LAMINDUK Daerah Istimewa Yogyakarta
Smiley face
INFORMASI SEPUTAR
KEPENDUDUKAN
INFORMASI
KEPENDUDUKAN
☰ Menu
× Home Statistik Cek Nik Cek No KK Produk Hukum Data Penduduk Tanya Jawab Pubikasi Laporan Semester Laporan Bulanan LAMINDUK Info Galeri Wilayah Cek KTP Cek KIA
Mengagumkan


LAMINDUK Daerah Istimewa Yogyakarta

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) tingkat desa/kelurahan yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Layanan Administrasi Kependudukan (LAMINDUK). Ini merupakan trobosan Pemda DIY dalam mewujudkan pelayanan prima. Sehingga diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan kependudukan tingkat Desa/Kelurahan.

 

Berbeda dengan siak 5 yang juga mengusung aplikasi hingga tingkat desa/kelurahan. Laminduk menyediakan penyimpanan data pelayanan dari Desa/Kelurahan, juga proses dijalankan dengan sekali proses dengan menghasilkan surat-surat yang dibutuhkan dalam proses pelayanan tersebut.

 

Data laminduk lebih bersifat semi mandiri, hal ini data kependudukan dapat diproses secara offline yang berarti data kependudukan juga disimpan dalam komputer desa/kelurahan, karena belum seluruh desa/kelurahan terkoneksi dengan internet.

 

Penarikan data dapat dilakukan dengan dua cara yaitu realtime maupun manual. Dengah hal tersebut diharapkan pelayanan tetap berjalan dengan maksimal tanpa permasalahan teknis yang disebabkan oleh kesediaan data.

 

Penarikan data tersebut langsung disediakan oleh provinsi dari integrasi realtime data pelayanan antar kabupaten/kota se-DIY sehingga tiap desa/kelurahan dapat memantau pertumbuhan penduduk di wilayahnya berdasarkan statistik kependudukan yang tersimpan tiap hari.

 

Kemendagri juga telah mengeluarkan produk secara online pengurusan data kependudukan, sehingga kedepan desa/kelurahan memiliki kemungkinan tidak dilewati proses administrasi kependudukan akibat kemajuan teknologi. Dengan aplikasi LAMINDUK ini, desa/kelurahan bisa tetap mendapatkan data kependudukan di wilayahnya.

 

Aplikasi ini juga bersifat gratis atau tidak berbayar dan dikhususkan untuk digunakan desa/kelurahan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Aplikasi ini dapat diunduh di web resmi Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Aplikasi ini terus diperbarui menurut kebutuhan desa/kelurahan, pengembangan juga dikarenakan komponen data yang terus berkembang, sehingga untuk mengoptimalkan pelayanan desa/kelurahan, maka dikembangkan secara berkala.

 

(IYK)





Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar anda

Komentar

Tidak ada komentar