Nomor Identitas Anak Akan Dipakai untuk KTP-el
Smiley face
INFORMASI SEPUTAR
KEPENDUDUKAN
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
☰ Menu
× Home Statistik Cek Nik Cek No KK Produk Hukum Data Penduduk Tanya Jawab Pubikasi Laporan Semester Laporan Bulanan LAMINDUK Info Galeri Wilayah Cek KTP Cek KIA
Mengagumkan


Nomor Identitas Anak Akan Dipakai untuk KTP-el

JAKARTA, - Pemerintah telah menetapkan 50 daerah sebagai wilayah pelaksanaan awal pemberlakuan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk 2016.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, KIA nantinya akan otomatis menjadi Kartu Tanda Penduduk karena nomornya tak akan berubah.

"Nanti kalau dia sudah berusia 17 tahun otomatis itu menjadi KTP karena nomornya tidak diganti," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/2/2016).

KIA, lanjut Tjahjo, memiliki banyak manfaat di antaranya untuk mengurus segala keperluan secara mandiri. Seperti membuka rekening bank dan mengurus paspor.

"Kalau sekolah mewajibkan menabung, tidak harus pakai KTP orangtua dia bisa menabung," tutur Tjahjo.

Sebelum KIA diberlakukan secara nasional tahun ini, sudah ada 10 daerah kabupaten atau kota yang sudah menerapkan lebih dulu inovasi daerah dalam memenuhi hak anak. 

Daerah tersebut diantaranya Yogyakarta, Malang, Depok, Pangkal Pinang, Makassar, Bantul.

"Inovasi daerah yang bagus ini kemudian diakomodasikan ke dalam Permendagri 2 tahun 2016 tentang KIA agar dapat berlaku nasional dengan standar yang sama baik dalam bentuknya maupun elemen datanya," kata dia.

Untuk tahun 2016 ini, pemerintah telah menetapkan 50 daerah sebagai tempat pelaksanaan awal yang dilanjutkan terus ke semua daerah sampai tuntas di 514 kabupaten/kota. 

Anggaran yang disediakan untuk tahun 2016 sebesar Rp 8,7 miliar untuk sosialisasi pelatihan dan penyediaan blanko KIA.

(Sumber artikel dan foto: kompas.com)





Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

Tidak ada komentar