedia. Sekarang di Dinas Dukcapil Kulon Progo sudah tersedia blangko KTP-el. Silakan mengajukan permohonan pencetakan KTP-el ke kecamatan.
( )
@ Nita Sulisnaini: Silakan menngajukan permohonan perbaikan nama ke kecamatan dengan membawa surat pengantar desa/kelurahan, KTP, dan fotokopi akta kelahiran. Kalau nama di KTP-el sudah benar , Anda cukup meminta kartu keluarga baru saja. Setelah mendapatkan dokumen baru, jangan lupa dicek untuk memastikan bahwa perubahan data telah sesuai sebagaimana permintaan Anda.